Manfaat Tahu Putih Untuk Burung Kicauan Pemakan Serangga

Tahu merupakan salah satu jenis bahan makanan yang sering dikonsumsi oleh manusia, akan tetapi tahukah anda jika tahu putih ini juga sering dikonsumsi oleh burung kicauan. Tahu putih ini dinilai cocok untuk diberikan pada burung peliharaan, khususnya burung pemakan serangga. Sebab, pada tahu putih ini dibuat tanpa zat pewarna tambahan, jadi sangat aman dikonsumsi oleh burung. Manfaat tahu putih untuk burung kicauan juga banyak.


style.tribunnews.com

Tahu yang dibuat dengan bahan dasar berupa kedelai ini memiliki banyak kandungan protein tetapi rendah kalori. Seperti yang telah kita ketahui bersama, jika pakan-pakan kering berupa voer burung dan ayam ini juga terdapat kandungan bahan berupa kedelai. Maka dari itu, tahu yang juga terbuat dari kedelai ini baik untuk dikonsumsi burung peliharaan di rumah.

Sebenarnya, pemanfaatan tahu putih untuk binatang peliharaan ini sudah lama dilakukan. Tak haya pada burung, tahu putih juga dapat diberikan pada ikan hias maupun ternak unggas dan lainnya. Untuk sekarang ini, tahu putih sudah banyak digunakan oleh kicau mania untuk membantu menambah asupan gizi pada burung kicauan yang anda pelihara di rumah.

Manfaat Tahu Putih untuk Burung Kicauan

Sebenarnya, penggunaan tahu untuk burung sebenarnya sudah lama. Sebab, tahu putih memang sangat baik jika diberikan pada burung. Biasanya tahu putih ini sering diberikan pada burung-burung besar seperti cendet, jalak kebo, dan yang lain sebagainya. Namun, untuk sekarang ini tahu juga sudah bisa diberikan pada burung-burung kecil seperti ciblek, pleci, gelati, dan masih bayak lagi jenis burung yang lainnya.

Tahu yang diberikan untuk burung memiliki banyak sekali kelebihan seperti menjaga kesehatan burung supaya selalu fit. Manfaat tahu putih untuk burung kicauan juga bisa untuk menjaga stamina burung sehingga bisa selalu prima. Perlu ada ketahui, jika tahu juga dapat dijadikan pakan untuk diet bagi burung-burung yang mengalami kegemukan. Sebab, dapat menurunkan berat badan burung.

Burung yang diberikan tahu juga bulu-bulunya bisa menjadi lebih kuat. Hal ini disebabkan karena terdapatnya kandungan tahu uyag menjadikanya memiliki manfaat baik untuk pertumbuhan serta bisa memperkuat bulu-bulu burung.

Sebelum anda semua mencoba memberikan tahu ini pada burung kicauan, pastikan anda memilih tahu putih yang keadaannya masih segar atau dalam kondisi yang bagus. Tahu yang kondisinya sudah basi atau kurang segar sebaiknya jangan diberikan pada burung. Karena dikhawatirka tahu tersebut sudah terkontaminasi oleh berbagai macam mikroorganisme. Yang mana sangat membahayakan kesehatan burung.

Cara Pemberian Tahu pada Burung

pinterest.com.mx

Sedangkan untuk cara pemberian tahu pada burung berkicau yaitu dengan diberikan langsung pada burung. Caranya yaitu dengan potong tahu menjadi beberapa bagian kecil. Setelah itu taruh dalam cepuk. Untuk lagkah ini dinilai lebih efektif. Sebab, tahu sudah dapat dimakan secara langsung oleh burung.

Sedangkan apabila burung anda tidak mau memakan tahu tersebut, tahu putih ini dapat anda berikan pada jangkrik atau ulat. Maka dari itu, sebelum jangkrik atau ulat ini diberikan pada burung, anda bisa memberikan pakan berupa tahu terlebih dahulu setidaknya selama semalaman.

Kemudian saat pagi harinya, anda sudah dapat memberikannya pada burung yang anda pelihara tersebut. Walaupun dirasa kurang efektif karena tidak bisa dimakan secara langsung oleh burung, namun cara ini tergolong praktis.

Tahu juga bisa diberikan pada burung dengan cara dijadikan sebagai bahan campuran olahan pakan. Akan tetapi untuk cara ini hanya dianjurkan apabila burung benar-benar tidak mau pada potongan tahu yang anda berikan

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar