Ciri Fisik Burung Cabai Benalu dan Habitatnya Di Alam Liar

Di alam ini ada banyak sekali jenis burung cabai. Salah satu jenis burung cabai yang perlu anda ketahui yaitu burung cabai benalu.

Burung Cabai Benalu merupakan burung yang masuk ke dalam jenis burung cabai yang tubuhnya sangat mungil. Mungkin masih banyak orang yang belum kenal dengan jenis burung ini.

Hal ini disebabkan karena masih jarang orang yang memelihara jenis burung ini. Karena untuk mendapatkannya di pasar burung cukup sulit dan terbatasnya daerah penyebarannya.

Namun suara yang dihasilkan jenis burung ini tak kalah merdu jika dibandingkan dengan burung kicauan populer yang kerap dipelihara.

Jadi jika burung cabai benalu ini dirawat dan dilatih dengan baik nantinya kicauannya tentunya akan terdengar variasi suara yang lebih merdu saat didengarkan.

Habitat Burung Cabai Benalu

Habitat Burung Cabai Benalu
Habitat Burung Cabai Benalu

Nama latin burung cabai benalu yaitu Dicaeum Hirundinaceum. Burung ini hanya terdapat dibeberapa kepulauan kecil di bagian tengah serta di bagian timur Indonesia.

Untuk daerah yang menjadi habitat burung Cabai Benalu ini yaitu tepatnya berada di Kepulauan Watubela, Kepulauan Aru, serta di Kepulauan Tanimbar.

Daerah penyebaran burung cabai ini yang satu ini menjadikan jenis burung ini begitu jarang dikenal luas oleh para penghoby burung.

Tak hanya di Indonesia, burung Cabai Benalu juga bertempat tinggal di tanah Australia dengan menempati kepulauan yang letaknya di selat Torres serta Great Barrier Reef.

Sebab keberadaan jenis burung ini lebih banyak berada pada daerah kepulauan kecil, maka menjadikan burung ini juga dikenal sebagai burung yang menghuni daerah perbatasan.

Ciri Fisik Burung Cabai Benalu

Ciri Fisik Burung Cabai Benalu
Ciri Fisik Burung Cabai Benalu

Untuk ciri fisik burung Cabai Benalu yaitu ukurannya kurang lebih sekitar 9 cm atau dikatakan mirip dengan jenis burung cabai lainnya.

Sedangkan untuk warna tubuhnya hanya terdiri atas tiga jenis warna saja. Ada warna hitam pekat yang sedikit kebiruan yang menutupi tubuh bagian atas. Dari mulai bagian kepala, pipi, tengkuk, sayap, punggung, dan juga bagian ekornya.

Untuk warna merah cerah juga terlihat menutupi bulu yang ada di bagian tenggorokan, dada, tunggir yang ada di bagian bawah ekornya.

Ada juga warna putih yang ada di bagian pinggir perut sampai pada bagian yang ada di dekat tunggirnya.

Ciri fisik burung cabai benalu yang betina ada perbedaan warna yang cukup jelas.

Diantaranya yakni warna cokelat zaitun pada atas tubuhnya , bawahnya berwarna putih dan tunggirnya warnanya kemerahan.

Selain ciri fisik burung cabai benalu anda harus tau ciri khas suara jenis burung ini. Meski terdengar monoton, namun suaranya bisa digunakan untuk memperkaya kicauan burung peliharaan di rumah.

Anda bisa memperdengarkan suara burung cabai benalu yang lantang ini untuk memaster jenis burung kicauan yang lainnya agar memiliki kicauan yang bervariasi.

Perilaku Burung Benalu Cabai

Pada saat berada habitat aslinya, burung Cabai Benalu pada umumnya berada di dataran rendah.

Dari mulai hutan, daerah yang ditumbuhi pepohonan yang banyak, hutan mangrove, dan daerah pedesaan.

Sama halnya dengan jenis burung cabai lainnya, burung Cabai Benalu ini suka memakan buah-buahan, nektar, serta jenis serangga kecil lainnya yang ada di alam liar.

Jenis burung cabai sebagian besar juga akan membuat sarang ketika masa berkembangbiak.

Ketika membangun sarang pada umumnya burung cabai Benalu akan meletakkannya di atas pepohonan.

Tujuannya supaya bisa terhindar dari predator berbahaya yang terkadang akan mengincar telur-telurnya.

Tinggalkan Komentar