Mengenal Senegal Parrot, Burung Paling Populer di Dunia

Siapa yang tidak mengenal burung beo? Spesies peniru suara manusia.

Satu jenis dari burung ini sangat populer di dunia. Pasalnya, tak hanya cerdas, tetapi juga indah.

Burung senegal parrot merupakan jenis paruh bengkok yang paling digemari kicaumania. Spesies ini menyukai alam liar dengan hawa sejuk, kering, serta berada di ketinggian 2.000 mdpl.

Biasa tinggal di dahan atau ranting berdaun lebat. Mereka membangun sarang dan bertelur dalam pohon rindang.

Senegal parrot menghuni sebagian besar Afrika bagian barat. Satwa ini sering bermigrasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Mereka mencari makan dengan berbagai cara, termasuk mengintai perkebunan atau persawahan.

Makanan utama burung senegal parrot adalah biji-bijian. Ini sesuai dengan morfologi paruhnya. Bengkok, ujung atas lebih panjang, serta padat.

Saat menemukan makanan, paruh tersebut digunakan untuk memecahkan. Kemudian, menyesap sari-sarinya dengan bantuan lidah.

Membedakan jenis kelamin burung endemik ini tidak sulit.

Anda bisa melihat dari ciri fisiknya. Senegal parrot jantan umumnya memiliki ekor yang berwarna kuning di bagian bawahnya. Sementara ekor si betina, terlihat agak hijau.

Selain itu, dapat dibedakan dari ukuran kepala. Kepala senegal parrot jantan lebih besar daripada si betina.

Perhatikan juga pola huruf V pada ekornya. Kalau betina, biasanya berbentuk panjang. Sementara itu, warna hijau di bagian dada senegal parrot betina, tampak lebih jelas dan terang.

Bukan hanya keindahan burung senegal parrot yang memikat hati kicaumania. Ternyata juga karena memiliki beberapa keunikan berikut ini.

Memiliki Selera Musik Tinggi

Senegal Parrot
Senegal Parrot

Percaya atau tidak, burung paruh bengkok ini akan menari saat diperdengarkan musik tertentu. Bahkan, mereka bisa bisa mengingat jenis musik yang disukai.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya penelitian dari Universitas Lincoln. Ketika mendengar lagunya Joan Baez, secara otomatis tubuh mereka bergerak-gerak, layaknya orang sedang berdansa.

Gemar Mengembangkan Bulu

Burung Senegal Parrot
Burung Senegal Parrot

Kebiasaan mengembangkan bulu pada burung senegal parrot ternyata tak hanya untuk menarik lawan jenis. Mereka akan melakukannya ketika merasa dingin.

Saat bulu-bulu tersebut dikepakkan, udara yang tersimpan di dalamnya akan keluar. Karena itulah, spesies ini merasakan kehangatan.

Sebaliknya, tatkala senegal parrot merasa udara terlalu menyengat, bulunya pun membuka lebar. Dengan cara ini, cadangan panas di dalam tubuh akan menguap. Saat itu, suhu tubuhnya kembali normal.

Alasan lain di balik kebiasaan mengepakkan bulu adalah kehadiran musuh. Ini menjadi indikator kemarahan mereka. Di samping itu, bulu yang mengembang jadi pertanda, burung tersebut mengalami gangguan kesehatan.

Pandai Meniru Suara Manusia

Pandai Meniru
Pandai Meniru

Coba perdengarkan sebuah rekaman kalimat secara berulang-ulang. Dalam hitungan detik, burung ini pasti bisa menirukannya.

Bahkan, tak hanya suara manusia. Denting piano, seruling, serta alat musik apa pun, dapat ditirukannya.

Burung Serbabisa

Burung Serba Bisa
Burung Serba Bisa

Burung senegal parrot sangat mudah dilatih. Apa saja yang diajarkan, spesies ini bisa melakukannya. Mereka menghafal dengan cepat setiap contoh gerakan. Mulai dari menari, bersepeda, hingga melompat.

Memberikan Tanda Melalui Ocehannya

Senegal Parrot
Senegal Parrot

Ternyata, kicau burung senegal parrot bisa menjadi bentuk komunikasi terhadap majikannya.

Mereka memberikan pertanda yang bersifat emosional dari bunyinya. Saat mereka marah, akan terdengar suara paruh beradu. Itu artinya, burung ini menunjukkan kesalahan Anda.

Kalau mendengar suara “klik” di lidah senegal parrot, berarti mereka menyukai Anda. Bunyi tersebut juga bisa dimaknai sebagai perilaku cari perhatian.

Nah, jika yang keluar adalah suara mengerem, hati-hati. Pasalnya, si burung sedang merasa terusik, kesal, dan stres.

Demikian tadi ulasan mengenai burung senegal parrot. Sampai sekarang, spesies ini masih menjadi primadona di kalangan penggemar paruh bengkok. Bahkan, harga jualnya makin melambung naik.

Tinggalkan Komentar