Mengetahui Ciri Khas Burung Cikrak Sulawesi (Phylloscopus sarasinorum)

Salah satu jenis burung Cikrak yang memiliki suara kicauan yang merdu adalah burung Cikrak Sulawesi. Jenis burung Cikrak biasanya diketahui memiliki postur tubuh yang ukurannya agak kecil, yaitu dengan panjang rata-rata hanya sekitar 12 cm saja. Sama halnya dengan ciri khas burung Cikrak Sulawesi.

Tak hanya itu saja, sebagian besar dari jenis burung yang memiliki ukuran tubuh kecil ini penyebarannya hanya terbatas di wilayah hutan Indonesia. Burung ini juga dikenal dengan istilah burung endemik.

Memang tidak bisa dipungkiri, jika kualitas kicauan burung yang berasal keluarga Sylviidae, seperti burung ikrk ini cukup merdu. Burung ini juga kerap dijadikan sebagai suara masteran untuk melatih burung kicauan yang lainnya.

Mungkin para pecinta burung kicauan di Indonesia belum semuanya mengenal jenis burung Cikrak Sulawesi ini. Hal ini disebabkan karena mengingat daerah persebarannya hanya terpusat di Sulawesi saja.

Habitat Burung Cikrak Sulawesi

Burung Cikrak Sulawesi
omkicau.com

Untuk habitat asli dari burung Cikrak Sulawesi ini biasanya ada di beberapa daerah di Sulawesi. Antara lain yaitu meliputi Sulawesi di bagian utara, selatan, dan juga di bagian tenggara.

Keberadaannya di alam liar biasanya burung ini menghuni hutan yang berada di dataran rendah dan pegunungan. Yang mana, ketinggiannya bisa mencapai 3500 meter di atas permukaan laut.

Ciri Khas Burung Cikrak Sulawesi

Sedangkan untuk ciri khas burung Cikrak Sulawesi (Phylloscopus sarasinorum) ini bisa dilihat dari postur tubuh yang lumayan kecil dengan panjang hanya sekitar 11 cm saja.

Kemudian, untuk warna tubuhnya juga cenderung sedikit kusam dari pada dengan jenis burung Cikrak yang lainnya. Sedangkan untuk yang bagian atas tubuhnya mulai dari atas kepala, sayap, punggung, serta pada bagian ekornya tampak berwarna hijau zaitun.

Ciri khas burung Cikrak Sulawesi
omkicau.com

Ciri khas burung Cikrak Sulawesi pada bagian sisi sayap, ekor, dan paruhnya terlihat jelas diselimuti oleh warna hitam yang pekat. Lalu untuk bagian sisi wajahnya juga ada garis hitam yang agak tebal membentang di sepanjang matanya.

Tak hanya itu saj, di bagian pipinya juga terlihat bintik-bintik berwarna hitam dan putih yang membentuk pola yang terlihat seperti sisik. Dan untuk bagian bawah tubuhnya mulai dari bagian dada, perut, serta pada bagian tunggir tampak berwarna putih keabu-abuan yang sedikit kusam serta dilengkapi dengan bercak warna kekuningan.

Ciri khas burung Cikrak Sulawesi yang lainnya yaitu bentuk badannya yang agak gemuk pada bagian bawah tubuhnya. Sedangkan untuk bagian paruhnya yang berwarna hitam ukurannya juga agak panjang dan tebal.

Lalu untuk bagian matanya memiliki ukuran yang cukup besar dengan iris yang mengitari mata tampak berwarna putih. Dan ketika hidup di alam liar, burung Cikrak Sulawesi dikenal mempunyai sifat yang cukup aktif dan lincah untuk memburu makanan yang berupa serangga yang banyak terdapat di hutan.

Kicauan Burung Cikrak Sulawesi

Meskipun tampilan fisiknya tidak begitu menarik jika dilihat, namun untuk suara kicauannya bisa dikatakan cukup merdu dari pada dengan jenis burung Cikrak yang lainnya. Suara kicauannya juga nyaring serta terdengar agak melengking dengan volume suara yang bisa dikatakan kencang maupun terdengar tinggi.

Ciri khas burung Cikrak Sulawesi ini bisa dikatakan memiliki tempo yang cukup rapat dan hampir mirip suara crecetan. Tak hanya itu saja, burung Cikrak Sulawesi juga bisa mengganti nada kicauan yang temponya tetap rapat serta berirama.

Oleh sebab itu, tak heran jika banyak dari para penghobies burung kicauan yang terkadang memanfaatkan suara kicauan burung Cikrak Sulawesi untuk dijadikan sebagai suara masteran.

Tinggalkan Komentar