Mengetahui Karkteristik Burung Bangau Storm Yang Sudah Langka

Burung bangau adalah jenis burung air yang sudah banyak kita ketahui. Namun, ternyata burung bangau memiliki berbagai macam jenis. Bahkan, jenis burung bangau ini sudah ada yang langka. Burung tersebut yaitu burung Bangau Storm. Karakteristik burung Bangau Storm ini juga ada kesamaannya dengan jenis burung bangau yang lainnya.

Bangau Storm atau Storm’s Stork (Ciconia stormi) termasuk salah satu burung air yang juga hidup di Indonesia. Burung Bangau Storm ini juga termasuk burung dari famili Ciconiidae. Karakteristik burung Bangau Storm ini yaitu badannya yang berukuran sampai dengan 80 cm.

Burung air yang badannya besar ini merupakan salah satu burung langka yang ada di Indonesia. Popolasi dari burung Bangau Storm di seluruh dunia di perkirakan hanya tertinggal kurang dari 500 ekor. Jadi, tidak mengherankan apabila kemudian Daftar Merah IUCN memberikan label kepada burung Bangau Storm sebagai spesies Endangered, yang mana sudah dikatakan terancam punah.

Nama latin burung air yang sudah langka dari famili Ciconiidae ini adalah Ciconia stormi (Blasius, 1896). Burung bangau ini jika dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Storm’s Stork.

Kemudian, untuk nama umum di negara Indonesia ini yaitu Bangau Storm. Bahkan jenis burung ini juga masih dikatakan berkerabat dekat dengan burung Sandang-lawe atau burung Bangau Hitam (Ciconia episcopus).

Karakteristik Burung Bangau Storm

Karakteristik Burung Bangau Storm
xcult-xcult.blogspot.com

Bangau Storm atau Storm’s Stork adalah salah satu jenis burung bangau yang berukuran besar. Karakteristik burung Bangau Storm ini bisa dilihat dari panjang tubuhnya yang mencapai antara 75 sampai dengan 91 cm.

Kemudian bulunya juga didominasi dengan warna hitam dan juga warna putih. Karakteristik burung bangau storm yang lainnya yaitu pada bagian sayap, punggung, mahkota, dan dada terlihat berwarna hitam.

Kemudian untuk karakteristik burung Bangau Storm yang lainnya yaitu pada bagian tenggorokan, tengkuk, perut, dan pada bagian ekor berwarna putih. Paruhnya panjang dan juga sedikit melengkung ke atas dan berwarna merah.

Untuk bagian kulit yang ada di bagian muka berwarna merah jambu dengan lingkar mata yang terlihat berwarna kuning. Tak hanya bagian muka, tungkai dan kaki bangau ini pun juga tampak berwarna merah jambu.

Karakteristik burung Bangau Storm yang membedakannya dengan kerabat dekatnya, Sandang Lawe yaitu pada warna bulu yang ada di lehernya bagian bawahnya. Apabila di dalam burung Sandang Lawe bulunya berwarna putih, bulu pada pangkal leher Bangau Storm ini memiliki warna yang hitam. Selain itu juga warna pada paruh, tungkai, dan kaki yang tampak lebih merah.

Makanan Bangau Storm

Makanan pokok dari Bangau Storm adalah ikan. Namun, burung ini juga memakan katak, krustasea, cacing tanah, invertebrata dan larva serangga air. Burung ini sering dijumpai menyendiri, walaupun kadang bisa ditemukan dalam kelompok kecil.

Daerah Persebaran Bangau Storm

Daerah Persebaran Bangau Storm
sakadoci.com

Bangau Storm adalah jenis burung asli Indonesia, walaupun bukan burung endemik Indonesia. Daerah persebaran burung bangau ini antara lain yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Myanmar, serta Thailand.

Di Indonesia, burung ini bisa dijumpai di pulau Sumatera dan Kalimantan. Habitatnya yaitu berada di daerah lahan basah seperti rawa-rawa, hutan rawa, rawa gambut. Selain itu, burung ini juga ada di sekitar daerah aliran sungai di daerah dataran rendah.

Bangau Storm juga merupakan burung langka dan terancam punah. Populasinya hanya tinggal sedikit saja . Diperkirakan jumlah burung Bangau Storm ini secara global hanya pada kisaran 250 sampai dengan 500 ekor burung yang usianya dewasa.

Tinggalkan Komentar