Ciri Khas Burung Sikatan Mugimaki dan Kebiasaan Hidupnya

Mungkin sebagaian besar dari pecinta burung kicauan ada yang belum mengenal secara jelas ciri khas burung sikatan mugimaki.

Perlu anda ketahui, jika burung sikatan mugimaki adalah jenis burung migrasi yang diketahui hanya menetap sebentar di wilayah hutan Indonesia.

Dengan demikian, jenis burung sikatan ini pun cukup sulit untuk ditemui di pasar burung maupun ditemui di tempat penangkaran.

Jenis burung sikatan yang ada di alam ini memang cukup banyak. Diantaranya adalah burung sikatan londo, burung sikatan kipas dan masih banyak lagi jenis yang lainnya.

Nah, untuk kali ini yang akan dibahas lebih lanjut yaitu jenis burung sikatan yang bernama sikatan mugimaki.

Daerah Persebaran Burung Sikatan Mugimaki

Burung Sikatan Mugimaki
burungocehan.link

Burung sikatan mugimaki ini diketahui sebagai jenis burung migrasi yang negara asalnya yaitu berada di kawasan Asia Timur dan juga di Asia Utara.

Diantaranya seperti di Tiongkok, Korea Selatan, Siberia, dan juga di kawasan Rusia.

Kemudian untuk negara tujuan migrasinya diantaranya meliputi negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Seperti halnya di negara Indonesia ini.

Kemudian untuk faktor yang menyebabakan burung sikatan mugimaki yang pergi bermigrasi yaitu untuk menghindar dari negara asalnya.

Sebab, di nedaga asalnya tersebut sedang dilanda musim dingin, kemudian mereka berpindah dengan mencari negara atau daerah yang memiliki iklim tropis.

Adanya jenis burung sikatan ini pun pada umumnya mendiami hutan-hutan yang ada di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan juga yang ada di wilayah Sulawesi.

Ciri Khas Burung Sikatan Mugimaki

Ciri Khas Burung Sikatan Mugimaki
youtube.com

Ciri khas burung sikatan mugimaki salah satunya yaitu memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil, yaitu dengan panjang tubuh hanya sekitar 13 cm saja.

Karena ukuran tubuhnya yang dinilai cukup kecil ini bisa membuatnya banyak dijuluki dengan nama burung sikatan mini.

Meskipun untuk ukuran badan masih terbilang kecil, namun tetap saja burung sikatan mugimaki atau yang juga sering disebut dengan sikatan mini ini mempunyai tampilan yang cukup menarik.

Sebab, burung ini memiliki tiga warna dominan yang ada di tubuhnya mulai dari hitam, jingga, dan juga warna putih cerah.

Ciri khas burung sikatan mugimaki ini selanjutnya yaitu terdapat warna hitam yang tampak menutupi tubuh pada bagian atas.

Diantaranya mulai dari bagian kepala, pipi, punggung, sayap, sampai arah pada bagian ekornya.

Warna putih juga terlihat pada bagian belakang mata, pinggir sayap, perut belakang dekat kloaka, dan juga pada ekor yang ada di bagian bawahnya.

Warna jingga juga sebagian area bulu di bagian bawah tubuhnya mulai dagu, dada, dan sebagian besar perutnya.

Kebiasaan Hidup Burung Sikatan Mugimaki

Kebiasaan burung sikatan mugimaki pada saat berada di alam liar pada umumnya jenis burung yang digelari sikatan mini ini kerap memangsa berbagai jenis serangga.

Selain memangsa aneka jenis serangga, burung ini juga suka makan berbagai macam buah-buahan.

Dengan demikian, jika anda memelihara, maka untuk cara perawatan hariannya, anda bisa menambah jenis pakan serangga.

Diantaranya yaitu seperti memberikan anak semut (kroto) ataupun dengan memberikan serangga yang berupa ulat hongkong.

Untuk mendapatkan ulat hongkong, saat ini juga mudah. Sebab sudah banyak disediakn di toko yang khusus menjual pakan burung.

Kicauan Burung Sikatan Mugimaki

Sedangkan untuk ciri khas atau karakteristik kicauan yang dikeluarkan oleh burung sikatan mugimaki tergolong unik dan berbeda dari sesama jenisnya.

Ciri khas burung sikatan mugimaki dari kicauannya yaitu biasanya suaranya diulangi secara terus menerus dengan suara yang berat.

Tinggalkan Komentar