Ketahui Racikan Manfaat Jahe Untuk Burung Lovebird

Jahe adalah salah satu jenis tanaman rimpang yang menjalar dibawah permukaan tanah. Tanaman jahe bisa menghasilkan akar baru dan tunas dari ruasnya. Jahe adalah jenis makanan akar dengan rasa pedas dan hangat. Ternyata manfaat jahe bukan hanya bisa dirasakan oleh manusia, tapi ada juga manfaat jahe untuk burung lovebird.

Lantas apa manfaat jahe untuk burung lovebird itu? Banyak manfaat yang bisa didapatkan tetapi yang paling utama adalah untuk menghilangkan serak dan juga menjernihkan suara burung lovebird. Dengan begitu, lovebird yang macet bunyi dapat kembali gacor.

Manfaat Jahe Untuk Burung Lovebird


Arah.Com

Berikut ini adalah berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan dari jahe yang sangat berguna bagi kesehatan burung lovebird. Apa saja itu? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Mencegah Regurgitasi Lovebird Saat Perjalanan Jauh

Lovebird yang mempunyai paruh bengkok sering mengalami mabuk atau regurgitasi saat dibawa perjalanan jauh. Lovebird mengalami mabuk karena goncangan, masuk angin dan perut kembung.

Dengan memberikan beberapa potong jahe, ternyata bisa membantu mengurangi regurgitasi kepada burung paruh bengkok seperti lovebird saat dibawa perjalanan jauh.

Mengatasi Serak Pada Lovebird

Di dalam tanaman jahe terkandung gingerol, zingiberol, kurkumen, resin pahit, minyak atsiri zingiberen dan bisabolena. Dengan berbagai macam manfaat, jahe bisa digunakan untuk burung lovebird sebagai penghilang serak.

Dengan demikian, lovebird yang serak bisa diatasi dengan menggunakan jahe karena jahe bisa mengencerkan dahak lalu membuat suara lovebird menjadi normal kembali.

Cara pemberian jamu untuk burung lovebird dari jahe ini bisa dilakukan dengan cara di geprek kemudian direbus hingga airnya mendidih. Jika sudah mendidih, bisa ditambah dengan madu murni dan perasan jeruk nipis.

Jika air rebusan tadi sudah dingin, anda bisa memberikannya pada burung lovebird. Waktu pemberian jahe bisa dilakukan dua kali seminggu dengan jarak yaitu 3 hari sekali. Dengan begitu, suara lovebird yang serak kembali normal.

Sebagai Tambahan Pakan


arenahewan.com

Bukan cuma bermanfaat sebagai jamu tradisional saja. Ternyata jahe juga bisa dipakai untuk tambahan pakan lovebird. Jahe memiliki kandungan gizi yang bisa menyehatkan tubuh burung lovebird.

Untuk pembuatan pakan tambahan dari bahan berupa jahe ini sangat mudah. Cukup haluskan jahe hingga menjadi serbuk. Jika sudah halus, campur jahe ke dalam pakan burung lovebird.

Tetapi ada satu hal yang harus diingat, bahwasanya ketika mencampur serbuk jahe ke dalam pakan lovebird harus dalam kondisi kering. Anda bisa mengeringkan serbuk jahe dengan menjemurnya di bawah sinar matahari atau bisa juga dengan cara disangrai supaya kering merata.

Satu lagi yang harus diperhatikan, bahwa ketika memberikan pakan yang sudah bercampur serbuk jahe tidak boleh setiap hari. Sebaiknya berikan sekali saja, bisa di akhir pekan ketika lovebird akan menjalani latberan atau lomba.

Menghangatkan Tubuh Lovebird

Ketika musim penghujan atau musim dingin sudah tiba. Tentu saja hal ini bisa mempengaruhi kondisi kesehatan burung lovebird peliharaan anda.

Jangan sampai burung lovebird kesayangan sakit karena kedinginan. Anda bisa mengembalikan stamina nya dengan cara menghangatkan tubuhnya dengan menggunakan jahe.

Saat anda menggunakan jahe untuk pakannya, lovebird tidak merasa kedinginan serta bisa juga mencegah dari berbagai penyakit.

Dengan mengambil manfaat jahe untuk burung lovebird, maka anda bisa selalu menjaga kesehatan lovebird kesayangan anda secara alami. Dengan pemberian secara teratur dan porsi atau takaran yang tepat. Maka kesehatan lovebird peliharaan anda akan senantiasa terjaga. Lovebird pun bebas dari penyakit dan staminanya selalu terjaga.

Update Info Terbaru