Inilah Cara Perawatan Burung Cucakrawa Agar Tidak Mudah Sakit

Perawatan burung Cucakrawa agar tidak mudah sakit sebaiknya selalu diperhatikan. Tujuannya supaya kondisi fisik burung tersebut tidak mudah terserang penyakit. Tak hanya itu saja, perawatan yang diberikan oleh pada burung Cucakrawa juga bisa membantu dalam proses penjinakannya.

Dengan perawatan yang baik juga bisa untuk melatih kicauannya supaya bisa memenangi kontes burung kicauan yang lainnya.

Perawatan Burung Cucakrawa Agar Tidak Mudah Sakit

Perawatan Burung Cucakrawa Agar Tidak Mudah Sakit
ilmubudidaya.com

Jika anda memelihara burung Cucakrawa, maka sebaiknya anda melakukan perawatan burung cucakwara agar tidak mudah sakit dengan baik dan benar seperti berikut ini.

Diberikan Pakan Buah yang Segar

Guna menjaga kesehatan burung Cucakrawa supaya tidak mudah terserang penyakit, maka anda bisa memberikannya buah-buahan yang segar. Sebaiknya burung Cucakrawa banyak diberikan buah-buahan yang segar. Tujuannya supaya menambah antibodi dalam tubuhnya yang mudah seklai terserang penyakit.

Tak hanya itu saja, pemberian buah-buahan bisa anda berikan dengan buah pisang dan pepaya. Sebab buah tersebut selain ada kandungan nutrisi gizi yang cukup tinggi juga punya tekstur daging buah yang lembut.

Dengan demikian bisa memudahkan burung Cucakrawa untuk menelannya. Pemberian buah-buahan ini sangat bermanfaat untuk burung yang sudah dirawat maupun tangkapan hutan. Tujuannya supaya burung Cucakrawa bakalan tidak mudah terserang penyakit karena pemindahan lokasi yang dirasa masih asing.

Berikan Pakan Hidup

Burung Cucakrawa
satwanesia.com

Perawatan burung Cucakrawa agar tidak mudah sakit bisa dilakukan dengan rajin memberikannya pakan hidup. Jenis pakan hidup yang bisa anda berikan adalah telur semut atau kroto, ulat, jangkrik, belalang, hingga daging ikan gopi.

Anda bisa memberikannya dengan dilakukan selang-seling atau berganti-ganti menunya di setiap harinya. Selain itu, pakan hidup yang dimakan oleh burung Cucakrawa banyak memiliki kandungan nutrisi.

Salah satunya yaitu protein, yang tujuannya bermanfaat untuk memproteksi fisiknya supaya bisa menjadi lebih sehat. Namun, yang perlu anda perhatikan yaitu bila memberikan pakan hidup pada burung Cucakrawa yang asalnya dari hasil tangkapan atau bakalan. Sebaiknya anda bisa memberikannya dengan rutin memberikan jangkrik ataupun belalang yang bisa menjadikan perut cepat kenyang.

Kemudian, juga bisa memberikan dengan memberikan kroto di waktu-waktu tertentu. Tujuannya supaya burung Cucakrawa bakalan bisa terbiasa dengan makanan barunya tersebut.

Jangan Dulu Dimandikan

Perawatan burung Cucakrawa agar tidak mudah sakit bisa dilakukan dengan tidak memandikan terlebih dulu. Namun ini dianjurkan untuk yang Cucakrawa bakalan atau yang berasal dari hasil tangkapan di hutan.

Sebab, dalam keadaan yang seperti ini, potensi terserang penyakit jauh lebih besar dari pada burung berasal dari budidaya atau tanggakaran.Burung yang bakalan juga masih butuh waktu dalam beradaptasi dengan lingkungan barunya yakni di sangkar.

Oleh sebab itu, Cucakrawa bakalan jangan dulu dimandikan supaya nafsu makannya tidak hilang dan kesehatan fisik serta mentalnya juga tetap terjaga. Jika burung Cucakrawa akan dimandikan, sebaiknya pastikan nafsu makannya sudah kembali dan gerakannya yang aktraktif di sangkar.

Pemberian Obat

Anda juga bisa memberikan obat untuk burung Cucakrawa peliharaan anda, baik itu yang bakalan maupun hasil tangkaran. Sebaiknya anda menanyakan jenis obat pada yang sudah berpengalaman agar tidak salah dalam pemberiannya.

Ini dimaksudkan agar obat yang diberikan kepada burung Cucakrawa bisa tepat jenisnya dan waktu pemberiannya juga bisa diketahui dengan benar. Dengan demikian, tidak memberikan efek negatif bagi kesehatan burung. Dengan melakukan perawatan burung Cucakrawa agar tidak mudah sakit, maka anda bisa berhasil memeliharanya.

Tinggalkan Komentar