Mengetahui Lebih Jauh Penyebab Burung Love Bird Nyabut Bulu

Saat ini banyak sekali dijumpai burung love bird mendadak menjadi kanibal. Selain itu, burung love bird mencabut bulu dada padahal sepertinya sedang tidak terjadi masalah dengan rawatan yang dilakukan setiap harinya.

Lovebird cabut bulu dada tentunya menjadi masalah yang harus diatasi oleh sang pemelihara. Hal ini tak lain karena sangat berpengaruh untuk performanya. Banyak yang mengatakan jika penyebab burung lovebird nyabut bulu yaitu dikarenakan sedang over birahi.

petanisukses.com

Penyebab Burung Lovebird Nyabut Bulu

Namun, meski burung love bird anda sudah diberikan terapi penurun birahi, akan tetapi hasilnya selalu gagal. Sebab ini hanya diagnosis anda pada burung love bird ini salah, jadi solusinya pun kurang tepat sasaran. Maka dari itu, akan dijelaskan beberapa faktor yang dapat menjadikan burung love bird sering mencabut bulu.

1. Over Birahi

Keadaan lovebird yang over birahi menjadi penyebab utama lovebird menjadi kanibal. Oleh sebab itu, pahami karakter serta berikan rawatan bagus kemudian sesuai dengan karakter dan juga dengan kemauan burung. Tak hanya itu, lakukan mandi malam, kurangi EF dan penjemuran. Bisa juga anda memasukkan dalam kandang ternak agar bisa kawin dengan leve bird betina.

2. Kutuan


Penyebab burung lovebird nyabut bulu selanjutnya yaitu kutuan. Karena, kutu burung itu sangat menggaggu serta menggigit kulit burung . Dengan demikian akan memberikan reaksi dengan mencabut bulu-bulunya.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi masalah ini, sebaiknya lakukan mandi air daun sirih setiap dua kali seminggu. Selain itu, jagalah kebersihan sangkar dan aksesorisnya. Tak lupa juga bersihkan pangkringan, cepuk, serta kerodong.

3. Masalah Mandi

Mandi yang kurang tepat juga bisa menjadikan burung love bird tidak nyaman. Resikonya bisa menjadikan burung love bird menjadi kanibal. Kemudian jika tidak sesuai dengan kondisi tubuh burung, juga berpotensi membuat burung mencabut bulu-bulunya. Maka dari itu, ketahuilah cara mandi burung love bird anda yang baik seperti apa. Lalu, ketahui juga kondisi burung anda, boleh mandi atau tidak.

4.Tidak Nyaman dengan Sangkar

Penyebab burung lovebird nyabut bulu juga bisa dikarenakan karena tidak nyaman dengan sangkar barunya. Dengan demikian, burung love bird tidak hanya frekuensi bunyinya yang berkurang. Akan tetapi juga sering kali berpotensi menyebabkannya mencabut bulu-bulunya. Bisa jadi secara emosional burung merasa sangat tidak nyaman dengan sangkar barunya. Dengan demikian, pelampiasannya yaitu dengan mencabut bulu-bulunya.

tipsburung.com

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya anda mengembalikan burung love bird anda tersebut ke sangkar yang lamanya. Atau apabila sudah jelek dan tidak layak pakai, anda bisa menggantinya dengan yang baru. Akan tetapi dengan model dan warna yang sama. Dan ini mungkin bisa menjadi alternatif yang lainnya.

5.Tidak Nyaman Dengan Pangkringan

Burung love bird yang tidak nyaman dengan pangkringannya yang baru juga kerap kali tidak hanya menjadikan burung sering turun atau bahkan merambat. Untuk yang lebih parahnya, burung lovebird ini juga dapat mencabut bulu-bulunya.

Cara terbaik dalam mengatasi burung love bird yang seperti ini pada umumnya mencoba mengganti pangkringan dengan yang lama. Mungkin pangkringan yang baru dirasa kurang cocok dari segi bahan, keadaan permukaan, atau dalam hal ukurannya. Jika diganti dengan pangkringan yang lama, pada umumnya burung love bird akan lebih tenang karena sudah nyaman.

6. Stres

Burung love bird yang stres biasanya juga akan nyabut bulu. Penyebab stres ini juga diketahui sangat beragam. Dari mulai pidan sangkar, lepas, sangkar jatuh, dan lain sebagainya. Da apabila penyebabnya ini terjatuh, maka anda bisa melakukan mandi malam setiap hari. Kemudian putarkan suara terapi air mengalir.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar