Inilah Habitat dan Ciri Ciri Burung Gold Amadin Paling Lengkap

Gold Amadin adalah jenis burung dengan paras cantik yang memiliki nama latin Chloebia gouldiae dan juga dikenal dengan nama lain Gould ian finch dan Gould Amadian.

Burung ini termasuk burung yang termasuk pada keluarga besar burung Finch. Gouldian asal mulanya dari Australia, yang mana mana John Gould merupakan penemu pertama dari burung ini.

Bahkan dia juga termasuk orang pertama yang berhasil menemukan habitat terbesarnya di wilayah padang Sabana, Australia Utara.

Burung Gold Amadin tampak cantik sebab memiliki corak warna bulu yang sangat menarik, variatif dan juga tampak cerah.

Dengan demikian burung ini selalu memiliki daya tarik yang sangat tinggi bagi para pecinta burung. Untuk sekarang ini populasi burung ini hanya tinggal 2.500 ekor yang ada di alam.

Ciri Ciri Burung Gold Amadin

Ciri Ciri Burung Gold Amadin
Ciri Ciri Burung Gold Amadin

Perpaduan warna burung gould amadine ini punya warna yang berbeda-beda. Yaitu mulai dari punggung, kepala, dada hingga di bagian ekor. Dalam membedakan jenisnya kita dapat mengamati dari variasi warna pada bulunya

Di bagian dada terdapat 4 warna bulu, diantaranya yaitu ungu, putih, lila dan biru Sedangkan di bagian punggung burung ini punya warna yang begitu bervariasi yaitu hijau, hijau tua, hijau muda, biru muda, biru muda, kuning dan juga warna abu abu

Ukuran burung dewasa yaitu kurang lebih sekitar 12 – 14 cm dan berat badannya kurang lebih sekitar 12 – 20 gr

Gold amadin ini bisa bertahan hidup sampai dengan 6 tahun jika dirawat dengan baik. Sedangkan untuk masa birahi pada usia antara 10 bulan

Ciri ciri burung Gold Amadin lainnya yaitu memiliki corak warna bulu yang sangat menarik dan juga hanya memiliki 3 warna kepala yaitu merah, hitam dan kuning. Sedangkan di bagian punggungnya berwarna hijau.

Di bagian dada sebagian besar berwarna ungu. Burung gould Amadine jantan punya warna yang mencolok. Kemudian untuk jenis betina punya warna kurang mencolok.

Habitat Gold Amadin

Habitat Burung Gold Amadin
Habitat Burung Gold Amadin

Burung gould amadine sering menyusun sarang di tempat yang gelap, tertutup dan tersembunyi seperti lubang pohon maupun di kotak kayu yang diberi lubang.

Burung ini dapat dijumpai di Australia serta habitat terbesarnya di Australia Utara. Jenis burung finch ini termasuk langka sebab popukasinya sangat sulit dijumpai di alam liar, terlebih lagi untuk jenis yang berkepala kuning.

Makanan

Makanan pokok dari burung Gouldian finch yaitu berupa biji bijian yang kering yang juga mengandung sedikit air.

Daya tarik dari burung cantik yang ukurannya mungil ini kerap membuat orang ingin memilikinya dan juga ingin memeliharanya dirumah.

Tak hanya itu saja, burung ini juga dapat disilangkan dengan burung sejenis yang mempunyai warna bulu berbeda. Tujuannya supaya menghasilkan corak warna bulu yang berbeda.

Penangkaran burung finch dengan warna yang sangat cantik dan bervariasi ini tidak sulit. Sedangkan untuk masalah perawatannya pun seperti merawat burung gelatik, burung pipit, dan love bird.

Burung ini suka hidup berkelompok dengan cara berpasang-pasangan. Sebab mereka hidup berkelompok maka sebaiknya disediakan sangkar yang memiliki ukuran yang agak besar.

Pasangan induk burung ini dapat bertahan hidup hingga mencapai belasan tahun. Yang terpenting di dalam memeliharanya burung ini selalu mendapatkan perawatan yang baik.

Umur produktivitas dari burung ini mulai yaitu dari 8 bulan hingga 7 tahun. Kemudian untuk puncak produksi terjadi pada saat umur burung telah mencapai 2 sampai dengan 5 tahun.

Tinggalkan Komentar