Cara Budidaya Burung Cucak Rowo Paling Mudah

Sekarang ini popularitas burung cucak rowo di tengah kalangan masyarakat semakin meningkat.

Pada kalangan para pecinta cucak rowo, burung ini dapat dibandrol sangat mahal apabila punya kualitas unggulan atau sudah jadi. Apa lagi jika burung sudah memenangi lomba yang berskala regional apalagi nasional.

Untuk harganya akan melambung sampai dengan mencapai ratusan juta rupiah. Penangkaran cucak rowo sudah dilakukan oleh banyak orang pada berbagai daerah di Indonesia.

Misalnya seperti di Medan, Malang, Kalimantan, dan pada berbagai wilayah yang lainnya.

Budidaya Burung Cucak Rowo
Budidaya Burung Cucak Rowo

Sebagai salah satu jenis burung kicau yang berharga mahal serta menjanjikan, pasti tidak sedikit para peternak yang kemudian mencoba mengembangbiakan dari burung ini.

Budidaya burung cucak rowo dapat menjadi usaha ataupun bisnis yang begitu menguntungkan. Sebab mengetahui para penggemar cucak rowo tersebar luas pada berbagai daerah di Indonesia.

Di sini kita akan membahas mengenai bagaimana cara budidaya cucak rowo yang baik dan juga benar. Guna memperoleh hasil optimal, teknik budidaya burung cucak rowo harus kita pelajari dengan sungguh sungguh.

Ini disebabkan ada beberapa hal khusus dalam teknik budidaya burung cucak rowo yang cukup rumit jika kita tidak mempelajarinya dengan baik.

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi apabila ingin berhasil dalam mengembangbiakan jenis burung ini, berikut adalah beberapa diantaranya.

Mengenal Karakter Burung

Setiap jenis burung punya karakternya masing-masing dan punya masalahnya masing-masing. Terdapat burung yang bersifat manja, ada juga burung yang liar dan ada juga burung gampang stres.

Cucak Rowo merupakan burung yang gampang untuk dijinakkan. Tapi, terkadang juga gampang stres jika ditempatkan di lokasi yang sangat berisik.

Oleh karena itu, jika Anda berencana untuk melakukan penangkaran ataupun berternak burung ini, sebaiknya Anda menyiapkan tempat yang sedikit sepi serta lengang supaya kemungkinan berhasil dapat lebih besar.

Memilih Indukan Cucak Rowo

Untuk memperoleh bibit-bibit cucak rowo yang berkualitas tinggi maka kita juga harus memilih indukan jantan serta betina cucak rowo yang berkualitas tinggi juga.

Cucak rowo yang punya reputasi bagus, seperti halnya memenangkan lomba atau dapat berkicau dengan suara yang sempurna, yaitu burung yang pas untuk dijadikan indukan.

Selain memperhatikan suaranya, pemilihan indukan juga dilakukan dengan memperhatikan postur tubuh cucak rowo.

Indukan yang baik punya tubuh yang sempurna dan bebas dari penyakit. Lalu dengan panjang tubuh kurang lebih 28 cm.

Perlengkapan Kandang Burung

Beberapa macam kelengkapan yang harus Anda perhatikan dan juga harus Anda penuhi diantaranya yaitu, sediakanlah bak atau tempat mandi yang mempunyai ukuran cukup besar.

Selanjutnya jangan lupa menempatkan satu ataupun dua sarang yang bebas dari semut atau dari pemangsa.

Pakan Burung Cucak Rowo

Jika Anda sudah berniat budidaya burung cucak rowo, maka makanan burung juga harus Anda ketahui. Burung cucakrowo dapat diberi makanan dengan menggunakan voer.

Tak hanya itu saja, Anda juga dapat memberikannya makanan ekstra yang berupa buah-buahan seperti halnya buah pisang, apel, pir ataupun buah tomat.

Burung cucakrowo juga suka sekali dengan binatang-binatang kecil misalnya seperti jangkrik maupun siput air.

Telur dan Anak Burung

Sesudah burung bertelur, biarkanlah induk burung mengerami sendiri telurnya. Anda harus meminimalisir gangguan pada saat pengeraman berlangsung sampai telur menetas.

Sesudah telur mentas, anda dapat membiarkan induk burung merawat sendiri anak-anaknya.

Sesudah 2 minggu anda dapat memanennya serta memindahkannya ke kandang baru untuk diberikan perawatan dan perawatan khusus.

Tinggalkan Komentar