Mengetahui Ciri Khas Burung Cendet Madura dan Kelebihannya

Burung Cendet adalah salah satu jenis burung kicauan yang mudah dijumpai dan juga sudah banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan. Cendet merupkan salah satu jenis burung pemakan serangga yang memiliki jiwa petarung. Jenis burung Cendet ternyata tidak hanya ada satu saja.

Apabila dilihat sekilas, memang semua burung Cendet atau Pentet ini memiliki ciri khas yang sama. Namun, ternyata untuk setiap jenis burung Cendet ini memiliki perbedaan ciri fisik yangtampak.

Salah satu jenis burung Cendet yang memiliki ciri fisik yang berbeda diantaranya yaitu burung Cendet Madura. Seperti halnya, ciri-ciri Cendet Madura yang jika dilihat dengan saksama, ternyata memang berbeda dengan burung Cendet yang ada di daerah lain.

Untuk ciri khas burung Cendet Madura yang paling tampak perbedaannya dengan jenis burung lain yaitu adalah bagian dada, tengkuk, dan juga pada bagian ekornya. Karena, pada bagian dada Pentet Madura ini tampak berwarna putih bersih seperti hanlanya kapas.

Sedangkan untuk bagian tengkuk warna abu-abu, dan burung Cendet ini juga mempunyai ekor yang panjang. Mungkin bagi para pecinta burung kicauan yang baru membeli Cendet Madura akan sulit membedakan ciri-ciri fisik tersebut.

Ciri Khas Burung Cendet Madura

Ciri Khas Burung Cendet Madura
memelihara.com

Memang, jika dilihat dengan cara keseluruhan, untuk ciri burung Cendet Madura ini memang hampir sama. Bahkan, rata-rata dari burung Cendet Madura ini memiliki blangkon hitam seperti halnya burung Cendet Jawa.

Namun, tidak semua burung Cendet Madura ini memiliki ciri khas yang seperti itu. Maka dari itu, blangkon yang ada pada kepala Cendet Madura tidak bisa dijadikan sebagai patokan ciri khas burung Cendet Madura.

Cara yang paling mudah di dalam mengetahui ciri khas Cendet Madura diantaranya bulu pada bagian dada rna yang berwputih. Kemudian ukuran tubuhnya yang terlihat ramping.

Burung Cendet Madura ini pada bagian tengkuknya berwarna abu-abu. Kemudian untuk bagian ekor nyayang panjang. Selain ciri tersebut, hampir sama dengan jenis burung Cendet yang lainnya.

Agar anda bisa lebih jelas lagi dalam hal mengenali fisik Cendet Madura, berikut ciri-ciri Cendet Madura lengkap dan juga dengan kelebihan yang dimilikinya.

Untuk postur tubuh burung Cendet Madura ini yaitu berukuran kecil, ramping, dan juga tampak agak panjang. Sedangkan untuk bagian bulu dada burung Cendet Madura berwarna putih bersih dan halus. Bahkan ada yang mengatakan jika dada Cendet Madura hampir sama seperti kapas.

Pada bagian ekor burung Cendet Madura lebih panjang dibandingkan burung Cendet lainnya. Sedangkan untuk warna bulu Cendet Madura ini juga terlihat sangat kontras antara dada serta pada bagain bulu bagian tubuh lain.

Untuk bagian tengkuk burung Cendet Madura ini memiliki warna abu-abu atau silver yang terlihat terang. Sorot mata dari Cendet Madura ini juga tampak sangat tajam dan terlihat seperti melotot.

Pada umumnya ciri khas burung Cendet Madura ini memiliki kepala berwarna hitam pekat atau pada umumnya disebut blangkon. Warna bulu hitam tersebut juga dapat mencapai tengkuk, dengan demikian terlihat seperti gondrong.

Kelebihan Cendet Madura

Burung Cendet Madura
Burungnya.com

Burung cendet Madura ini kelebihannya yaitu lebih pintar dan mempunyai kecerdasan yang lebih baik ketimbang Cendet daerah lain. Kemudian, Cendet Madura ini juga bisa merekam materi isian lebih banyak.

Suara yang dihasilkan oleh burung Cendet Madura ini yaitu memiliki suara lebih kristal dan kasar dan juga terdengar sangat keras. Lalu untuk mental Cendet Madura ini juga lebih tinggi dan juga dikatakan lebih fighter.

Tinggalkan Komentar