Jenis Pakan Murai Batu Agar Ngeplong dan Cepat Gacor

Murai batu adalah salah satu jenis burung kicauan yang memiliki kelebihan yaitu sangat cerdas di dalam menirukan suara masteran. Keunggulan burung murai batu ini juga tak lepas dari pemberian pakan burung burai batu agar ngeplong.

Burung murai batu (Copsychus malabaricus) ini ternyata juga memiliki keunggulan dari suara gacoran yang lantang (ngeplong) yang bisa sangat mengagumkan pemiliknya.

Agar burung murai batu peliharaan anda bisa memiliki suara yang ngeplong dengan banyak variasi, tentunya harus melakukan beberapa cara yang khusus.

Terutama, anda juga harus bisa memperhatikan setelan pakan di setiap harinya. Hal ini juga menjadi kunci utama yang juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan anda memelihara burung.

Jika perawatan dan makanan murai harian telah diberikan dengan baik, benar, teratur, rutin, konsisten serta sesuai dengan karakter burung. Dengan demikian, hasilnya juga akan semakin memuaskan.

Apabila hal itubtidak diperhatikan oleh pemeliharanya, maka tidak menutup kemungkinan jika penampilan burung tersebut bisa cenderung tidak ada peningkatan.

Pakan Murai Batu Agar Ngeplong dan Cepat Gacor

Pakan Murai Batu Agar Ngeplong
burungnya.com

Perawatan dasar burung murai batu sebenarnya sama halnya dengan perawatan harian yang dilakukan oleh pecinta burung kicauan pada umumnya. Perawatan yang dilakukan antara lain seperti rutin memandikan pada saat pagi dan sore hari.

Selanjutnya, anda bisa menjemur burung peliharaan anda dengan selalu menjaga kebersihan kandang dan setelan tambahan lainnya, antara lain seperti pemasteran.

Kemudian untuk pakan murai batu agar ngeplong sendiri, sesungguhnya juga tidakperlu repot-repot. Anda dapat memberikan berbagai macam jenis pakan yang memiliki asupan bernutrisi tinggi.

Makanan tambahan tersebut antara lain yaitu berupa aneka serangga kecil, kroto, ulat, cacing tanah, ikan kecil, dan pakan buatan yang berupa voer.

Jangkrik

Jangkrik adalah salah satu jenis pakan murai batu agar ngeplong yang paling utama sekaligus juga termasuk jenis pakan alami ketika burung tersebut masih berada di alam bebas.

Di dalamserangga jangkrik ini memiliki kandungan nutrisi yang begitu diperlukan oleh burung, seperti halnya protein. Supaya burung lebih sehat dan gacor, maka ada baiknya jika terus memenuhi kebutuhan protein-nya dengan memberikan jangkrik setiap harinya secara rutin.

Akan tetapi, dalam pemberiannya sebaiknya anda jangan berlebihan, sebab burung murai batu jadi cepat birahi serta mempunyai dampak negatif lainnya.

Untuk pemberian jangkrik, anda bisa memberikannya dengan menyisihkan atau memotong bagian-bagian yang sulit untuk dicerna oleh burung murai batu. Sebaiknya anda juga memotong beberapa bagian yang sebaiknya dipotong lebih dulu.

Antara lain yaitu pada bagian kepala, kaki serta pada bagian bulu atau sayap jangkrik. Sebab bagaian tersebut keras dan sulit untuk dicerna. Kemudian bagian tersebut juga bisa jadi melukai tenggorokan burung apabila tetap dikonsumsi.

Belalang

Belalang Pakan Murai Batu
berkicau.blogspot.com

Pakan murai batu agar ngelong selanjutnya yaitu belalang. Pada serangga seperti belalang ini juga mengandung kadar protein yang sangat berperan untuk tumbuh kembang burung.

Tak hanya itu saja, serangga berupa belalang ini juga dinilai memiliki kandungan protein lebih tinggi dari pada dengan serangga seperti jangkrik. Akan tetapi, anda juga harus tau jika tidak semua jenis belalang bisa diberikan.

Orong-orong

Pakan murai batu agar ngeplong selanjutnya yaitu orong orong. Perlu anda ketahui, jika di dalam orong orong ini terdapat kandungan protein tinggi yang sangat baik untuk kesehatan burung murai batu anda.

Sebelum membeikan kepada burung murai batu, sebaiknya anda memotong bagian kepala orong-orong tersebut. Sebab, di bagian kepala serangga ini sangat keras dan ada gerigi yang bisa melukai tenggorokan burung murai batu jika ditelannya.

Tinggalkan Komentar