Cara Mengobati Patah kaki Pada Burung Sesuai Dengan Jenisnya

Memelihara burung kicauan tentunya adalah salah satu kesenangan tersendiri. Terutama untuk anda semua yang memang benar-benar merupakan orang yang hobi dengan burung kicauan. Dalam proses memelihara burung pastinya ingin burung yang dipelihara mengalami keadaan yang baik dan sehat.

Namun terkadang anda menjumpai kondisi yang mengganggu atau berbahaya bagi kesehatan burung yang anda pelihara. Sehingga, tidak menutup kemungkinan walaupun burung peliharaan lebih banyak berada pada kandang yang bisa mengalami kondisi kaki yang patah. Diantaranya seperti terjepit sangkar dan lain sebagainya.

fauna.id

Pada bagian kaki burung yang patah pada umumnya bisa diawali dengan kondisi terkilirnya kaki pada burung tersebut. Kaki yang terkilir tersebut sebaiknya harus segera diketahui. Tujuannya supaya tidak menyebabkan terjadinya patah kaki maupun mencegah patah kaki semakin parah.

Masalah yang ada pada kaki ini bisa dideteksi dengan cara meraba secara lembut pada bagian kaki burung. Dengan lewat rabaan tersebut, maka jika ada permasalahan paa bagian kaki yang terlihat dapat segera diketahui dan diatasi.

Cara Mengobati Patah kaki Pada Burung Sesuai Jenisnya

burungnya.com

Kondisi kaki yang patah pada burung ini mempunyai jenis yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dengan demikian akan menentukan cara pengatasan maupun dengan pengobatan yang berbeda pula. Berikut ini merupakan berbagai cara mengobati patah kaki pada burung berdasarkan dengan jenisnya seperti :

Tibiotarsus

Tibiotarsus ini termasuk jenis patah kaki yang banyak dialami oleh burung anakan. Di dalam mengobati patah kaki tibiotrasus ini bisa dengan menggunakan cetakan kaki yang menggantikan kaki yang patah pada burung.

Dengan begitu bisa menjadikannya tetap bisa bergerak dengan bebas. Cetakan kaki itu juga bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan box bekas, kertas karton bekas, serta bahan bekas yang lainnya.

Tarsometatarsus

Untuk jenis patah kaki yang terjadi pada bagian ini akan lebih parah. Sehingga di dalam mengobati patah tulang pada burung membutuhkan alat cetakan kaki yang dinilai lebih kuat agar bisa mengembalikan tulangnya yang patah.

Di dalam mengatasi serta mengobati bagian tarsometatarsus ini yaitu dengan menggunakan pipa maupun bahan yang lebih kuat. Tujuannya tak lain untuk menggantikan beban yang ada pada bagian tersebut selama proses penyembuhan yang alami.

Jari Belakang yang Bengkok

Kondisi pada umumnya selanjutnya yang juga merupakan bagian dari kondisi patah kaki adalah munculnya keadaan dimana jari belakang burung tersebut menjadi bengkok. Adanya kondisi tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya yaitu seperti jeruji kandang yang tidak beraturan. Kemudian juga bagian alas sangkar yang tidak merata.

Memberikan Nutrisi Terbaik Bagi Burung

Sama halnya dengan manusia, kondisi patah tulang pada burung dapat dibantu dengan cara memberikan nutrisi terbaik untuk burung. Dengan demikian akan bisa mengatasi atau mengobati patah kaki pada burung secara bertahap.

Tak hanya dilakukan dengan memberikan nutrisi terbaik untuk burung, pemilik burung ini juga harus mencoba dan juga berusaha untuk menjadikan burung tidak banyak bergerak. Atau juga bisa lebih mengusahakannya tidak menyentuh pada bagian kaki yang patah atau supaya tidak melakukan gerakan yang berlebihan.

Jika burung lebih sering diam dan tidak terlalu berlebihan dalam menggerakkan kakinya, maka pada bagian kaki burung patah bisa menjadi mudah kembali putih dan sembuh seperti semula. Untuk masalah pakan ini memang perlu sekali untuk pemulihan tulang yang patah. Jadi sebisa mungkin anda harus menyediakan pakan yang banyak dan bernutrisi.

Tinggalkan Komentar