Cara Merawat Burung Kacer Lokal Hitam Agar Bisa Gacor

Salah satu jenis burung kicauan yang memiliki suara kicauan yang bagus yaitu burung kacer lokal. Burung kacer hitam yang ada di Indonesia ini sendiri lebih di kenal dengan sebutan kacer jawa atau kacer lokal.

Untuk jenis burung kacer jawa atau yang juga disebut dengan kacer lokal ini memiliki nama dalam bahas ilmiah yakni Copsychus sechellarum.

Untuk jenis burung yang berikut ini memang masih dalam satu keluarga dengan jenis Muscicapidae. Selain itu juga termasuk salah satu kerabat dekat dari burung kacer seperti halnya burung murai batu.

Sebab, seluruh jenis murai batu seperti halnya burung murai batu aceh, murai batu medak, murai batu borneo / kalimantan. Kemudian juga burung murai batu nias, murai batu lampung, murai batu air kesemuanya merupakan kerabat terdekat dari burung kacer ini.

Maka dari itu, kualitas kicauannya sudah tidak bisa diragukan lagi. Akan tetapi, untuk mendapatkan kualitas kicauan pastinya harus dilakukan perawatan dengan sebaik mungkin.

Cara Merawat Burung Kacer Lokal Hitam

hbw.com

Burung kacer lokal hitam termasuk salah satu jenis burung pemakan serangga. Walaupun di dalam pemeliharaan burung ini bisa diberi Voer. Akan tetapi, pada kenyataannya burung ini juga tidak bisa lepas begitu saja dari memakan aneka ragam serangga.

Cara merawat burung kacer lokal hitam ini harus bisa rutin anda berikan serangga. Sedangkan untuk jumlah serangga yang bisa diberikan disesuaikan dengan kemampuan burung masing-masing.

Akan tetapi, dalam sehari rata-rata burung ini bisa makan serangga seperti jangkrik segar antara 10 sampai dengan 15 ekor.

Jika di kombinasikan dengan pemberian makanan yang berupa voer, maka untuk jumlah tersebut bisa dikurangi menjadi sekitar 7 ekor jangkrik di setiap harinya.

Cara merawat burung kacer lokal hitam jika untuk merangsang supaya burung cepat berkicau maka kita bisa memberi telur semut rang-rang. Sedangkan untuk jumlah kroto yang bisa kita berikan kurang lebih sekitar 1 sendok di setiap harinya.

Bahkan sudah banyak juga burung kacer yang menjuarai lomba dengan pemberian makan yang baik dan benar. Untuk pemberian makanan di setiap harinya yaitu dengan cara memberi full kroto.

Dan untuk model perawatan ini memang tujunnya untuk memanjakan burung, akan tetapi jika dari segi ekonomi pastinya dinilai boros, terlebih lagi harga kroto yang semakin lama menjadi terus melejit.

Pemandian

Cara merawat burung kacer lokal hitam ini juga harus memperhatikan masalah mandinya. Dalam kesehariannya, burung kacer juga suka sekali bermain dengan air.

Dengan demikian, pada saat dalam perawatan pun kita tidak dapat mengabaikan pemandian. Sedangkan untuk cara memandikan yang tepat yaitu dengan memasukkan burung ke dalam keramba maupun memasukkannya ke dalam bak mandi.


Penjemuran Burung Kacer Lokal Hitam

flickr.com

Penjemuran burung kacer bisa anda lakukan dari jam 8 pagi hingga jam 10 siang. Sebab, untuk burung ini juga merupakan burung yang menyukai panas. Jika memperoleh panas matahari yang cukup, burung kacer ini bisa menjadi rajin berkicau. Maka dari itu, proses penjemuran yang tepat bisa menjadikan burung menjadi semakin sehat.

Dan ketika sore hari, sesudah burung diberi makan serta di angin-anginkan, selanjutnya di kerodong dan setelah itu di taruh ditempat yang dirasa aman.

Dalam memancing kicauan yang merdu dserta variatif, senaiknya burung kacer dapat dimasteri dengan berbagai jenis kicauan. Diantaranya seperti suara burung kenari, cucak jenggot, dan suara burung tledekan.

Tinggalkan Komentar