Mengetahui Cara Mengobati Snot Pada Lovebird dengan Kitolod

Lovebird merupakan jenis burung kicauan cantik yang banyak digemari oleh para pecinta burung kicauan. Akan tetapi di dalam pemeliharaannya pastinya tidak akan menjumpai berbagai macam permasalahan.

Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh pemelihara lovebird adalah burung peliharaannya tersebut terkena penyakit. salah satu penyakit yang menyerang lovebird biasanya adalah snot.

Snot atau Infectious Coryza termasuk jenis penyakit yang juga kerap menyerang pada burung kicau lainnya. Penyakit ini juga termasuk gangguan pernapasan yang dipengaruhi oleh bakteri haemophilus paragallinarum. Bakteri ini bentuknya batang pendek, tercat polar, non motil.

Kemudian bakteri ini juga tidak membentuk spora serta fakultatif anaerob. Penyakit snot juga dapat berlangsung akut hingga kronis. Serangan penyakit ini terlihat pada yang mata burung membengkak atau napasnya terdengar mengorok.

Mengobati Snot Pada Lovebird dengan Kitolod
Mengobati Snot Pada Lovebird dengan Kitolod

Gangguan pada burung yang disebut snot ini juga bersifat infeksius. Sebab dapat menyerang hampir seluruh burung kicauan. Lovebird termasuk salah satu jenis burung kicauan yang kerap terserang penyakit snot.

Mengobati Snot Pada Lovebird

Di dalam mengobati penyakit ini, anda dapat mengobatinya dengan cara tradisional. Akan tetapi, penyakit snot yang menyerang burung anda sebaiknya belum begitu parah.

Karena apabila sudah masuk stadium lanjut, penyakit snot akan menjadi sulit sekali untuk disembuhkan meskipun sudah dengan obat dokter hewan. Tak hanya itu saja, snot yang menyerang burung anda biasanya murni sebab faktor eksternal.

Salah satu cara mengobati snot pada lovebird yaitu dengan menggunakan tumbuhan Kitolod. Cara mengobati snot pada lovebird dengan kitolod juga mudah untuk Dipraktekkan.

Manfaat Tanaman Kitolod Untuk Lovebird

Manfaat Tanaman Kitolod Untuk Lovebird
Manfaat Tanaman Kitolod Untuk Lovebird

Kitolod adalah jenis tanaman yang mempunyai nama ilmiah Isotoma Longiflora atau Laurentia longiflora. Tanaman ini merupakan jenis tanaman obat yang sejak dahulu kala sudah dikenal menjadi obat mata yang ada pada manusia seperti iritasi, katarak, rabun, minus, serta plus.

Bunga dari tanaman ini terdapat kandungan politerol, alkaloid, flavonoid, serta kandungan samponi yang bisa untuk mengatasi beraneka gangguan yang ada di dalam bagian mata burung.

Bagian tanaman kitolod yang sering dimanfaatkan di dalam pengobatan katarak pada burung yaitu pada bagian bunganya. Bunga yang akan dipakai untuk pengobatan ini harus bunga yang keadaan segar dan juga benar-benar dalam keadaan bersih.

Oleh sebab itu, pada waktu anda ingin memetiknya, lebih baik pilih bunga kitolod yang terlihat benar-benar bersih dan mash segar. Terlebih lagi Anda juga begitu disarankan untuk memilih kitolod yang telah dibudidayakan agar lebih terjamin masalah kehigenisannya.

Cara Mengobati Snot Pada Lovebird dengan Kitolod

Tanaman kitolod tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan manusia saja, akan tetapi tanaman ini juga bermanfaat untuk mengobati penyakit mata yang ada pada lovebird.

Sehingga pada saat burung lovebird peliharaan anda sedang terserang penyakit snot, sebaiknya anda berusaha untuk mengobatinya sendiri. Anda juga dapat mencoba untuk menyembuhkannya dengan memakai ramuan bunga kitolod itu.

Mengobati snot pada lovebird dengan kitolod mudah untuk dilakukan. Ambillah 1 bunga kitolod sampai pada bagian pangkal paha yang masih segar bersih dan terbebas dari pestisida. Setelah itu cuci bunga kitolodnya dengan menggunakan air bersih supaya kotoran yang menempel tersebut bisa hilang.

Masukkan juga bunga kitolod pada dalam 1 gelas air bersih. Lalu rendam kurang lebih selama 5 sampai dengan 10 menit. Kemudian anda bisa teteskan air rendaman bunga kitolod dari ujung tangkai bunga 2 hingga 3 tetes.

Mengobati snot pada lovebird dengan kitolod tersebut bisa dilakukan sebanyak tiga kali sehari. Diantaranya pada pagi hari siang hari dan sore hari.

Tinggalkan Komentar