Mengetahui Manfaat Orong-Orong Untuk Burung Kacer

Burung kacer adalah salah satu jenis burung kicauan yang merupakan jenis burung pemakan serangga. Jadi untuk jenis pakannya pastinya tidak bisa lepas jenis serangga seperti jangkrik, kroto, dan juga ulat.

Sebab, untuk jenis pakan tersebut juga memiliki banyak kandangan nutrisi yang dibutuhkan oleh burung Kacer yang bisa dijadikan untuk menambah stamina. Berbagai jenis makanan tersebut juga bisa untuk memperindah suara kicauan, menstabilkan mental.

Selain itu, juga bisa untuk menjaga berat badannya supaya tetap proporsional. Akan tetapi, jenis makanan yang bisa disantap burung Kacer tidak terbatas pada pakan serangga yang pada umumnya dimakan sehari-hari.

Manfaat Orong-orong Untuk Burung Kacer
steemit.com

Pakan tambahan burung kacer ini juga bisa divariasikan dengan memberikan jenis serangga lain yang manfaatnya juga tak kalah bagus. Misalsa saja anda bisa memberikan pakan serangga seperti orong-orong. Manfaat orong-orong untuk burung kacer ternyata sangatlah baik.

Orong-orong merupakaadalah jenis serangga merayap dan bisa dengan mudah ditemui di balik semak-semak yang ada di dalam tanah. Ukuran tubuhnya hanya sedikit lebih besar dan panjang dari pada dengan serangga jangkrik.

Tak hanya itu saja, tubuh orong-orong juga cukup keras, khususnya di bagian kepalanya. Warna kulitnya juga terdiri atas dua warna. Diantaranya yakni hitam kecokelatan dan cokelat biasa.

Lalu untuk tubuh atasnya dari bagian kepala, tengkuk, badan, serta bagian ekor terlihat berwarna hitam kecokelatan. Sedangkan di bagian bawah tubuhnya mulai dari tenggorokan, perut, dan ekor juga tampak berwarna cokelat terang.

Manfaat Orong-orong Untuk Burung Kacer

Orong-orong juga termasuk jenis serangga yang sering dipanggil dengan Anjing Tanah ini yaitu terlihat memiliki sepasang tungkai yang bergerigi pada bagian kepalanya. Untuk tungkai itu dipergunakan untuk menggali tanah untuk dijadikan sebagai tempat persembunyian serta mencari makanan di dalamnya.

Orong-orong Untuk Burung Kacer
burungnya.com

Tak hanya itusaja, ada juga dua kaki depan yang ukurannya pendek dan dua kaki belakang yang ukurannya juga jauh lebih panjang.

Penyebutan jenis serangga ini juga beragam, dari mulai dari Singke, Kredek, dan Gaang. Namun, serangga ini terkadang memakan hasil pertanian warga seperti halnya tunas tanaman dan akarnya yang bisa merugikan petani.

Dengan demikian, serangga ini pun dikategorikan sebagai serangga hama yang selalu dibasmi orang-orang. Disamping kondisinya yang seperti itu, ada manfaat yang tersimpan pada orong-orong. Yang mana ada manfaat orong-orong untuk burung kacer.

Sebagai Pakan Tambahan Burung Kacer

Manfaat orong-orong untuk burung kacer yaitu dijadikan sebagai makanan tambahan. Orong-orong merupakan salah satu jenis pakan yang dapat dikonsumsi oleh burung Kacer.

Sebab di dalam orong-orong ini terkandung protein yang mampu menjaga stamina dan juga bisa memperkuat mentalnya supaya bisa tetap gacor ketika berkicau di arena lomba.

Manfaat orong-orong untuk burung kacer ini bisa didapatkan dengan cara anda memberikan serangga ini untuk disantap burung Kacer. Caranya cukup sederhana dengan terlebih dahulu melepaskan bagian kepala serta pada bagian kaki belakangnya.

Karena, di bagian kepala dan juga pada bagian kaki ada duri yang membahayakan tenggorokan burung. Selain itu, konturnya juga jauh lebih keras dari pada dengan bagian tubuh lainnya.

Untuk jumlah orong-orong yang dimakan burung Kacer tidaklah terlalu banyak hanya sekitar satu hingga sebanyak dua ekor saja.

Pemberian orong-orong sebaiknya hanya sementara, atau alternatif ketika jangkrik sudah cukup sulit dijumpai di pasaran. Tak hanya itu, jumlah orong-orong yang diberikan pun jangan berlebihan. Karena bisa membuatnya over birahi.

Anda bisa mendapatkan manfaat orong-orong untuk burung kacer jika anda memberikannya dengan cara yang tepat.

Tinggalkan Komentar