Burung Langka Pemakan Lebah Paling Romantis Pada Pasangannya

Pemburuan liar dan juga kerusakan ekosistem sering kali mengusik kenyaman spesies yang tinggal di daerah sekitarnya. Sebagian dari mereka memilih pindah. Beberapa tetap bertahan. Sayang seklai, yang bertahan justru semakin hilang.

Ratusan tahun yang lalu, dunia ini didominasi oleh hewan dan tumbuhan. Dan lama kelamaan, iklim berganti, wajah bumi berubah, dan alam mulai menandakan hadirnya kehidupan baru, yaitu manusia. Dari waktu ke waktu, manusia semakin bertambah. Mereka berkembang, belajar, dan membangun tempat tinggalnya.

Bahkan, tidak sedikit yang merusak alam dengan melakukan perburuan liar, penebangan pohon di hutan secara ilegal, serta mengotori sungai dengan sampah.

Hal itulah yang memaksa berbagai spesies fauna pergi dari habitatnya. Kalau pun bertahan, mereka menjadi bahan buruan. Seperti halnya dengan burung langka pemakan lebah ini.

Burung langka Pemakan Lebah

Burung Langka Pemakan Lebah
Burung Langka Pemakan Lebah

Burung langka yang pada umumnya ditemukan di Eropa Selatan, pindah ke utara disebabkan perubahan iklim. Dan pada saat ini bisa dijumpai di sebuah tambang yang ada dekat Brampton.

Dua pasang jenis burung langka pemakan lebah yang suka bersarang dan juga membesarkan anak-anaknya pada sebuah tambang di Cumbria. Dan bisa mendorong spekulasi baru mengenai pengunjung eksotis yang akan menjajah di negara Inggris.

Burung-burung yang pada umumnya ditemukan bersarang di Eropa selatan ini terlihat di tambang pasir Low Gelt Hanson, Inggris. Yang tepatnya dekat Brampton di Pennines Utara oleh salah satu mandor.

Burung-burung langka pemakan lebah yang terlihat warna-warni ini terbang antara koloni burung layang-layang yang bersarang di sekitar tambang itu.

Burung pemakan lebah pernah ini akan bersarang dan berkembang biak di Inggris tahun lalu, dengan delapan anak-anak burung yang selanjutnya akan terbang dan juga meninggalkan sarangnya.

Burung Romantis Pada Pasangan

Burung Romantis Pada Pasangan
Burung Romantis Pada Pasangan

Burung langka pemakan lebah pada saat pasangan burung ini sedang menoleh ke arah lain, sang pejantan akan menangkap seekor serangga kecil yang terbang melintas di dekatnya.

Burung jantan tersebut selanjutnya memberikan hasil tangkapannya untuk burung betinanya. Burung betina pada mulanya sempat ragu-ragu untuk menerima santapan tersebut.

Akan tetapi, selanjutnya hewan itu mengarahkan paruhnya pada paruh sang pejantan untuk menerima makanan tersebut.

Dan untuk pejantan pun cukup puas melihat pasangannya menikmati makanan pemberian dari burung jantannya.

Burung langka pemakan lebah sangat lincah dan terampil dalam menangkap mangsanya. Keadaan ini sesuai dengan nama yang diberikan pada hewan yang sering memangsa serangga terbang seperti halnya lebah.

Burung pemakan lebah biasanya mengkonsumsi 250 lebah tiap hari. Setelah menangkap mangsanya, burung pemakan lebah akan bertengger di dahan yang disukai atau tempat favoritnya.

Kebanyakan burung jantan pemakan lebah kerap memberikan makan kepada pasangannya. Hal ini juga memungkinkan sang burung betina untuk menyimpan tenaganya untuk menghasilkan telur.

Burung Mulai Langka

Untuk jenis burung pemakan lebah juga pernah terlihat bersarang di Herefordshire pada saat tahun 2005. County Durham pada tahun 2002 dan di Sussex pada saat tahun 1955.

Para ahli juga mengatakan penampakan burung pemakan lebah di Inggris yang semakin meningkat. Dan dengan perubahan iklim yang mendorong spesies selatan lebih jauh ke arah utara, menjadikan mereka cenderung menjadi pengunjung tetap untuk negara ini di masa depan.

Karena terdesak ke utara disebab oleh perubahan iklim, dan sangat mungkin jika burung-burung eksotis akan segera menjadi pengunjung tetap ke pantai. Burung-burung tersebut terlindungi karena kerja sama antara RSPB dan juga Hanson.

Yang akan langsung memberikan perlindungan terhadap burung-burung tersebut dari satwa yang liar. RSPB dengan cepat memulai program perlindungan sarang selama waktu kurang lebih 24 jam.

Tinggalkan Komentar