Home » Kabar Burung » Jenis Burung Kicau Paling Populer di Pulau Jawa yang Banyak Dipelihara

Jenis Burung Kicau Paling Populer di Pulau Jawa yang Banyak Dipelihara

Banyak sekali jenis burung yang tersebar di seluruh pulau di Indonesia. Berbagai macam jenis burung yang ada ini tersebar mulai dari Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi. Selain itu banyak juga burung yang tersebar di Maluku, Papua, Nusa Tenggara, Bali, sampai dengan di pulau Jawa. Seluruh burung yang ditemukan di sana ini mempunyai keunikan masing-masing.

Dari berbagai macam jenis burung tersebut, yang akan dibahas kali ini adalah jenis burung kicau paling populer di Pulau Jawa. Sebab, sama halnya dengan di wilayah lainnya, Pulau jawa juga memiliki banyak sekali jenis burung kicauan dengan membawa keunggualan di tiap-tiap jenisnya.

Jenis Burung Kicau Paling Populer di Pulau Jawa

kicaumania.net

Berikut ini adalah jenis burung kicau paling populer di Pulau Jawa yang sudah banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan yang ada di Indonesia.

Burung Jalak

Berbagai macam jenis burung Jalak banyak sekali terdapat di Indonesia. Untuk jenis-jenis burung Jalak ini menjadi semakin banyak sebab masyarakat yang ada di Indonesia gemar sekali untuk membudidayakannya.

Mereka pun juga gemar sekali untuk membudidayakan burung Jalak. Sebab untuk jenis burung tersebut terkenal pandai berkicau serta mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.

Untuk negara Indonesia sendiri, paling tidak memiliki enam jenis burung Jalak. Sedangkan untuk jenis burung Jalak yang bisa dijumpai di Indonesia diantaranya yaitu burung Jalak Suren atau Uren.

Selain itu juga ada burung Jalak Hitam, burung Jalak Putih maupun burung Jalak Bodas, burung Jalak Nias atau Kerak Ungu, burung Jalak Thailand atau Jalak Hong Kong, dan ada juga jenis burung Jalak Bali. Burung Jalak ini memang menjadi jenis burung kicau paling populer di Pulau Jawa.

Burung Pleci

kabartani.com

Sudah anda ketahui jika burung Pleci terdiri atas beberapa jenis. Meski jika dilihat sekilas tampak sama dengan ciri khas kaca mata putihnya, ternyata burung Pleci juga mempunyai berbagai macam spesie. Jadi, sama halnya dengan burung-burung kicau yang lainnya.

Burung Pleci ini ternyata juga begitu diminati di Indonesia. Sebab hurung ini memiliki suara yang nyaring dan juga bisa meniru suara burung lainnya.

Perlu anda tahu, jika untuk burung Pleci ini Indonesia memiliki tujuh jenis. Antara lain yaitu Pleci Mata Coklat, Pleci Mata Putih. Kemudian masih ada lagi jenis Pleci Auriventer, Pleci Montanus. Tak kalah unik juga ada jenis burung Pleci Black Capped, Pleci Buxtoni, dan juga Pleci Salvadori Enggano.

Burung Perkutut

Burung Perkutut ini juga merupakan jenis burung yang banyak digemari di Pulau Jawa. Burung Perkutut ini banyak yang menilai dan menganggap jika burung ini bisa mendatangkan rezeki.

Selain itu juga bisa menjaga ketentraman rumah tangga. Bahkan, burung ini juga dinilai untuk menaikkan wibawa pada pangkat maupun kedudukan tertentu. Walaupun untuk hal tersebut belum dibuktikan secara ilmiah, namun untuk para pecinta burung Perkutut percaya, bahwa Perkutut memang dinilai memiliki kemampuan yang seperti itu.

Pada burung Perkutut, juga dikenal katuranggan yang bisa diartikan sebagai ciri mathi atau ciri bentuk badan tertentu yang dapat mempengaruhi (baik dan buruk) dari pemeliharanya.

Selain itu, burung Perkutut jika dipelihara dengan baik dan benar bisa menghasilkan kicauanyang merdu. Sehingga bisa menjadikan pemiliknya merasa bangga.

Burung Cendet

Banyak para pecinta burung kicauan di Pulau Jawa yang memilihara jenis burung kicaua yang memiliki karakter petarung ini. Burung Cendet memiliki kemampuan berkicau yang merdu. Selain itu juga mampu menirukan suara burng yang lainnya.

Tinggalkan Komentar