Mengenal Ciri Khas Burung Wiwik Kelabu dan Daerah Persebarannya

Salah satu jenis burung unik yang suaranya sering terdengar di sekitar rumah kita yaitu burung wiwik atau burung kedasih. Burung Kedasih ini bahkan juga membawa mitos akan suara yang dikeluarkannya. Jenis burung kedasih juga ada bermacam-macam. Dan salah satu jenis burung Kedasih yang mungkin sudah banyak diketahui yaitu burung Wiwik Kelabu.

Habitat Burung Wiwik Kelabu

flickr.com

Ciri khas burung Wiwik Kelabu yang paling menonjol yaitu suara kicauan yang dimilikinya yang cukup nyaring dan berirama. Keberadaannya di wilayah hutan kita juga bisa dikatakan cukup luas. Yang mana hampir menghuni hampir di berbagai pulau besar seperti Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan juga di Sulawesi.

Kehidupannya pada saat bearda di alam liar ini pada umumnya mendiami area dataran rendah sampai dengan di area pegunungan yang memiliki ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut.

Pada umumnya, tempat-tempat yang sering ditinggalinya yaitu ada di kawasan terbuka yang dekat dengan pemukiman masyarakat. Misalnya saja seperti di lahan garapan, pepohonan yang ada di taman kota, serta berada di area hutan pinggir desa.

Tak hanya itu, burung Wiwik Kelabu juga memiliki habitat di area hutan sekunder maupun di hutan terbuka yang jaraknya sedikit jauh dari tempat tinggal masyarakat.

Ciri Khas Burung Wiwik Kelabu

hbw.com

Ciri khas burung Wiwik Kelabu yang juga disebut dengan burung Kedasih ini memiliki ukuran tubuh sedang dengan panjang kurang lebih hanya sekitar 21 cm.

Kemudian, untuk warna yang menutupi bulu-bulunya ini terdiri dari tiga warna. Diantaranya yakni warna abu-abu, merah karat, serta warna hitam keabu-abuan. Ciri khas burung Wiwik Kelabu ini juga termasuk warna abu-abu yang terlihat menutupi bagian kesemua kepala, tenggorokan, dada.

Selain itu juga ada tanda pada bagian bawah ekornya yang berupa garis-garis. Untuk warna merah karat ini tampak pada bagian pangkal hingga pada bagian ujung bawah perutnya. Lalu, untuk warna hitam keabu-abuan ini terlihat menutupi area punggung, sayap dan juga bagian ekornya.

Ciri khas burung Wiwik Kelabu selanjutnya ekornya berukuran cukup panjang dan bercorak garis-garis putih di bagian bawahnya. Sedangkan pada bagain paruhnya berukuran agak panjang. Yang mana, dengan bagian ujung atasnya yang terlihat sedikit menukik. Lalu untuk bagian pupil matanya memiliki warna hitam dengan area pupil yang terlihat berwarna merah saga.

Sedangkan untuk bulu-bulu pada bagian atas kepalanya yang berwarna keabu-abuan terlihat begitu lebat yang akan mengembang ketika terkena hembusan angin.

Daerah Persebaran Burung Wiwik Kelabu

Untuk daerah persebaran burung Wiwik Kelabu (Cacomantis Merulinus) ini sebenarnya tidak hanya ada di wilayah hutan kita saja. Namun juga ada di berbagai belahan negara lainnya.

Untuk negara-negara yang banyak dihuni oleh burung Wiwik Kelabu ini diantaranya seperti di negara Tiongkok, Filipina, India, Pakistan, Nepal, Thailand, Myanmar, Laos, Vietnam, serta di Malaysia.

Dan pada saat berada di alam liar, pada umumnya burung ini akan mencari makanan yang berupa aneka jenis serangga serta buah-buahan. Tak hanya itu saja, masa berkembangbiaknya yang terjadi pada bulan Mei hingga pada bulan Juni dengan masa pengeraman kurang lebih sekitar 13 hari.

Kicauan Burung Wiwik Kelabu

Sedangkan untuk suara kicauan yang dikeluarkan oleh burung Wiwik Kelabu ini terdengar mengalun dengan nada awal yang mempunyai volume kecil. Kemudian lambat laun volume akan meninggi yang mirip suara ratapan.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.