Manfaat Daun Sirih Untuk Burung Kicauan dan Cara Menggunakannya

Burung kicauan yag dipelihara pastinya memerlukan perawatan agar performanya tetap bagus. Selain itu jika dirawat dengan baik pastinya burung kicauan yang anda pelihara bisa jauh dari gagguan penyakit. Pemanfaatan tanaman alami untuk burung kicauan sangatlah diperlukan. Salah satunya adalah pemanfaatan tanaman daun sirih. Manfaat daun sirih untuk burung kicauan cukup banyak.

Telah kita ketahui bersama jika penyakit pada burung banyak di sebabkan oleh virus,bakteri dan jamur. Semua virus dan bakteri itu pasti ada di sekitar sangkar apabila kita jarang menjaga pola kebersihan sangkar pada burung tersebut.

arenahewan.com

Penyakit pada burung yang sering di alami karena gagguan tersebut yaitu kutuan, kaki bubulan serta suara serak. Dari 3 penyakit tersebut apabila dibiarkan tanpa ada penanganan maka akan memiliki dampak yang buruk untuk burung kita ke depannya.

Burung yang terkena kutu biasanya malas mau berkicau,kesehariannya burung selalu sibuk menggaruk-garuk badannya sehingga mengakibatkan bulu rusak dan rontok bukan pada waktunya.burung yang terjangkit kutu juga merusak penampilannya,sehingga tidak sedap di pandang mata.

Manfaat Daun Sirih Untuk Burung Kicauan

Bayak sekali manfaat daun sirih untuk burung peliharaan anda yang bisa anda peroleh. Diataranya yaitu untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit yang sering menyerang pada burung kicauan.

1. Menyembuhkan Burung Kutuan

Untuk mengobati burung kicauan yang terkena kutuan ada bisa merebus 3 lembar daun sirih dengan 3 gelas air bersih selama5 menit. Setelah itu tuangkan air rebusan sirih pada sepray atau semprotan untuk memandikan burung dua kali sehari.

Selain disemprotka pada tubuh burung, sebaiknya anda menyemprotka pada bagian sangkarnya agar kuman dan bakterinya bisa mati dan hilang. Rebusan air daun sirih ini tidak membahayakan apabila tertela oleh burung.

Anda bisa melakukan dengan rutin supaya burung yang anda pelihara bisa terhindar dari kutu serta menjadika bulu burung tumbuh dengan bagus kembali. Apabila anda menggunakan keramba untuk memandikan burung, sebaiknya jumlah air da daun sirih dibuat seimbang.

2. Menyembuhkan Kaki Burung Bubulan

Manfaat daun sirih untuk burung kicauan bisa menyembuhka kakai bubulan. Untuk mengobatinya bisa anda lakukan dengan cara merebus 6 lembar daun sirih dengan satu gelas air dan sisakan satu gelas saja.

Tuangka pada wadah, setelah itu campurkan setengah sendok garam beryodium dan aduk sampai larut seutuhnya. Diamkan sampai terasa hangat. Anda bisa mencuci kaki burung yang bubulan tersebut dengan air rebusan daun sirih selagi masih hangat.

Pada saat masih proses penyembuhan ini, sebaiknya tangkringan dalam sangkar kalian cuci bersih setiap hari serta diganti satu minggu sekali. Kelembapan sangkar sebaiknya juga di jaga. Setiap hari sangkar selalu, jemurlah pada terik matahari langsung supaya bisa tetap kering.

3. Penyembuhan Suara Serak Pada Burung

Untuk mendapatka manfaat daun sirih untuk burung yang sedang mengalami suara serak, sebaiknya anda siapkan 4 lembar daun sirih, jahe sebesar ibu jari. Selain itu tambahkan 1 lembar daun mengkudu yang masih muda cuci bersih.

Rebus menggunakan 2 gelas air bersih dengan besar api sedang. Lalu rebus bahan tersebut . cukup 10 menit saja. Apabila telah selesai anda bisa tuangkan pada wadah dan diamkan sampai dingin.

bebeja.com

Untuk cara pemberian dalam burung suara serak usahakan menggunaka inisiatif supaya burung senantiasa bisa meminumnya. Misalnya saja pada saat burung lagi di jemur, satu jam sebelum burung akan di gantang dalam ruangan air minum dalam sangkar anda ambil terlebih dahulu.

Apabila burung merasa haus selajutnya bisa anda berikan air rebusan ramuan ini.
Perlu di ingat untuk inisiatif ini perlu anda amati supaya burung tidak merasa dehidrasi.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar