Ciri Khas Burung Jalak Alis Api dan Perilakunya Di Alam Liar

Berbagai macam jenis burung kicauan yang ada di alam ini jumlahnya memang sangat banyak sekali yang terdiri dari banyak sekali jenis.

Namun berbagai macam jenis burung kicauan yang ada itu tidak banyak yang dikenal. Terlebih lagi sebagian jenis burung pengicau tersebut termasuk burung endemik atau populasinya hanya ada di Indonesia.

Burung kicauan itu juga memiki pesona berupa keindahan bentuk fisik burung endemik yang hadir dengan warna yang mungkin tidak bisa dijumpai pada burung endemik negara lain.

Sedangkan untuk jenis burung endemik Indonesia yang memiliki keindahan bentuk fisik dan kicauannya salah satunya yaitu burung jalak alis api yang berasal dari tanah Sulawesi.

Daerah Persebaran Burung Jalak Alis Api

Burung Jalak Alis Api
mongabay.co.id

Untuk nama burung jalak alis api ini mungkin masih jarang terdengar di telinga parapecinta burung kicauan yang ada di Indonesia.

Sebab untuk jenis burung jalak ini merupakan burung liar yang keberadaannya hanya terdapat di hutan Sulawesi saja.

Tak hanya itu saja, belum banyak juga masyarakat di sana yang menjadikan burung jalak alis api ini sebagai burung kicauan dengan melatih kicauannya seperti burung kicauan yang populer lainnya.

Untuk daerah penyebaran burung jalak alis api di Sulawesi ini lumayan luas, yaitu mulai dari Sulawesi Utara. Ada juga di bagian selatan Sulawesi, bagian tenggara Sulawesi, serta Sulawesi Utara.

Burung jalak alis api (Enodes Erythrophris) adalah jenis burung jalak sulawesi yang selalu hidup di kawasan hutan yang memiliki ketinggian bisa mencapai 1000 meter di atas permuakaan laut.

Ciri Khas Burung Jalak Alis Api

Ciri Khas Burung Jalak Alis Api
kutilang.or.id

Ciri khas burung jalak alis api yaitu dengan ukuran tubuhnya yang agak besar dengan panjang yang mencapai 29 cm.

Ada juga warna oranye kemerahan yang mencolok pada bagian atas kepalanya hingga batas paruh yang dekat dengan area hidungnya.

Warna yang sebagian besar mendominasi burung jalak alis api ini yaitu warna hitam keabu-abuan. Yang mana tepatnya di bagian pipi, dagu, dada, perut, dan juga pada bagian punggungnya.

Sedangkan untuk bagian sayapnya berwarna kuning zaitun tua yang menyelimuti bagian atas ekornya.

Ciri khas burung jalak alis api ini selanjutnya yaitu pada bagian paruh burung jalak alis api yang berukuran sedang. Untuk  warnanya berupa warna hitam gelap.

Kemudian untuk kedua kakinya berwarna kuning yang gelap mirip dengan kunyit yang ukurannya tidak terlalu panjang dan juga tidak begitu besar.

Perilaku Burung Jalak Alis Api

Untuk habitat hidup burung jalak alis api ini adalah di wilayah hutan terbuka, hutan primer, dan juga ada di hutan sekunder.

Ketika beraktivitas pada umumnya burung jalak alis api ini membentuk kelompok kecil sekitar dua sampai dengan tiga ekor.

Tujuannya supaya bisa melindungi dari bahaya yang pemangsa atau pemburu dengan memberi tanda kepada kelompoknya.

Ketika burung jalak itu sedang mencari makanan di hutan, burung jalak alis api sangat menyukai buah-buahan untuk dijadikan sebagai makanan pokoknya.

Selain itu burung ini pun terkadang juga memakan serangga kecil seperti semut, belalang, dan juga jangkrik.

Perilaku burung jalak alis api saat memakan buah ataupun serangga yaitu dilakukan dengan agak tergesa-gesa.

Kemudian untuk porsi makannya juga banyak. Dengan demikian burung ini dikenal sebagai burung jalak yang rakus sebab nafsu makannya yang tinggi.

Kicauan Burung Jalak Alis Api

Untuk suara kicauan bawaan alami dari burung jalak alis api ini tidak terlalu variatif dan juga kerap mengulangi bunyinya dengan nada dan juga tempo yang sama.

Suara kicauan dari burung jalak alis ini jika diperdengarkan juga diulangi penyebutannya hingga beberapa kali.

Meskipun bunyi kicauannya tidak variatif, namun untuk nada suaranya juga cukup berirama dan terdengar sedikit melengking.

Tinggalkan Komentar