Cara Ternak Burung Cucak Wilis Agar Bisa Sukses

Burung cucak wilis adalah salah satu jenis burung kicauan yang ciri khasnya sangat cantik dan juga menawan,. Sebab, di setiap helai bulu memberikan kelembutan. Ternyata burung cucak wilis juga bisa diternakkan. Dan untuk cara ternak burung cucak wilis ini juga mudah.

Siapa saja dapat melakukan ternak burung ini, yang penting mempunyai niat dan tekat yang sungguh-sungguh. Dengan kesabaran dan juga ketelatenan, maka ternak burung cucak wilis ini bisa menjadi sukses seperti yang anda inginkan.

Cara Ternak Burung Cucak Wilis

Cara Ternak Burung Cucak Wilis
omkicau.com

Berikut ini adalah cara ternak burung cucak wilis yang perlu untuk anda perhatikan. Tujuannya supaya ternak ini bisa berjalan hingga sukses.

Persiapan Kandang

Cara ternak burung cucak wilis yang pertama harus dilakukan dengan mempersiapkan kandang. Anda bisa membeli kandang burung untuk ternak yang ukurannya lebih besar dari pada biasanya

Pemilihan Bibit

Cucak Wilis
burungbudidaya.blogspot.com

Di dalam membudidayakan burung cucak wilis ini, maka anda perlu melakukan pemilihan induk menjadi salah satu prioritasnya. Ini semua dilakukan tujuannya untuk menghasilkan burung dengan memiliki kondisi yang cantik.

Dengan demikian, pilihlah jenis kelamin jantan sebab suaranya lebih keras. Terlebih lagi jika anda tlaten dalam memberikan perawatan terbaik, maka kualitas suara yang akan dihasilnya juga akan lebih merdu serta enak untuk diperdengarkan.

Memandikan

Cara ternak burung cucak wilis selanjutnya yaitu anda harus bisa memandikan dengan rutin, minimal dua kali dalam sehari yakni pagi dan sore.

Cara yang dilakukan memang lain dengan cara memandikan hewan lain. Semprot burung ini dengan air dengan menggunakan botol spray yang nantinya akan menjadikan burung merasa segar.

Dengan dimandikan secara rutin, maka bulunya kan terlihat rapi dan bersih. Kemudian burung yang anda ternakkan juga akan jauh dari serangan kutu.

Menjemur

Anda juga harus bisa teratur dalam melakukan penjemuran pada burung cucak wilis yang anda ternakkan. Penjemuran bisa anda lakukan hanya sekali saja dalam sehari. Yaitu ketika pukul 7 pagi hingga pukul 8 pagi.

Lebih baik penjemuran dilakukan di bawah cahaya matahari pagi jam 8 yang memberikan nutrisi vitamin yang sangat baik untuk perkembangannya. Dengan demikian, burung menjadi bisa lebih sehat dan juga bisa bergerak dengan lincah.

Pemberian Pakan

Cara ternak burung cucak wilis juga harus anda lakukan dengan cara memberikan pakan yang baik. Salah satu sumber energi dan hidup burung yaitu dalam hal pakan pokoknya. Dengan demikian, memberi makan adalah hal yang menjadi suatu keharusan.

Berikan pakan berupa voer secara teratur. Berikan juga asupan yang benar-benar di butuhkan burung. Sebab, jenis makanana inilah yang bisa menentukan apa saja yang bisa membuat suaranya terdengar nyaring nantinya.

Jika anda bisa memberikannya dalam jumlah yang cukup, maka ini akan menjadikan burung kenyang dan kan mulai menampakkan kicauan kicauan yang terdengar merdu.

Rajin Membersihkan Kandang

Anda juga harus bisa memperhatikan kebersihan dari lingkungan tempat burung. Salah satunya yaitu kandangnya, jangan sampai ada kotoran yang menumpuk. Apabila anda tidak rutin dalam membersihkan kandang, bisa jadi burung akan mudah stres dan terganggu.

Memberi Minum Cukup

Dalam ternak burung ini anda juga harus memberikan minuman yang cukup. Suplai terus air dalam sangkar supaya air minum selalu tersedia.

Kemudian anda juga harus bisa membersihkan tempat makan dan minum yang ada di dalam kandang agar kebersihannya juga tetap terjaga dengan baik.

Jika anda bisa menerapkan cara ternak burung cucak wilis diatas, maka ternak burung yang anda lakukan pastinya akan berhasil dan berjalan dengan baik.

Tinggalkan Komentar