Cara Perawatan Burung Derkuku Untuk Lomba Agar Berkualitas

Memiliki burung derkuku dan akan diikutkan dalam lomba, tentu saja anda harus merawatnya dengan sebaik mungkin.

Dan perawatan burung derkuku untuk lomba itu pastinya tidaklah sama dengan perawatan derkuku yang rumahan. Dalam melakukan perawatan derkuku yang dikhususkan untuk lomba ini memang membutuhkan perawatan lebih.

Tujuannya supaya burung bisa tampil maksimal pada saat di area lapangan dan bisa meraih jawara seperti yang anda inginkan.

Dan bahkan persiapannya pun sangat berbeda antara derkuku untuk lomba dengan derkuku yang untuk lomba dan selain itu juga disiapkan untuk diternakan agar anak turunya bisa berkualitas.

Perawatan burung derkuku yang akan digunakan untuk lomba sebaiknya dilakukan sewaktu burung derkuku masih berusia kurang lebih 3 bulan.

Yang mana piyikan dari derkuku ini sudah mulai mengeluarkan bunyi. Sebaiknya kita pilih terlebih dahulu, mana yang bersuara bagus dan burung mna yang memenuhi kriteria untuk dijadiakan sebagai juara.

Perawatan Burung Derkuku Untuk Lomba Saat Anakan

Perawatan Burung Derkuku Untuk Lomba
Perawatan Burung Derkuku Untuk Lomba

Sesudah burung derkuku kriteria lomba sudah diperoleh, setiap sore harinya dari pukul 1500 sampai 17.30 burung harus kita kerek. Yang harus diperhatikan yaitu kita harus melihat cuaca.

Jika sedang hujan, jangan mengkerek burung derkuku anda. Setelah burung sudah mulai terlihat gacor sesudah berusia 6 bulanan.

Namun, ada juga burung yang gacor yang baru berusia 4 bulanan. Pada setiap Pagi hari burung dikerek dimulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00.

Akan tetapi hal tersebut bisa anda lakukan dalam waktu 4 kali saja selama waktu seminggu. Anda bisa membawa burung jalan jalan ke latberan sesekali mungkin.

Dan jika sudah mau jalan pada arena latberan baru burung kita persiapkan untuk acara lomba.

Persiapan Lomba

Perawatan Sebelum Lomba
Perawatan Sebelum Lomba

Persiapan lomba untuk burung derkuku dapat dilakukan sejak waktu 1 minggu sebelum acara lomba. Misalnya saat 7 hari sebelum perlombaan.

Dan disinilah perawatan burung derkuku untuk harus mulai intensif. Yang mana penggantangan bisa anda lakukan tiap hari sampai dengan satu hari menjelang lomba.

Kemudian satu hari menjelang lomba, burung cukup dengan dijemur saja. Apabila burung dilombakan hari minggu maka pada saat hari jum’atnya burng bisa dimandikan .

Meskipun tidak harus saat hari jum’at, bisa hari sabtunya ataupun saat kamis. Dan disinilah setingan mulai dimulai, dan kita bisa melihat burung gacor di lomba jika dimandikan di hari apa .

Pemandian untuk derkuku sangat dibutuhkna untuk membersihkan bulu dari kotoran serta mencegah burung menyisir bulu bulunya pada saat lomba dimulai atau sedang berjalan.

Lalu air untuk mandinya dapat memakai air bekas cucian beras atau juga ditambahkan dengan obat kutu. Dan sesudah derkuku mandi, burung derkuku segera diangin anginkan.

Perawatan Makanan

7 hari sebelum lomba pemberian pakan juga mulai berubah. Apabila hari biasa diberikan makanan dengan bebas yang mana burung bisa memakan semua makanan yang disukainya .

Pemberian pakan untuk derkuku yang memiliki suara besar dapat diberikan banyak beras mera.

Sebab beras merah dipercaya dapat menambah power derkuku yang memiliki suara besar ini jadi semakin ngebass serta bersuara bagus dan panjang.

Kemudian untuk setingan derkuku yang memiliki suara kecil (kristal) porsi beras merahnya dikurangi dan milet ditambah supaya powernya berkurang.

Sebab jika derkuku suara kecil (kristal) ini powernya berlebih , suara ujungnya jadi mati dan menjadi kurang menarik. Jadi bisa mengurangi keindahan suaranya terlebih pada waktu dinilai oleh juri.

Setelah itu kerodonglah sampai tenang agar bisa maksimal pada saat acara lomba nanti.

Tinggalkan Komentar