Inilah Cara Perawatan Burung Ciblek Mabung Paling Tepat

Sebagai pecinta burung kicauan pastinya sudah mengenal burung ciblek yang memiliki kicauan yang khas ini. Ciblek termasuk burung kicauan yang memiliki postur kecil dan memiliki suara kicauan yang cukup merdu.

Banyak yang gemar memelihara burung ciblek dikarenakan ciri khas suara yang dimilikinya. Ciblek juga bisa dijadikan sebagai burung masteran yang digunakan untuk berbagai macam burung kicauan yang lainnya.  Bisa juga dijadikan untuk klangenan di rumah saja.

Burung ciblek mengalami mabung merupakan salah satu fase yang pastinya akan dilalui. Saat fase itu memerlukan perawatan ekstra supaya proses mabungnya bisa cepat selesai dan juga berhasil.

Ciblek mabung merupakan prosess ketika bulu yang sudah lama akan rontok kemudian akan berganti dengan bulu yang baru.

Mabung maupun proses molting adalah keadaan pada saat ciblek sangat memerlukan protein yang cukup untuk mempercepat proses pergantian bulunya.

Perawatan Burung Ciblek Mabung
Perawatan Burung Ciblek Mabung

Apabila asupan protein kurang maka akan memperlama dari proses mabung ciblek anda. Dengan demikian pilihan EF sebagai sumber protein yaitu hal yang paling tepat.

Jangkrik maupaun kroto merupakan makanan tambahan yang paling direkomendasikan di dalam memperlancar proses mabung itu pada burung ciblek. Bisa maksimal lagi apabila anda juga memberikan suplemen ataupun multivitamin yang ada di air minum ciblek.

Fase Ciblek Mabung

Fase Ciblek Mabung
Fase Ciblek Mabung

Burung Ciblek yang sedang mabung atau berganti bulu ini sudah kejadian yang wajar terjadi. Seluruh jenis burung akan mengalami masa mabung maupun pergantian bulu.

Dengan demikian, sebagai pemiliknya, anda akan dituntut supaya bisa memberikan perhatian lebih pada keadaan itu. Saat burung ciblek sedang mabung, maka akan mengalami beberapa perbedaan dari sisi psikologi dari pada dengan burung yang terdapat di alam liar.

Jika perawatan burung ciblek mabung yang anda lakukan tersebut tidak benar, ciblek peliharaan anda yang sebelumnya sudah gacor dan rajin berkicau, kemudian menjadi macet atau sering loncat-loncat.

Permasalahan tersebut pastinya tidak boleh dianggap remeh, khususnya apabila anda punya dan memelihara burung yang kerap diikutkan dalam lomba.

Perawatan Burung Ciblek Mabung

Perawatan burung ciblek mabung perlu dilakukan supaya burung yang sedang dalam keadaa tersebut bisa tetap menjadi stabil. Sebab dengan adanya perawatan yang benar maka kondisi bulunya bisa lebih mengkilat dan juga bisa lebih bersih.

Kemudian untuk suara tetap bisa dipertahankan atau gacor, dan burung pun juga tidak mengalami stres.

Kerodong

Saat sedang masa mabung, tutup sangkar burung dengan memakaikerodong. Bisa anda lakukan hal ini yang lama kecuali jika memberikan makan serta mengganti air. Jangan biarkan sangkar keadaan kotorsupya berbagai jenis penyakit berbahaya tidak menempel pada burung.

Pakan Burung

Dalam pemberian makanan, makanan tambahan seperti kroto atau ulat hongkong bisa ditambah. Jadi, bukan distop. Pemberian makan hanya dilakukan dengan jarang-jarang.

Maka dari itu, anda dapat memberikan makanan dalam jumlah yang lebih banyak dari pada untuk mengurangi gangguan konstant.

Yang terpenting pada saat mabung, burung memerlukan lebih banyak makanan dari pada pada umumnya. Akan tetapi, lakukan pergantian makanan 3 kali dalam seminggu.

Perawatan Sehari-hari

Lakukan perawatan harian seperti memandikan burung dan lain-lain pada waktu mabung sebaiknya tidak dilakukan. Lakukan pemandian sebanyak seminggu sekali atau setiap 10 hari.

Mastering

Pada saat burung ciblek sedang mabung, burung pada umumnya mudah sekali menerima master. Pada umumnya lebih mudah melekat pada ingatan burung bertubuh mungil ini.

Perawatan burung ciblek mabung ini penting dilakukan untuk menambah kualitas dan variasi kicauannya.

Tinggalkan Komentar