Home » Kabar Burung » Ciri Khas Burung Robin Badut Endemik dari Tanah Papua

Ciri Khas Burung Robin Badut Endemik dari Tanah Papua

Banyak jenis burung kicauan yang tersebar di alam ini. Diantara berbagai jenis burung kicauan tersebut ada juga burung yang memiliki nama yang cukup dan mudah sekali untuk diingat.

Burung dengan nama unik ini dinamakan dengan burung Robin Badut. Jika mendengar namanya mungkin anda membayangkan jika burung ini lucu seperti badut. Namun, jangan salah, burung ini ciri khasnya juga tak lain dengan jenis burung yang lainnya.

Daerah Persebaran Burung Robin Badut

hbw.com

Burung Robin Badut adalah salah satu dari enam belas jenis burung Robin yang asalnya dari keluarga Petroicidae.

Perlu anda ketahui jika daerah persebarannya diketahui hanya terdapat di kawasan Papua saja yang meliputi bagian barat laut Papua. Yaitu di sekitar Pegunungan Tamrau dan Pegunungan Arfak, Pegunungan Weyland.

Selain itu juga ada di Pegunungan Gauttier, yang ada di bagian utara dan tengah Pulau Papua. Selanjutnya di Pegunungan Adelbert (bagian timur laut Papua), dan Pegunungan Herzog.

Karena wilayah persebaran burung ini yang begitu luas, maka mungkin tak bisa dilepaskan dari jumlah sub-spesiesnya yang jumlahnya ada sekitar lima jenis.

Habitat dan Kebiasaan Hidup Burung Robin Badut

Sedangkan pada waktu berada di alam liar biasanya burung Robin Badut (Heteromyias Albispecularis) ini hanya tersebar di kawasan dataran tinggi. Yaitu dengan rentang 1450 sampai dengan 2550 meter di atas permukaan laut.

Untuk wilayah hutan yang menjadi habitatnya diantaranya berupa hutan primer dan juga sekunder. Yang mana hutan tersebut jarang dilewati orang-orang.

Kebiasaannya pada waktu mencari makanan dilakukan dengan cara bertengger pada sebuah batang pohon dengan vertikal dengan memburu serangga kecil sampai dengan yang ukurannya sedang.

Musim kawin yang pada umumnya dijalaninya berlangsung sekitar bulan Desember sampai dengan bulan Juli.

Ciri Khas Burung Robin Badut

wildbirdgallery.com

Ciri khas burung Robin Badut untuk masalah ukuran fisiknya ternyata tidak jauh beda dibandingkan jenis burung ocehan lainnya. Yang mana ukuran burung kicauan ini yaitu dengan panjang hanya sekitar 17 cm saja.

Corak warna bulunya juga terlihat sedikit kusam yang terdiri dari warna abu-abu kecokelatan, cokelat kusam, putih, dan juga memiliki warna hitam. Ciri khas burung Robin Badut dengan warna abu-abu kecokelatan juga terlihat menutupi bagian atas tubuhnya.

Yaitu mulai dari mahkota kepala, sisi atas wajah, punggung, sayap, dan juga pada bagian ekornya.

Ciri khas burung Robin Badut dengan warna cokelat kusam ini tampak pada bagian sisi samping perut dan juga pada bagian tunggirnya.

Warna putih juga sudah tampak pada bagian bawah mata berupa garis tipis melingkar, tenggorokan, dada, dan juga pada bagian perutnya.

Ciri khas burung Robin Badut selanjutnya yaitu warna hitam terlihat di bagian depan mata berupa garis lurus tebal dan juga sisi pinggir sayapnya.

Ciri khas burung Robin Badut selanjutnya yaitu pada bagian paruhnya yang berwarna hitam kecokelatan berukuran sedang serta terlihat agak tebal. Pada bgaian matanya yang berwarna hitam kecokelatan juga berukuran sedang dengan sorot yang lumayan tajam.

Pada bagian sayapnya yang berwarna abu-abu kecokelatan ukurannya juga agak panjang yang menyentuh pada bagian pangkal ekornya. Lalu pada bagian kakinya yang berwarna cokelat kemerahan berukuran sedang juga tampak sedilit ramping atau kurus.

Selanjutnya pada bgain ekornya ukurannya sedang dengan bulu-bulu yang terlihat agak lebar.

Kicauan Burung Robin Badut

Kicauan yang dikeluarkan oleh burung Robin badut atau Grey-headed Robin yang merupakan burung endemik Papua ini tergolong nyaring dan agak melengking di telinga. Irama kicauannya juga terdengar teratur dengan volume yang naik selanjutnya turun kembali.

Tinggalkan Komentar