Ciri Khas Burung Murai Batu Nias dan Kebiasaan Hidupnya

Murai batu termasuk salah satu jenis burung kicauan yang mempunyai kemampuan yang bisa menirukan berebeapa macam jenis suara dari burung yang lainnya. Memang kemampuan menirukan burung lain ini seperti halnya burung Cendet maupun burung Jalak.

Murai batu hingga sampai sekarang ini masih menjadi primadona di kalangan para pecinta burung kicauan. Selain karena keindahan suaranya, Murai Batu juga mempunyai isik yang cantik dengan bagian ekornya yang panjang dan cantik.

Jika dari beberapa jenis burung Murai yang terdapat di indonesia, salah satunya yaitu burung Murai Batu Nias. Akan tetapi, keberadaanya tidak banyak seperti halnya jenis burung Murai Batu Medan yang disebabkan beberapa faktor. Antara lain yaitu seperti pemburuan liar dan juga minimnya yang menangkarkan burung Murai Batu Nias ini.

Burung Murai Batu Nias
jenisburung.co

Sediiktnya orang yang menangkarkan burung ini mungkin disebabkan permintaan dari para pecinta burung kicauan yang masih sedikit dibandingkan dengan Murai Batu Medan yang memang sudah sangat populer dan tentu saja banyak sekali peminatnya.

Ciri khas burung Murai Batu Nias ini sebenarnya juga memiliki fisik yang cantik. Meskipun demikian, jenis burung Murai Batu Nias ini untuk masalah kicauan juga dinilai tidak kalah jauh dengan burung yang lainnnya.

Bahkan dapat dikatakan lebih berkualitas bandingkan Murai Batu yang berkualitas yang lainnya. Kemudian di postur tubuhnya pun juga kalah dari Murai Batu Medan atau Murai Batu Lampung. Ciri khas burung Murai Batu Nias ini memang menarik jika diamati.

Jika burung Murai Batu Nias ini banyak diburu dan tidak pernah ditangkarkan, makab isa jadi burung ini akan punah di alamnya. Oleh sebab itu, sebaiknya burung ini diatangkarkan agar tidak punah.

Ciri Khas Burung Murai Batu Nias

Ciri khas burung Murai Batu Nias diantaranya memiliki ciri khas yang ada di bagian ekornya yang berwarna hitam polos pekat. Dengan demikian bisa mudah sekali dibedakan dengan kerabat dekatnya yaitu dengan burung Murai Batu Medan maupun dengan Murai Batu Lampung.

Para pemula pun juga bisa dengan mudah membedakan ciri khas dari tiap jenis burung ini. Untuk ciri khas burung Murai Batu Nias ini yang pertama yaitu bisa dilihat dari bagian ekornya.

Jadi pada bagian ekor burung Murai Batu Nias ini yaitu cukup panjang kisaran sekitar 20 centi sampai dengan 25 centian. Selain itu pada bgaian agian bulu ekor nya berwarna hitam pekat.

Ciri khas burung Murai Batu Nias selanjutnya yaitu kualitas Suara Kicau nya yang lebih baik jika dibanding dengan burung Murai yang lainnya.

Selain itu kemampuan adaptasi nya cukup tinggi dan juga mudah sekali untuk dijinakkan. Jemis burung ini juga mudah sekali di masterkan dengan suara kicau burung yang lainnya.

Ciri Khas Burung Murai Batu Nias
situshewan.com

Apabila anda memelihara burung Murai Batu Nias, sebaiknya anda merawatnya dengan debaik-baiknya. Jika dirawat dengan baik dan benar maka burung Murai Batu ini bisa memiliki suara kicauan yang bagus dan berkualitas.

Dalam perawatannya anda harus memperhatikan dari segi pemberian makan yang bernutrisi, pemandian, penjemuran, dan lain sebagainya. Semuanya harus anda lakukan dengan teliti dan juga sabar.

Lalu untuk mendapatkan suara yang bagus, maka anda bisa rajin memasternya dengan suara suara burung yang bagus dan berkualitas. Sebab, burung ini diketahui merupakan jensi burung yang muda sekali untuk dimasterkan.

Sehingga kemungkinan burung ini bisa memiliki suara yang berkualitas dan juga bervariasi.

Tinggalkan Komentar