Jenis Makanan untuk Burung Ciblek Anakan Yang Perlu Anda Tahu

Sebagian para kicaumania yang memelihara burung ciblek biasanya akan memeliharanya saat usianya masih anakan atau masih piyik. Namun, tentu saja burung ciblek anakan tersebut masih membutuhkan bantuan anda untuk makan serta bertahan hidup. Anda juga harus mengerti jenis makanan untuk burung ciblek anakan.

youtube.com

Sebenarnya, burung ciblek yang umurnya sudah akan dewasa masih bisa kita rawat supaya bisa menjadi jinak sera gacor. Akan tetapi, tidak secepat rawatan yang dari anakan. Jika anda semuanya sudah memperoleh anakan burung ciblek itu dan telah sesuai dengan kriteria, perhatikan makanannya. Tujuannya supaya burung peliharaan anda bisa menjadi gacor.

Jenis Makanan Untuk Burung Ciblek Anakan

Burung ciblek yang masih anakan pastinya masih membutuhkan jenis makanan yang diracik khusus. Anda semua juga dapat memberikan makan burung ciblek anakan dengan beras padi yang telah di tumbuk sedikit halus. Susedah itu bisa di campur dengan kroto maupun jangkrik.

1. Pakan yang Lunak

Untuk anda semua yang memiliki burung Ciblek masih dalam anakan atau memang sedang menangkarkan burung ini, berilah pakan yang lunak dan juga mudah dicerna.

Burung Ciblek piyik hasil penangkaran telah dapat dipisah dari burung indukannya pada saat telah berumur 10 hari. Sesudah usia ini, anda bisa meracik pakan lembutnya sendiri dan memberikannya pada anakan burung.

2. Dicampur dengan Voer

Makanan untuk burung Ciblek anakan yang lunak ini diperoleh dengan cara mencampurkan voer dengan menggunakan air hangat. Sesudah itu lumatkan voer sampai menjadi bubur atau adonan halus. Anda semua juga dapat memberikan pakan ini dengan cara dilolohkan pada piyik yang lapar. Yaitu pada saat membuka mulutnya lebar lebar.

Untuk frekuensi pemberian pakan untuk ciblek anakan ini sendiri, anda dapat melakukan pelolohan 1 hingga 2 jam sekali supaya perkembangan burung bisa menjadi pesat.

Dan sesudah seminggu selanjutnya, secara bertahap anda dapat mengurangi frekuensi terhadap pelolohan menjadi lebih jarang. Dan pada waktu piyik telah mencapai usia muda, sebaiknya anda memperkenalkannya dengan berbagai macam pakan yang baru. Diantaranya seperti telur kroto dari semut rangrang.

3. Berikan dalam Keadaan Segar

dictio.id

Pastikan untuk memberikan makanan untuk burung Ciblek anakan ini saat masih dalam keadaan yang masih segar. Pemberian makanan ini bisa dilakukan dengan menempatkannya pada wadah yang terpisah. Selain itu juga dicampurkan dengan voer yang dilumatkan dalam air hangat tersebut.

4. Memberikan bubur

Bubur untuk lolohan anakan burung yang bisa anda berikan yaitu yang memiliki tekstur super halus tidak ngendap di tembolok burung. Cukup meloloh 3sd 4x sehari sesuai dengan usia anakan burung ciblek.

5. Cerelac

Cerelac merupakan jenis makanan bayi yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain diberikan untuk bayi, cerelac juga bisa dijadikan sebagai makanan untuk burung ciblek anakan.

Anda bisa menggunakan bubur bayi cerelac ini sedikit sedikit saja. Pakailah hanya sebagai campuran, tambahan maupun penyedap adonan pakan lolohan baby ciblek anda. Langkahnya juga mudah sekali. Yaitu anda tinggal mencampurkan bubur cerelac ini misal 1 sendok kecil dalam adonan pakan lolohan burung ciblek anda.

Perlu anda ketahui jika sifat bubur bayi cerelac ini mengembang. Maka dari itu, pakailah air panas dalam meyeduh pakan lolohan anakan burung ciblek anda. Selanjutnya aduk terus sampai benar-benar merata. Anda bisa menunggu sampai agak dingin dan tinggal berikan pada baby ciblek anda.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar