Cara Merawat Burung Murai Air Agar Bisa Lebih Rajin Berkicau

Salah satu burung kicauan yang populer di Indonesia ini adalah burung murai air. Jika anda ingin memeliharanya, dalam cara merawat burung murai air juga cukup mudah dilakukan.

Burung murai air Heteropahasia picaoides) yang juga memiliki banyak julukan. Diantaranya yakni burung sibia ekor panjang, air mancur, murai besi, dan juga burung murai laut.

Apabila di Indonesia sendiri burung murai air, daerah persebarannya hanya ada di daerah hutan Sumatera saja. Dengan demikia burung ini tergolong unik dan perlu dijaga kelestariannya supaya keberadaannya jangan sampai punah.

Habitat Burung Murai Air

Habitat Burung Murai Air
cherewed.com

Ketika sedang ada di alam liar, burung murai air akan mudah sekkali dijumpai pada hutan sekunder atau di hutan primer.

Kemudian, burung kicauan ini juga bisa dijumpai di dataran semak-semak belukar yang ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang.

Pada saat berada di alam liar, burung ini sering kali makan makanan berbagai jenis serangga, biji-bijian, dan juga memakan buah-buahan.

Selain itu, burung murai air mencari makanannya yang ada di permukaan tanah dalam semak belukar. Selain itu, biasanya juga ada di atas pucuk pohon yang rindang.

Cara Merawat Burung Murai Batu Air

Cara Merawat Burung Murai Batu Air
kicauburung5.blogspot.com

Guna mendapatkan burung murai air yang berkualitas, maka perlu mendapatkan perawatan yang baik dan benar.

Hal ini didasarkan sebab burung murai air yang rata-rata dipelihara tidak termasuk hasil budidaya, akan tetapi yang asalnya dari tangkapan hutan atauyang masih anakan.

Mengatur Pola Makannya

Cara merawat burung murai air ini yaitu diawali dengan mengatur pola makannya terlebih dahulu.

Tujuannya supaya burung murai air ini secara pelan-pelan bisa berkicau dan bila telah nyaman dengan makanannya.

Dan kedepannya, burung ini akan rajin berkicau. Lalu untuk mengatur pola makanannya harus menyiapkan makanan yang disukainya maupun yang sering disantapnya ketika berada di alam liar, seperti halnya serangga.

Sebaiknya anda memberikan serangga berupa jangkrik atau dengan belalang setiap harinya.

Anda juga bisa menyelingi dengan memberikan telur semut atau kroto. Selain itu, untuk pemberian jangkrik bisa langsung memberikan utuh tanpa harus memotong kakinya.

Namun, bisa juga anda menyingkirkan kakinya guna menjaga keselamatan tenggorokan burung.

Rajin Memandikannya

Cara merawat burung murai air yang dapat anda lakukan berikutnya yaitu rajin memandikannya.

Untuk memandikan burung murai air yang sebaiknya diperhatikan yaitu jangan terlalu dipaksakan.

Tujuannya supaya burung bersedia mandi pada bak yang sudah disediakan dengan mendorongnya dengan paksa.

Namun, sebaiknya anda mendorongnya pelan-pelan, supaya burung itu sendiri bersedia memasuki tempat mandinya atau juga bisa dengan cara menyemprotkan air pada semua bagian tubuhnya.

Cara ini dilakukan supaya burung miurai air ini tidak stres. Selain itu, juga bisa mengenal dengan tuan atau pemiliknya.

Oleh sebab itu, murai air pun nantinya akan bisa menjadi terbiasa dimandikan atau mandi sendiri bis dengan sendirinya rajin berkicau.

Rutin Penjemurannya

Supaya burung murai air bisa lebih pandai dan rajin berkicau, maka cara merawat burung murai air bisa dikakukan dengan rutin menjemurnya.

Dan ketika menjemur burung murai air, sebaiknya diperhatikan jeda waktunya yang tidak lebih dari 30 hingga 40 menit terkandung tingkat teriknya matahari.

Sedangkan untuk waktu yang tepat untuk menjemur burung murai air ialah ketika pagi dan sore hari.

Tak hanya itu, pada saat burung sudah selesai dimandikan bisa juga untuk menjemurnya supaya bulu-bulunya cepat mengering.

Selain itu, juga bisa menghindarkan dirinya terserang masuk angin. Kemudian untuk tujuan dari proses penjemuran ini bisa dilakukan supaya agar tingkat stressnya bisa terkontrol dengan baik.

Cara merawat burung murai air ini dilakukan agar kemauanya dalam berkicau juga bisa semkain meningkat.

Tinggalkan Komentar