Home » Kabar Burung » Mengetahui Ciri Khas Burung Kacamata Jawa dan Habitatanya

Mengetahui Ciri Khas Burung Kacamata Jawa dan Habitatanya

Salah satu jenis burung kicauan yang ada di alam ini dan banyak diketahui yaitu burung kacamata. Burung ini dijuluki dengan burung kacamata karena memang jika dilihat pada bagian mata burung ini seperti memakai kacamata dengan lingkaran berwarna putih.

Perlu anda ketahui, ternyata jenis burung kacamata juga banyak yang tersebar di berbagai wilayah. Salah satu jenis burung kacamata yang perlu anda ketahui yaitu burung kacamata jawa.

Burung Kacamata jawa (Zosterops flavus) atau yang biasa disebut dengan sebutan nama kacamata saja ini termasuk spesies burung yang juga merupakan dalam familia Zosteropidae.

Pada uumnya, burung ini ditemukan di Indonesia dan juga ditemukan di Malaysia. Habitat alaminya dari jenis burung kacamata ini yaitu ada di hutan dataran rendah tropis atau subtropis.

Kemudian juga habitatnya juga ada di hutan mangrove tropis atau subtropis. Burung kacamata juga tersebar di semak belukar subtropis atau tropis. Namun sayangnya, burung kacamata jawa ini sudah terancam kehilangan habitatnya.

Ciri Khas Burung Kacamata Jawa

hbw.com

Ciri khas burung kacamata jawa salah satunya yaitu berukuran kecil, ukurannya hanya sebesar 10 cm saja. Kemudian untuk badannya juga didominasi oleh warna kuning yang terlihat cerah menyala.

Ciri khas burung Kacamata Jawa ini yaitu pada bagian tubuh bagian atas berwarna kuning zaitun, serta pada bagian bawah ini berwarna kuning biasa.

Lalu ciri khas burung kacamata jawa selanjutnya pada bagian iris berwarna coklat, paruh dan pada bagian kakinya berwarna kehitaman. Perlu anda ketahui jika burung ini juga mirip dengan kacamata laut.

Akan tetapi untuk burung kacamata jawa ini memiliki ukuran yang lebih kecil, warna lebih terang, serta tanpa bintik hitam yang ada pada kekang. Kicauannya juga berupa desisan seperti halnya nada kontak yang tinggi di antara anggota kelompok dan juga suara yang tajam.

Habitat dan Daerah Persebarannya

Untuk daerah persebaran burung kacamata jawa ini yaitu berada di Kalimantan dan juga ada Jawa.

Jenis burung ini juga merupakan burung penetap dan endemik di dua wilayah tersebut, hutan mangrove, semak pantai, hutan pantai menjadi habitatnya.Tak hanya itu saja, burung kacamata jawa ini ternyata juga tinggal di pinggiran hutan.

Perilaku Burung Kacamata Jawa

flickr.com

Perlu anda ketahui, perilaku burung kacamata dalam mencari makan, pada umumnya berkelompok dalam jumlah banyak. Sedangkan untuk jenis makanannya yaitu berupa nektar bunga, serangga kecil, serta buah—buahan.

Ada juga laporan yang telah mencatat burung ini berkunjung ke pohon langsat dan juga ada di pohon dadap. Oleh sebab itu, dibutuhkan sekali penelitian lebih jauh mengenai jenis burung ini. Sebab, informasinya mengenai jenis burung ini masih terbatas.

Untuk sarang dari burung kacamata jawa ini berbentuk cawan. Telurnya juga memiliki warna kebiru-biruan, dengan jumlah sebanyak 2 butir. Burung ini juga akan berkembangbiak pada saat di bulan Mei.

Burung ini banyak disukai oleh banyak penggemar burung, karena perawatan burung ini yang mudah. Tak hanya itu saja, keistimewaannya yang lain diantaranya memiliki suaranya yang bisa dinikmati. Kacamata jawa juga bisa dijadikan sebagai burung pemaster.

Burung ini juga mudah sekali beradaptasi. Ciri khas burung kacamata jawa yang bertubuh mungil ini menjadikannya mudah berkicau. Apabila kondisinya sehat bisa menjadi daya tarik lainnya.

Jika anda memelihara jenis burung ini, maka sebaiknya rawatlah burung ini dengan sebaik mungkin agar burung ini tidak mudah mati.

Tinggalkan Komentar