Mengetahui Manfaat Mandi Fajar Untuk Burung Kicauan

Siapa saja yang memelihara burung kicauan pastinya ingin burung yang dipeliharanya memiliki performa yang baik. Terlebih lagi untuk jenis burung kicauan yang akan diikutkan dalam acara perlombaan. Berbagai macam cara dilakukan untuk bisa mendapatkan burung yang berkualitas dan memiliki performa yang baik.

Jika perawatan dalam keseharian pada burung dilakukan dengan baik dan benar, maka burung yang anda pelihara pastinya bisa memiliki performa seperti yang anda inginkan. Suara kicauan yang dihasilkan pastinya juga bisa lebih gacor dan lebih merdu.

Salah satu perawatan yang bisa anda lakukan yaitu mandi fajar. Mandi fajar untuk burung kicauan ternyata memiliki manfaat yang sangat baik. Maka dari itulah, perawatan yang seperti ini sangat perlu untuk anda terapkan pada burung kicauan peliharaan anda.

hargacara.com

Pentingnya Mandi Fajar

Mandi fajar juga diketahui banyak manfaatnya untuk manusia. Terlebih lagi mereka yang sedang mengalami gangguan mental serta kesehatan fisik. Hal ini dikarenakan mandi fajar dapat memberikan manfaat yang begitu bayak pada para pelakunya.

Sebab, perlu anda ketahui jika air di pagi hari ini merupakan air dengan kandungan gas O3 (ozon) terbaik. Oleh sebab itu, semakin pagi anda mandi, maka akan semakin bagus karena apabila semakin siang kondisi air sudah tidak bagus lagi. Hal ini dikarenakan gas O3 di udara semakin menipis sampai terbenamnya matahari.

Seperti yang anda ketahui, gas O3 ini ini juga termasuk jenis gas yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan manusia. Gas O3 ini bisa membantu kerja urat saraf, otak serta tulang. Bahkan gas O3 ini juga dapat untuk merangsang sistem peredaran darah serta bisa untuk mengaktifkan syaraf.

Beberapa sumber juga menyebutkan jika air yang dingin pada waktu subuh memiliki kandungan partikel alfa yang sangat besar. Selain itu juga mempunyai energi yang kuat. Hal ini juga dapat menjadikan tubuh menjadi lebih segar bugar jika dibadingkan dengan mandi pagi pada umumnya.

Manfaat Mandi Fajar Untuk Burung Kicauan

omkicau.com

Mandi fajar dapat memberikan manfaat diantaranya untuk membangunkan tubuh yang terlelap di mana pada waktu itu metabolisme tubuh tersebut sedang melambat. Sehingga, bisa membuat suhu tubuh menjadi lebih stabil. Tidak hanya itu saja, mandi fajar ternyata juga akan meningkatkan kerja jantung serta menjadikan kulit terasa lebih fresh.

Mandi fajar tidak haya memberikan banyak manfaat untuk manusia saja, Akan tetapi, mandi fajar ini juga bisa dilakukan untuk burung. Khususnya untuk burung-burung yang memiliki keluhan psikologis seperti halnya stres.

Tentu saja mandi fajar untuk burung kicauan ini tidak boleh dilakukan sampai bulu burung lepek. Sebab, ketika fajar cuaca akan terasa sangat dingin. Dengan demikian dikhawatirkan burung menjadi kedinginan. Maka dari itu, mandikan burung secukupnya saja atau yang penting bisa basah.

Mandi fajar untuk burung juga bisa mengobati stres dengan lebih cepat. Karena, mandi fajar ini bisa memberikan ketenangan dalam meningkatkan mood burung. Oleh sebab itu, jika anda memiliki burung yang stres atau kurang stabil di lapangan, pemandian burung ini bisa anda coba lakukan.

Sesudah dimandikan, sebaiknya burung tidak langsung dimasukkan ke dalam rumah. Aka tetapi, sangat disarankan burung diangin-anginkan serta sekalian diembunkan. Dengan demikian, burung hanya boleh dimasukkan pada dalam rumah setelah selesai perawatan rutin.

Mandi fajar untuk burung kicauan bisa dikombinasi dengan pengembunan, sebab akan memberikan efek yang positif. Yaitu burung akan bisa selalu tampil prima.

Tinggalkan Komentar