Mengenal Jenis Makanan Burung Manyar Yang Bagus dan Sehat

Burung Manyar termasuk salah satu jenis burung yang masuk pada jenis burung dalam kategori burung kecil yang merupakan pemakan biji-bijian. Untuk jenis burung ini sangat terlihat unik sekali.

Keunikan yang dimiliki oleh burung Manyar ini yaitu memiliki kemampuan kicau yang bisa dinilai bervariasi. Tak hanya itu saja, Burung manyar ini juga termasuk jenis burung yang asalnya dari keluarga ploceidae.

Jika anda semua memelihara burung Manyar, maka anda harus bisa merawatnya dengan baik dan benar. Salah satunya dengan memperhatikan makanan burung manyar yang bernutrisi.

Dalam perawatannya, sangat penting sekali mengetahui jenis makanan burung Manyar, agar bisa memeliharanya dengan baik dan benar.

Mengenal Jenis Makanan Burung Manyar Yang Bagus dan Sehat
burungocehan.link

Sebab, untuk jenis makanan ini sangatlah berpengaruh untuk kualitas burung Manyar yang anda pelihara. Apabila anda semua salah dalam memberikan jenis makanan pada burung manhar ini bisa jadi berakibatkan fatal.

Dampak yang bisa terjadi antara lain yaitu burung jadi malas, burung jadi sakit atau bahkan bisa mengancam nyawa dari burung yang anda pelihara ini.

Jenis Makanan Burung Manyar

Berikut ini merupakan jenis-jenis makanan yang paling di sukai oleh burung Manyar. Selain itu, jenis makanan ini juga bisa untuk meningkatkan perkembangan dari burung dan bisa memberikan kualitas burung peliharaan anda menjadi lebih tinggi.

1. Beras Merah

Salah satu makanan burung Manyar yang bisa anda berikan yaitu beras merah. Beras merah ini merupakan jenis tumbuhan yang merupakan varietas serealia. Sudah sesuai dengan namanya untuk bentuk dari beras merah ini terlihat mirip dengan beras yang biasa.

Beras ini berbentuk lonjong, mengkilap dan berwarna mendekati seperti warna merah tua.

Beras merah banyak diberikan untuk anak burung, sebab kandungan Fosfor yang terdapat pada beras merah ini bisa membantu dalam pembentukan tulang pada masa pertumbuhan.

Beras merah paling tidak terdapat kandungan sekitar 85% karbohidrat yang terdiri dari lemak dan juga protein, 7% serat. Selain itu, juga ada kandungan vitamin B, kalsium, kalium dan mjuga agnesium.

Beberapa mineral tersebut berperan penting bagi metabolisme tubuh, beras merah mampu mencegah terjadinya kegemukan karena rendahnya kalori dalam beras merah.

2. Milet

Jenis Makanan Burung Manyar
pecintahewan.id

Makanan burung Manyar selanjutnya yaitu milet. Milet termasuk jenis tanaman serealia yang memiliki butiran kecil. Apabila burung manyar peliharaan diberikan milet biasanya akan jadi lebih sehat, aktif serta bisa rajin berbunyi.

Kita juga bisa memberikan racikan milet yang menggunakan bahan lainnya sebelum diberikan kepada burung peliharaan. Misalnya saja seperti direndam dalam adonan telur serta dicampur dengan cangkang telor.

3. Padi/ Gabah

Tidak berbeda dengan beras merah dan milet, gabah atau padi juga memiliki banyak sekali manaat bagi pertumbuhan burung Manyar.

Apabila burung Manyar di berikan makanan berupa gabah atau padi pastinya juga bisa sangat membantu pertumbuhan burung. Sebab biji-bijian padi juga sangat baik daam kandungannya kandungan karbohitrat, protein magnesium dan lain sebagainya,

4. Ekstra Fooding

Selain memberikan jenis makanan burung Manyar biji-bijian, lebih baik lagi apabila burung Manyar peliharaan anda di berikan makanan tambahan berupa ekstra fooding.

Yang mana yang merupakan makanan jenis ekstra fooding adalah kroto, jangkrik, belalang, dan juga ulat hongkong. Makanan tambahan yang berupa ekstra fooding ini smemang diketahui bisa untuk membantu pertumbuhan yang ada dari burung Manyar ini.

Dengan mengetahui kenis makanan burung manyar ini, maka bisa mempermudah anda di dalam merawat burung Manyar ini di rumah hingga memiliki kicauan yang gacor.

Tinggalkan Komentar