Cara Menjinakkan Burung Manyar Liar Tangkapan Hutan

Burung Manyar adalah jenis burung kicauan yang berasal dari keluarga Ploceidae. Perlu anda ketahui jika sebenarnya ada 3 jenis yang digunakan untuk dijadikan masteran, diantaranya yaitu burung manyar tempua, manyar emas, dan juga burung manyar jambul.

Meskipun jenis itu sangat bagus untuk dijadikan master. Anda sebaiknya mengetahui bagaimana cara menjinakan burung manyar yang masih keadaan liar tangkapan hutan.

Beberapa jenis dari burung Manyar ada yang memiliki mahkota dengan warna kuning atau seperti jambul yang ada di atas kepalanya.

Cara Menjinakkan Burung Manyar
Cara Menjinakkan Burung Manyar

Ini termasuk salah satu ciri khas yang tidak dimiliki oleh burung kicau jenis yang lainnya. Burung manyar mempunyai kemampuan unik dalam menirukan suara dari burung kicauan yang lainnya.

Tak hanya punya kemampuan yang unik, burung manyar juga diketahui menjadi burung yang suka pemakan biji-bijian. Namun burung manyar juga gemar makan serangga kecil. Terlebih lagi apabila mereka sedang pada musim kawin atau ketika sedang berkembangbiak.

Burung ini merupakan burung unik yang punya kemampuan dapat menirukan berbagai macam jenis suara. Anda jangan heran apabila burung manyar bisa memiliki kicauan yang bervariasi.

Akan tetapi hal tersebut tergantung pada perawatan dan juga cara pemasterannya. Sehingga anda semua harus bisa teliti di dalam hal perawatan dan juga pemasteran apabila ingin burung manyar anda dapat tampil yang maksimal.

Cara Menjinakkan Burung Manyar

Ketika mendapatkan burung manyar liar anda harus menjinakkannya terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan yang lainnya.

Pemberian Makan Secara Rutin

Ternyata apabila dalam pemberian serangga bisa rutin , maka akan sangat berpengaruh positif untuk burung manyar. Hal ini nantinya akan menjadikkan burung manyar jadi lebih aktif serta rajin untuk berbunyi.

Pemberian Makan Burung Manyar
Pemberian Makan Burung Manyar

Selain bisa menjadi lebih rajin berbunyi, burung manyar juga akan menjadi lebih jinak. Bahkan anda juga bisa melatih burung manyar pada saat memberinya makanan.

Kandang Digantungkan dengan Rendah

Cara menjinakkan burung manyar bisa anda lakukan dengan menggantang burung manyar dengan rendah. Bisa serendah mungkin, atau anda bisa menempatkan kandang di lingkungan yang banyak dilalui oleh orang-orang atau yang ramai.

Dengan demikian, burung akan menjadi lebih jinak apabila bertemu dengan orang. Keramaian tersebut juga akan menjadikan burung manyar semakin mudah dalam beradaptasi.

Pemandian Burung 3 Kali Sehari

Untuk pemandiannya, bisa anda lakukan sesering mungkin. Dengan begitu burung menjadi tidak begitu agresif pada saat kalian mandikan.

Bisa juga anda memandikan burung 3 hari sekali atau seminggu sekali. Hal ini akan menjadikan burung manyar peliharaan anda lebih cepat jinak.

Jemur Burung Manyar

Cara menjinakkan burung manyar selanjutnya anda bisa mengeluarkan dan mengembunkan saat pagi hari. Anda juga dapat memberikan sedikit kroto.

Kroto yang anda berikan sebaiknya yang masih segar. Anda juga dapat mencampurnya dengan sedikit parutan buah apel. Seperti halnya yang anda berikan pada ciblek atau burung tledekan.

Sebaiknya anda juga menjemur burung sebentar ketika matahari sedang terbit. Namun sebaiknya di dalam menjemur sebelum jam 12.

Tapi usahakan supaya burung manyar anda tidak terkena sinar matahari dengan langsung. Sebab sinar matahari tersebut bisa mendadak bersinar sangat terik..

Penggantian Air Minum Secara Rutin

Gantilah air minum burung manyar dengan rutin agar burung peliharaan anda tidak mudah terserang penyakit. Air minum dapat menimbulkan penyakit bahaya jika tidak sering diganti dengan yang bersih.

Dengan diberikan air yang bersih maka penyakit juga tidak akan bersarang pada air minum dari burung tersebut.

Tinggalkan Komentar