Kenali Penyebab Burung Lovebird Tidur Terus dan Cara Mengatasinya

Bagi anda penggemar burung lovebird, kenali penyebab burung lovebird tidur terus. Pada umumnya burung lovebird yang sehat akan terlihat lincah.

Selain itu, juga memiliki suara yang lantang. Namun, jika burung yang anda pelihara terlihat sering mengantuk, maka perlu perhatian khusus.

Daftar Harga Burung Terbaru. Jalak Bali Anakan 3jt Per Pasang, Update 01 Mei 2021.

Pemesanan Ring Burung. Diskon hingga 500 per biji, harga mulai 1500 per biji.

Burung yang sering tidur adalah salah satu jenis penyakit burung yang sering menyerang lovebird. Musim hujan juga berpengaruh pada kesehatan burung.

Hal ini dipacu karena cuacanya yang dingin membuat burung malas untuk melakukan aktivitas.

Kenali Penyebab Burung Lovebird Tidur Terus dan Cara Mengatasinya
kacer.co.id

Penyebab Burung Lovebird Tidur Terus

Jika burung lovebird terlihat lesu dan ngantukan, maka perlu segera ditangani. Biasanya burung lovebird di siang hari sering berdiam diri di pojok sangkar atau tangkringannya.

Coba tangani burung tersebut dengan cek kondisinya apakah dadanya nyilet atau tidak. Namun, pada umumnya burung lovebird yang sering tidur cenderung nyilet. Hal ini berarti burung lovebird kurus. Bulu yang dimiliki pun tidak halus.

Keadaan nyilet biasanya terjadi karena burung kekurangan asupan gizi. Selain itu, kemungkinan besar terjadi permasalahan pada sistem pencernaan burung.

Penyebab Lovebird Tidur Terus dan Cara Mengatasinya

Melihat burung lovebird terlihat tidur terus pastinya membuat khawatir. Apalagi hal ini terjadi saat burung akan dilombakan.

Dengan mengetahui kondisi burung secara cepat membuat pengobatannya pun lebih tepat. Jika burung sudah terlihat sering tidur, kemungkinan besar burung sakit.

Sebab, burung sakit tentu terlihat kurang aktif, jarang berbunyi, dan tidak nafsu makan. Gunakan cara penanganan yang tepat agar burung lovebird bisa segera sembuh. Atasi burung lovebird sering tidur dengan cara berikut ini:

Berikan Vitamin

Lovebird merupakan jenis burung kicauan yang banyak dilombakan. Oleh karena itu, jika burung tidur terus akan berakibat buruk.

Atasi masalah ini dengan pemberian vitamin. Sebagai contoh berikan vitamin lovebird yang banyak dijual ditoko burung.

Biasanya vitamin tersebut dicampur dengan minumannya. Dengan suplemen atau vitamin bisa mengatasi lovebird yang lesu dan tidur terus.

Berikan Makanan Tambahan

Cara mengobati lovebird yang tidur terus selanjutnya yaitu berikan makanan tambahan. Anda bisa berikan makanan suplemen yang mampu menggemukkan lovebird. Jagung adalah salah satunya. Jika tidak bisa berikan tauge atau kuaci seminggu dua kali.

Ganti Air Minum Setiap Hari

Cara selanjutnya yaitu mengganti air minum lovebird setiap hari. Jika air minum tidak diganti justru berakibat datangnya penyakit. Mengganti air minum dengan rutin ikut menjaga kesehatan lovebird.

Jemur Lovebird

Selain beberapa cara di atas, menjemur burung lovebird juga cara yang ampuh. Di pagi hari jemur burung tersebut pada pukul 8 hingga 9.30 pagi.

Sebelum dijemur, sebaiknya mandikan lovebird lebih dulu. Jangan sampai lovebird basah kuyup.

Setelah selesai dijemur, masukkan kembali lovebird ke dalam rumah. Lakukan hal ini secara rutin satu atau dua minggu.

Bersihkan Sangkar Burung

Membersihkan sangkar burung lovebird juga menjadi faktor penting. Cara ini dapat mengatasi burung lovebird tidur terus.

Jika sangkar tidak bersih, maka bakteri mudah datang. Burung lovebird yang terserang bakteri akan menjadi penyakit.

Sangkar yang kotor juga membuat burung kurang nyaman. Bersihkan sangkar burung lovebird secara rutin. Agar burung tetap sehat dan tidak banyak tidur.

Kenali penyebab burung lovebird tidur terus untuk menjaga kesehatannya. Jika burung lovebird sudah terserang, maka tangani dengan cepat.

Berikan asupan gizi dan suplemen. Selain itu, jaga kesehatannya dengan membersihkan sangkar dan memandikan burung. Jika penanganannya tidak cepat bisa berakibat burung mati.