Inilah Jenis Makanan Pengganti Kroto Untuk Burung Murai Batu

Untuk anda yang memelihara burung Murai Batu, pastinya anda selalu mempunyai kroto untuk dijadikan makanan burung Murai Batu peliharaan anda. Akan tetapi, di saat-saat tertentu terkadang persediaan kroto menjadi berkurang.

Namun saat kroto tidak tersedia, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa menggunakan makanan pengganti kroto untuk burung Murai Batu. Anda bia memberikan makanan yang memiliki kandungan protein hewani.

Walaupun makanan pengganti kroto tidak setara dengan kroto aslinya, namun kandungannya hampir sama dengan kroto maupun telur semut rangrang. Jenis makanan ini dapat diberikan untuk sementara waktu.

Kandungan protein hewani buatan yang akan dijadikan sebagai alternatif pengganti kroto ini tidak hanya berasal dari satu jenis makanan saja. Akan tetapi kandungan ini diperoleh dari perpaduan berbagai macam jenis makanan.

Makanan Pengganti Kroto Untuk Burung Murai Batu

Jenis Makanan Pengganti Kroto Untuk Burung Murai Batu
burungnya.com

Sedangkan untuk makanan pengganti kroto untuk burung Murai Batu yang didapat dari perpaduan tahu dan jangkrik. Dan berikut ini makanan Murai Batu pengganti kroto, mari simak cara pembuatannya sebagai berikut.

1. Tahu Putih dan Jangkrik

Pembuatan makanan pengganti kroto dari tahu putih serta jangkrik mudah sekali untuk dilakukan. Sebelum memberikannya, sebaiknya tahu putih diremas-remas hingga berbentuk butiran kasar.

Makanan Murai Batu
muraisuper.com

Sesudah itu, anda bisa menjemurnya selama 2-4 jam agar kadar airnya hilang. Ketika sudah kering tahu tadi bisa anda berikan untuk dijadikan pakan jangkrik. Dan jika jangkrik sudah memakannya, anda bisa memberikan jangkrik tersebut pada burung Murai Batu.

2. Putih Telur dan Jangkrik

Campuran putih telur dan jangkrik juga merupakan makanan pengganti kroto untuk burung Murai Batu. Proses pembuatannya juga mudah sekali. Diantranya, putih telur disuntikkan pada tubuh jangkrik maupun dalam perut jangkrik.

Pisahkan antara putih telur serta kuning telur. Anda bisa mengambil bagian putih telur dengan memakai alat suntikan. Selanjutnya langsung tusukkan ke jangkrik yang masih hidup. Jangkrik yang diberi putih telur jumlahnya tiga ekor saja. Anda bisa memberikannya 2 hari sekali.

3. Telur Ayam atau Telur Bebek Rebus

Untuk memberikan makanan pengganti kroto berupa campuran telur ayam dengan telur bebek ini mudah sekali anda lakukan. Siapkan 2 butir telur ayam atau telur bebek. Kemudian pisahkan bagian putih serta pada bagian kuningnya.

Setelah putih telur dipisahkan selanjutnya masukkan pada kantong plastik bening selanjutnya ikat dengan tali maupun dengan karet. Ketika merebus putih telur dalam kantong plastik sebaiknya hingga benar-benar matang.

Apabila telah matang, lalu angkat putih telur rebus serta dinginkan pada suhu ruangan. Anda dapat memberikan putih telur rebus langsung sesudah dikupas plastiknya. Bisa juga diparut dulu dengan memakai parutan keju selanjutnya diberikan kepada burung Murai Batu.

4. Telur Rebus, Minyak Ikan, dan Susu Bubuk

Makanan pengganti kroto untuk burung Murai Batu yang satu ini mungkin yang paling bergizi. Sebab, racikannya dicampur dengan minyak ikan serta susu bubuk.

Untuk membuatnya, anda bisa menyiapkan telur rebus kemudian potong menjadi 2 bagian. Ambil setengah bagian kuning telur rebus selanjutnya masukkan pada wadah atau mangkuk.

Aduk-aduk kuning telur dengan memakai garpu hingga menjadi butiran kasar. Lalu anda bisa menambahkan susu bubuk sebanyak 1 sendok the. Kemudian anda bisa aduk-aduk hingga merata.

Jika sudah tercampur rata tambahkan pula 2 sampai dengan 3 butir kapsul minyak ikan. Anda bisa memasukkan bagian minyaknya saja pada adonan. Selanjutnya, aduk adonan hingga merata. Makanan pengganti kroto untuk burung Murai batu ini siap disajikan.

Tinggalkan Komentar