Mengetahui Jenis Burung Remetuk dan Daerah Persebarannya

Remetuk merupakan jenis burung bertubuh kecil yang asalnya dari genus Gerygone atau dalam keluarga Acanthizidae.

Burung ini populer karena suara kicauannya yang terdengar mengalun.

Salah satu jenis burung remetuk yang popular di Indonesia yaitu burung remetuk laut / golden-bellied gerygone (Gerygone sulphurea) sebab keunggulannya dengan suara kicauan merdu.

Namun masih ada beberapa jenis burung remetuk lainnya yang memiliki suara merdu.

Jenis Burung Remetuk
Jenis Burung Remetuk

5 Jenis Burung Remetuk

Remetuk Bakau

Remetuk bakau ciri khasnya yaitu dengan ukuran tubuh sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis remetuk lainnya, yaitu kurang lebih 9 – 9,5 cm.

Warna tubuh bagian atas yaitu cokelat keabu-abuan, kemudian untuk bagian bawah berwarna putih. Lalu pada baian alis dan ujung bulu ekor terluar berwarna putih yang mencolok.

Burung remetuk bakau biasanya dijumpai berpasangan atau dalam kelompok kecil. Habitatnya berada di hutan mangrove atau semak-belukar di sekitarnya.

Remetuk Rawa

Burung Remetuk Rawa
Burung Remetuk Rawa

Remetuk rawa juga termasuk jenis burung remetuk yang panjang tubuhnya sekitar 10 cm, dengan kekang berwarna putih.

Di bagian ujung ekornya ada garis seperti pita yang warnanya putih-pucat, yang kontras dengan warna hitam di bulu–bulu ekornya.

Semua badanya didominasi bulu-bulu yang warnanya kecokelatan. Jika diamati ada miripnya dengan remetuk bakau, namun beda di bagian alis serta di bagian pita putih pada bulu ekornya.

Jenis ini biasanya hidup berpasangan atau dalam kelompok kecil. Yang mana habitatnya berada di hutan mangrove, rawa-rawa, tepian sungai, dan tepian hutan sampai berada di ketinggian 1000 mdpl.

Burung Remetuk Bidadari

Remetuk bidadari juga mempunyai panjang tubuh kurang lebih sekitar 10 cm.

Burung jantan dapat dibedakan dari warna hitam yang ada tanda setrip putih di bagian muka dan pada bagian tenggorokan.

Selain itu ada bintik putih di belakang matanya. Tubuh bagian bawah warnanay kekuningan.

Untuk yang betina tidak punya warna hitam di bagian muka dan tenggorokan, akan tetapi memiliki warna putih di bagian dada dan perutnya yang berwarna kuning-pucat.

Burung remetuk bidadari juga menyebar di Australia, Papua, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Jenis buung ini juga hidup dalam sebuah kelompok kecil yang terdiri dari beberapa jenisnya, serta menghuni hutan primer, hutan sekunder, serta hutan monsun. Bahkan sampai pada ketinggian 1450 meter dari permukaan laut.

Burung Remetuk Kelabu

Remetuk kelabu adalah jenis burung remetuk yang mempunyai postur tubuh lebih kecil, dengan panjang kurang lebih sekitar 9 cm.

Tubuh bagian bawahnya berwarna putih, kemudian untuk tubuh bagian atas abu-abu cerah.

Remetuk kelabu habitatnya juga berada di hutan-hutan di pegunungan dan juga berada di tepian hutan pada rentang ketinggian 1.750 sampai dengan 2.700 meter dari permukaan laut.

Burung burung ini juga kerap terlihat dalam kelompok kecil yang cukup aktif dalam rimbunan dedaunan.

Untuk daerah persebaran burung ini berada di daerah Pegunungan Arfak dan jajaran pegunungan yang terdapat di bagian tengah, timur , serta di bagian tenggara Papua.

Remetuk Timor

Burung remetuk ciri cirinya panjang tubuh tubuh sekitar 10 cm. Tubuh bagian atas warnanya cokelat yang memiliki warna lebih tua di bagian kepala.

Sedangkan untuk tubuh bagian bawahnya yang berwarna putih.

Remetuk timor juga memiliki daerah persebaran yang meliputi di Pulau Sawu, Roti, Timor, dan Wetar yang termasuk kawasan timur Sunda.

Dan habitat jenis burung ini berada di hutan primer, hutan mangrove, kawasan semak, serta di daerah berketinggian sampai dengan 2.500 meter dari permukaan laut.

Tinggalkan Komentar