Inilah Perbedaan Kolibri Kelapa Jantan dan Betina Terlengkap

Kolibri kelapa atau yang juga dikenal dengan sebutan kolibri manggar dan burung madu kelapa termasuk salah satu jenis burung yang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Jenis burung ini memiliki tampilan yang unik, baik itu kolibri kelapa jantan maupun betina. Meski begitu, terdapat perbedaan pada kolibri kelapa jantan dan betina yang perlu anda ketahui.

youtube.com

Perbedaan Kolibri Kelapa Jantan dan Betina

Jenis kolibri kelapa tak hanya memiliki penampilan yang menarik saja, akan tetapi juga mempunyai suara yang khas dan merdu. Tak heran jika kolibri kelapa termasuk salah satu jenis burung yang banyak diminati para penghobi burung. Bagi anda para penghobi burung, pastikan anda tak melewatkan jenis burung yang satu ini.

Hanya saja, sebelum anda merawat burung kolibri, pastikan anda mengetahui perbedaan kolibri kelapa jantan dan betina terlebih dahulu. Dengan begitu, anda bisa lebih mudah memilih kolibri kelapa yang akan anda rawat nantinya. Perlu diketahui bahwa kolibri kelapa membutuhkan segi perawatan yang berbeda karena disesuaikan dengan jenis kelaminnya.

Kolibri Kelapa Jantan

Untuk mengetahui perbedaan antara kolibri kelapa jantan dan kolibri kelapa betina, anda bisa melihat warna bulunya. Dari segi penampilan, keduanya memang berbeda. Kolibri kelapa jantan mempunyai warna hijau kebiruan di bagian kepala sampai punggungnya. Dimana warna hijau kebiruan tersebut tampak berkilau indah.

Beralih ke bagian sayapnya, kolibri kelapa jantan memiliki sayap berwarna hijau tua. Sementara untuk lehernya, kolibri kelapa jantan mempunyai warna abu-abu. Kemudian di pinggirannya terdapat warna biru yang cantik. Jika anda mencermati bagian bawah leher, kolibri kelapa jantan tampak memiliki bulu berwarna kuning pekat yang tak kalah indahnya.

Selain warna bulu, anda juga bisa perhatikan posturnya. Burung kolibri kelapa jantan ini memiliki paruh yang ukurannya panjang dan tebal. Sedangkan untuk kepalanya terlihat besar dan cepak. Burung kolibri kelapa jantan ini juga memiliki postur tubuh yang terlihat panjang dan ramping. Selanjutnya, untuk bagian kakinya, kolibri kelapa jantan tampaknya mampu mencengkram dengan kuat.

Dari segi suara, kolibri kelapa jantan mempunyai suara yang bervariasi dan bunyinya keras. Dimana suaranya tersebut identik dengan ocehan wiceh-wiceh. Berkat suaranya yang khas dan unik tersebut, banyak penghobi burung yang tertarik untuk merawatnya.

Kolibri Kelapa Betina

tokopedia.com

Setelah mengetahui kolibri kelapa jantan, kini saatnya anda beralih ke kolibri kelapa betina. Burung kolibri kelapa betina ini memiliki bulu berwarna abu-abu pudar di bagian kepala hingga punggung. Lalu untuk sayapnya berwarna hijau tua pudar. Sementara bagian lehernya tampak berwarna abu-abu dan di bawah lehernya berwarna kuning pudar.

Selanjutnya, untuk segi postur. Burung kolibri kelapa betina memiliki bentuk paruh yang tipis dan pendek. Bagian kepalanya pun terlihat kecil dan lonjong. Penampilan kolibri kelapa betina ini jauh berbeda dengan kolibri kelapa jantan karena posturnya pendek dan gemuk. Dengan mencermati penampilannya ini, anda pastinya bisa dengan mudah membedakan mana burung kolibri kelapa jantan dan mana kolibri kelapa yang betina.

Perbedaan antara kolibri kelapa jantan dan betina juga bisa anda cermati dari suaranya. Mengenai kualitas suaranya, kolibri kelapa betina mempunyai suara yang tak sevariatif burung kolibri kelapa jantan. Selain itu, suara kolibri kelapa betina juga terkesan tipis atau kecil. Setelah anda mengetahui apa saja perbedaan kolibri manggar jantan dan betina, anda pastinya bisa lebih mudah dalam memilih mana kolibri kelapa yang ingin anda rawat.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar