Ciri Khas Burung Sikatan Bubik dan Daerah Persebarannya

Banyak sekali para pecinta burung kicauan yang gemar memelihara burung sikatan. Sebab, burung sikatan memiliki suara kicauan yang unik dan juga merdu.

Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya orang yang memelihara jenis burung sikatan ini di rumahnya. Antara lain seperti burung sikatan bakau, burung sikatan mugimaki, dan juga burung sikatan gunung.

Akan tetapi, ada juga jenis burung sikatan lainnya yang mungkin juga belum banyak dikenal oleh masyarakat seperti burung sikatan bubik.

Sebab, sikatan bubik statusnya sebagai burung migrasi yang kerap berpindah tempat sangat jauh hingga saat ini melewati berbagai negara.

Sebab, hutan kita menjadi tempat migrasi burung sikatan bubik ini.

Daerah Persebaran Burung Sikatan Bubik

Burung Sikatan Bubik
indonesiakehati.com

Burung sikatan bubik ini adalah salah satu jenis burung migrasi yang negara asal tempatnya berkembang biak berada di kawasan negara di Asia Timur dan Himalaya.

Kemudian untuk tempat burung sikatan bubik pergi bermigrasi ketika musim dingin melanda tempat asalnya tersebar di berbagai negara Asia.

Antara lain seperti India dan kawasan Asia Tenggara, termasuk juga di Indonesia. Burung sikatan bubik ini jika di Indonesia bisa dijumpain di wilayah Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.

Pada umumnya, burung sikatan bubik ketika migrasi ke wilayah yang didatanginya tidak hanya akan tinggal di hutan.

Akan tetapi juga mendiami kawasan perkebunan, taman perkotaan, dan juga di halaman yang banyak ditumbuhi dengan pepohonannya.

Ciri Khas Burung Sikatan Bubik

Ciri Khas Burung Sikatan Bubik
flickr.com

Kemudian, untuk ciri khas burung sikatan bubik ini tidak terlalu sulit ditandai, yakni dengan ukuran fisik yang hanya sekitar 12 cm saja.

Tak hanya itu saja, warna tubuhnya juga tampak sedikit kekusaman dengan terdapat warna cokelat keabu-abuan pada bagian atas tubuh.

Dari mulai bagian kepala, tengkuk, punggung, sayap, dan juga pada bagian ekornya.

Ciri khas burung sikatan bubik yang lainnya yaitu adanya warna putih keabu-abuan tampak pada bagian bawah tubuhnya mulai dari tenggorokan, dada, perut, hingga pada bagian ekornya.

Di dekat matanya juga ada lingkaran yang berwarna putih keabuan yang tjuga erlihat jelas.

Makanan Burung Sikatan Bubik

Pada saat berada di alam liar, burung sikatan bubik suka makan pakan berupa aneka jenis serangga kecil termasuk kumbang, lebah, serta larva kunang-kunang.

Ketika akan menangkap mangsa, maka terlebih dahulu burung sikatan bubik ini akan memantau dari ranting tempat dia bertengger.

Kemudian untuk burung akan terbang ke bawah dan segera menuju mangsanya yang berada di atas tanah maupun di dedaunan.

Setelah mangsa yang diincarnya sudah berha, selanjutnysil ditangkap, maka burung akan kembali lagi ke ranting tempatnya bertengger tadi sembari menggerakkan pada bagian ekornya.

Burung sikatan ubik ini memiliki keunikan di dalam cara berburunya dan tampak seperti gerakan bumerang saja.

Kicauan Burung Sikatan Bukit

Ciri khas burung sikatan bubik (Muscicapa Latirostris) jika dari suara yang didengar yaitu akan menyanyikan dengan nada lembut .

Kicauan yang dikeluarkan juga akan diulangi dengan cara terus menerus. Bunyi kicauannya juga terdengar lumayan melengking tapi tidak bernada tinggi.

Dengan demikian juga terdengar cukup merdu untuk siapa saja yang mendengar burung sikatan bubik ketika sedang berkicau.

Untuk jenis burung sikatan yang satu ini juga bisa berkicau dengan tempo yang cukup lama tanpa banyak diam. Khususnya saat menarik nafas untuk berkicau kembali.

Ciri khas burung sikatan bubik dengan nada yang seperti ini menjadikan burung ini cocok dijadikan sebagai pemaster untuk burung kicauan lain.

Tinggalkan Komentar