Mengenali Aneka Penyebab Kelumpuhan Pada Burung Kicauan

Untuk anda semua yang memelihara burung kicauan, pastinya banyak menemui berbagai macam masalah yang menyerang burung yang anda pelihara. Misalnya saja seperti lovebird, kenari, cucak ijo, murai batu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Gangguan kesehatan yang sering terjadi pada burung kicauan memang banyak sekali. Mulai dari demam, rontok bulu, cacingan, dan bahkan ada juga penyakit seperti terjadinya kelumpuhan.

Biasanya aneka ragam jenis penyakit tersebut menyerang burung kicauan karena disebabkan oleh beragam faktor. Diantaranya mseperti kotornya sangkar atau buruknya perawatannya yang dilakukan oleh sang pemiliknya.

Untuk kali ini akan membahas mengenai penyebab kelumpuhan pada burung kicauan. Hal ini bertukuan supaya sang pemilik burung kicauan tersebut nantinya dapat mengambil tindakan yang bijak.

Tujuannya tak lain untuk menghindarkan burung yang dipeliharanya agar tidak terkena kelumpuhan. Sebab penyakit kelumpuhan memiliki dampak yang buruk yaitu bisa mengakibatkan kematian pada burung kicauan anda.

Penyebab Kelumpuhan Pada Burung Kicauan

Mengenali Aneka Penyebab Kelumpuhan Pada Burung Kicauan
burungnya.com

Burung kicauan yang terserang penyakit kelumpuhan pada umumnya akan tampak dari tanda-tanda awal. Diantaranya seperti pada bagian kaki yang terlihat bergetar sebab tidak kuat mencengkeram tangkringan.

Kemudian, juga ditandai dengan fisik secara utuh yang tampak loyo. Selain itu, burung lebih memilih hanya berdiam diri saja dan tidak mau mengeluarkan kicauannya seperti biasanya.

Kelumpuhan yang terjadi pada burung kicauan termasuk jenis penyakit umum yang terjadi untuk berbagai macam jenis. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab kelumpuhan pada burung kicauan.

Minimnya Perawatan

Faktor penyebab yang bisa menjadikan burung kicauan lumpuh karena minimnya perhatian atas perawatan harian burung. Burung kicauan yang mengalami kelumpuhan bisa disebabkan oleh kurang memperoleh nutrisi yang cukup berupa vitamin D.

Harus anda tahu juga jika vitamin D sangatlah bermanfaat untuk memperkuat tulang yang ada di makhluk hidup termasuk untuk burung kicauan. Untuk itu jika burung kicauan kekurangan vitamin D, maka dapat memicu pengeroposan maupun pelapukan yang ada pada tulang yang ada di tubuhnya, khususnya pada bagian kakinya.

Penyakit Burung

Burung Kicauan Lumpuh
pixabay.com

Penyebab kelumpuhan pada burung kicauan selanjutnya adalah bisa dikarenakan akibat penyakit yang diderita oleh burung kicauan sebelumnya. Banyak sekali jenis penyakit yang bisa berbahaya dan bisa berdampak menjadikan burung kicauan anda lumpuh.

Diantaranya bisa jadi karena penyakit burung sedang mengalami luka di bagian kaki karena terjatuh dari tangkringan. Bisa juga karena serangan dari virus penyakit yang tubuh burung kicauan.

Bisa juga karena dari kaki burung kicauan yang sedang berkerak. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk para pemelihara burung kicauan untuk tetap selalu memperhatikan kesehatan kakinya.

Sehingga, pada saat terlihat kaki burung sedang terluka, maka segeralah anda mengambil tindakan untuk mengobati maupun untuk mengatur dekorasi sangkarnya supaya tidak memperparah lukanya.

Burung Sudah Usia Tua

Selain itu, penyebab kelumpuhan pada burung kicauan bisa dikarenakan burung telah mencapai usia yang sudah tua. Hal yang seperti ini merupakan penyebab alami yang diawali dengan tanda melambatnya gerakan burung di dalam sangkar.

Yaitu mulai hari demi hari yang berikutnya menjadikan burung kicauan tersebut tidak sanggup lagi untuk berjalan seperti biasa. Meskipun seperti itu, tetap saja burung kicauan yang anda pelihara tersebut juga butuh perawatan.

Tujuannya yaitu agar kelumpuhan yang dialaminya nanti juga dapat diperlambat untuk jangka waktu yang lama. Jadi sangatlah penting untuk melakukan perawatan yang baik dan benar untuk burung peliharaan anda.

Tinggalkan Komentar