Makanan Terbaik untuk love bird

Burung love bird tidak hanya cantik dipandang tetapi kicauannya juga enak untuk dinikmati. Bahkan beberapa waktu terakhir ini kicauannya menjadi salah satu penilaian penting saat kontes. Semakin panjang suara kicaunya, maka burung tersebut semakin berpotensi menjadi juara.

Untuk mendapatkan burung love bird yang kicauannya bagus dan panjang serta memiliki warna bulu yang bagus, diperlukan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizinya. Makanan yang diberikan pada burung love bird muda juga harus dibedakan dengan yang sudah dewasa agar penyerapan makanannya dapat berlangsung sempurna. Berikut tips memberikan makanan terbaik untuk burung love bird:

Makanan harian untuk burung love bird muda

Source - chiikal47
Source – chiikal47

Burung  love bird sebaiknya diberik makanan yang bergizi sejak masih muda atau anakan. Burung yang sejak kecil terawat makanannya akan menghasilkan suara ngekek yang lebih bagus dan bulu yang lebih indah daripada burung love bird dewasa yang diberikan extra fooding.

Bagi Anda yang memelihara burung love bird anakan, maka Anda dapat memberinya makanan terbaik berupa milet putih yang dicampur beberapa bahan sebagai makanan sehari-hari, seperti gabah beras merah dan biji kenari dengan perbandingan 5:2:1.

  • Milet putih

Milet putih sangat baik bagi kesehatan burung love bird karena mengandung nutrisi yang dapat mencegah penyakit snot atau penyakit mata yang sering menyerang burung jenis ini. Namun pemberian milet putih juga tidak boleh terlalu banyak karena mengandung karbohidrat dalam jumlah tinggi. Jika terlalu banyak burung dapat menjadi gendut. Hal ini kurang baik untuk burung  love bird yang diikutkan kontes.

  • Gabah beras merah

Gabah beras merah mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin B2, vitamin C, dan Vitamin E. Kandungan vitamin yang bervariasi inilah yang dapat membantu burung love bird anakan lebih mudah pecah kicauannya dan burung dewasa menjadi lebih keras dan lama.

  • Biji kenari

Biji kenari sangat baik untuk pertumbuhan burung love bird karena mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Biji kenari bermanfaat untuk meningkatkan stamina, memperindah kicauan, dan merangsang burung agar gacor.

Biji kenari yang baik untuk pakan burung love bird adalah biji yang sudah tua. Ciri-cirinya yaitu memiliki warna kuning mengilat, bersih, kering, dan tidak berbau.

Sesekali Anda juga bisa memberikan makanan selingan untuk burung love bird anakan, seperti jagung muda dan cacahan kangkung. Untuk frekuensinya, bisa satu hingga dua kali dalam seminggu.

Makanan untuk burung love bird dewasa

Source - pixabay
Source – pixabay

Saat burung love bird telah dewasa, selain makanan harian yang bergizi, burung ini juga membutuhkan extra fooding agar dapat tampil prima dan menjadi juara. Untuk makanan sehari-hari, Anda dapat memberinya milet putih, milet merah, dan biji kenari dengan perbandingan 2:2:1.

Untuk makanan ekstra, Anda dapat memberinya beberapa jenis makanan berikut ini:

  • Jagung Manis

Jagung manis dapat digunakan sebagai makanan ekstra pada burung love bird karena mengandung vitamin C, B, karoten, crypthoxantin, asam folat dan berbagai nutrisi lainnya. Makanan ini berfungsi untuk memperkuat otot, menjaga kesehatan mata, dan meningkatkan imunitas burung.

  • Biji bunga matahari (kwaci)

Biji bunga matahari mengandung banyak zat bergizi, asam lemak omega-6 salah satunya. Zat ini bermanfaat untuk menjaga kenormalan organ tubuh, mempercepat bertelur, dan meningkatkan frekuensi berkicau.

  • Sawi dan wortel

Anda tentu ingin memiliki burung love bird yang tidak hanya jago berkicau tetapi juga memiliki bulu yang bagus dan berkilau. Untuk mempercantik bulu burung love bird, Anda dapat memberinya makanan ekstra berupa sawi dan wortel.

Demikian beberapa jenis makanan terbaik untuk burung love bird. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar