Ciri Khas Burung Cucak Rante Mas dan Kebiasaan Hidupnya

Burung Cucak Rante Mas adalah salah satu dari beberapa jenis burung kicauan yang populasinya juga diketahui hanya terbatas di beberapa wilayah di Indonesia saja. Yang mana, untuk daerah yang dijadikan sebagai tempat bagi burung Cucak Rante Mas ini tinggal hanya ada di sepanjang daerah di Pulau Sumatera saja.

Karena daerah penyebaran burung Cucak Rante Mas ini hanya terbatas, maka tidak hanya membuat dikenal sebagai burung endemik asal Pulau Sumatera saja. Namun keadaan yang seperti ini juga membuat keberadaanya sudah mulai terancam punah. Terlebih lagi karena rusaknya hutan dan juga adanya pemburuan liar yang menyasar pada jenis burung ini.

Ciri Khas Burung Cucak Rante Mas

Ciri Khas Burung Cucak Rante Mas
burungocehan.link

Burung Cucak Rante Mas (Chloropsis Venusta) ini mempunyai ciri khas dengan warna yang mirip dengan burung Cucak Ijo. Ciri khas burung Cucak Rante Mas ini lebih kepada didominasi dengan warna kehijauan yang ada di sebagian besar tubuhnya.

Namun untuk ciri khas burung Cucak Rante Mas dari segi bentuk tubuhnya yaitu memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari pada dengan jenis cucak-cucakan lainnya.

Besar tubuhnya kurang lebih hanya sekitar 14 cm saja. Tak hanya itu saja, terdapat warna biru terang yang sangat mencolok yang ada pada bagian wajah dan juga pada bagian dahinya.

Sedangkan untuk bagian dadanya terlihat berwarna kuning keemasan yang menjadi ciri khas burung Cucak Rante Mas ini.

Kebiasaan Hidup Cucak Rante Mas

Kebiasaan Hidup Cucak Rante Mas
omkicau.com

Selain itu, untuk kehidupan atau perilaku burung Cucak Rante Mas yang saat itu sedang berada di alam liar pada umumnya bertengger dengan kawanan atau sendirian berada di bawah puncak pohon.

Dan ketika mencari makanan, biasanya jenis burung ini nektar dan juga makan buah-buahan untuk dijadikan sebagai pakan utamanya. Kemudian juga diselingi dengan memakan serangga seperti halnya jangkrik dan serangga kecil lainnya.

Sedangkan ketika musim kawin telah tiba, pasangan burung Cucak Rante Mas akan membuat sarangnya dengan bentuk seperti cawan terbuka. Selanjutnya diletakkan di ujung cabang pepohonan maupun diselipkan di dua ranting pohon yang berdekatan.

Kemudian untuk yang betinanya ketika musim kawin berlangsung bisa mengeluarkan telur batu untuk dierami sebanyak 2 sampai dengan 3 butir saja. Yang mana dengan rentang masa pengeraman selama waktu 14 hari.

Kicauan Burung Cucak Rante Mas

Sedangkan untuk kelebihan yang dapat digali dari burung yang berukuran kecil ini adalah kecerdasannya yang bisa mengingat banyak suara dari burung kicauan yang didengarnya.

Tak hanya itu saja, burung Cucak Rante Mas juga bisa dimanfaatkan sebagai burung master untuk burung kicauan lainnya. Sebab, kemampuan kicauannya mirip seperti Cucak Cungkok. Yang mana, dengan volume nada yang lebih kecil tentunya.

Maka dari itu burung ini banyak memiliki julukan yang salah satunya adalah dikenal dengan si mini Cucak Cungkok.

Populasi Burung Cucak Rante Mas

Burung Cucak Rante Mas ini populasinya sudah mulai terancam populasinya lebih kepada rusaknya alam yang ada di Pulau Sumatera. Sebab, disini hampir setiap tahunnya banyak sekali ada hutan-hutan yang habis terbakar. Selain itu juga banyak ditebangi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Karena perilaku tersebut tentunya bisa menjadikan burung yang kecil ini tidak lagi memperoleh lahan untuk dijadikan sebagai tempat tinggalnya. Sehingga pada akhirnya ada beberapa di antara yang mati yang disebabkan karena burung stres.

Tinggalkan Komentar