Ciri Khas Burung Kancilan Emas yang Memiliki Suara Merdu

Burung Kancilan Emas adalah salah satu jenis burung kicauan yang bisa kita jumpai di alam Indonesia ini. Ciri khas burung kancilan emas ini diantaranya memiliki warna tubuh kuning keemasan.

Sebenarnya, jenis burung kancilan ini tidak hanya satu. Ada beberapa jenis burung kancilan yang bisa anda jumpai. Namun untuk yang akan dibahas kali ini mengenai burung kancilan emas.

Ciri Khas Burung Kancilan Emas

Ciri Khas Burung Kancilan Emas
rebanas.com

Burung Kancilan Emas merupakan salah satu jenis burung kicauan yang berukuran sedang dengan panjang mencapai 17 cm. Ciri khas burung Kancilan Emas ini yaitu pada bagian tubuhnya diselimuti oleh tiga warna yang cerah. Antara lain yakni hitam, putih, dan kuning keemasan.

Ciri khas burung Kancilan Emas yang lainnya yaitu adanya warna hitam yang terlihat di bagian mahkota kepala, dada atas, sayap, dan juga pada bagian ekornya. Untuk warna putih ini tampak jelas di bagian tenggorokan, sisi dekat sayap, dan atas sayap berupa garis tipis.

Begitu juga untuk ciri khas burung Kancilan Emas dengan warna kuning keemasan yang ada pada bagian tengkuk, dada bawah, perut, tunggir, pangkal ekor, punggung, serta pada bagian sayapnya.

Ciri khas burung Kancilan Emas selanjutnya yaitu pada bagian paruhnya yang berwarna hitam pekat berukuran pendek dan tampak tebal. Kemudian untuk bagian ekornya yang berwarna hitam memiliki ukuran yang sedang dan jarang terlihat dikembangkan ketika berkicau ataupun hendak terbang.

Bagian sayapnya terlihat sedikit lebih panjang pada bagian ujungnya. Ketika berada di alam liar, burung yang tubuhnya dibalut warna bervariasi ini biasanya terlihat hidup sendiri-sendiri dan akan bergabung dengan kawanan burung lain ketika burung tersebut akan mencari makanan berupa serangga.

Daerah Persebaran dan Habitat Kancilan Emas

Habitat Kancilan Emas
hbw.com

Untuk daerah persebaran burung Kancilan Emas (Pachycephala fulvotincta) ini hanya terbatas di wilayah Indonesia saja atau dikenal dengan burung endemik. Wilayah yang dijadikan sebagai tempat tinggal atau habitat burung Kancilan Emas tergolong luas. Diantaranya berada di Pulau Jawa di bagian timur, Bali, Sumbawa, Pulau Salayer, selatan Sulawesi, serta di bagian timur Alor.

Kemudian, hutan yang dijadikan sebagai tempat hidupnya adalah yang masih banyak ditumbuhi oleh pepohonan ataupun hutan sekunder. Baik itu yang terdapat di dataran rendah sampai dengan pegunungan dengan ketinggian mencapai 1460 meter di atas permukaan laut.

Kicauan Burung Kancilan Emas

Sedangkan untuk ciri khas burung Kancilan Emas jika dilihat dari segi suaranya yaitumemiliki suara yang nyaring dan juga agak melengking. Volume kicauannya pun juga terdengar cukup tinggi. Sebab bisa membunyikan tiga hingga empat nada yang iramanya bisa naik turun.

Nada yang memiliki irama itu biasanya dibunyikan dengan tempo yang cukup rapat, dengan demikian akan terdengar seperti suara crecetan. Tak hanya itu saja, nada kicauannya juga bisa terdengar dibunyikan secara terus menerus dalam durasi atau waktu yang cukup lama.

Ciri khas burung Kancilan Emas dengan suaranya yang merdu ini tidak hanya cocok dijadikan sebagai burung rumahan saja. Akan tetapi juga dapat dipergunakan untuk memaster jenis burung kicauan yang lainnya.

Untuk anda semua yang ingin memelihara burung Kancilan Emas dirumah, maka perlu diperhatikan juga terkait dengan masalah perawatannya. Untuk masalah perawatannya juga harus diperhatikan mengenai jenis makannya.

Untuk masalah pakan, anda bisa memberikan berupa serangga kecil dan buah-buahan. Kemudian, bisa juga melatih kicauannya supaya bisa lebih merdu dan terarah ketika mengeluarkan kicauannya.

Tinggalkan Komentar