2 Cara Paling Efektif Menguruskan Burung Kacer yang Kegemukan

Burung kacer adalah salah satu jenis burung kicauan populer yag sudah bayak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan di mana saja. Selain itu, burung kacer juga diketahui sebagai salah satu jenis burung yang memiliki performa yang cukup baik.

Memelihara burung kacer pastinya juga tak lepas dari permasalahan yang bisa mengganggu penampilan atau performanya. Salah satunya yaitu masalah kegemukan pada burung kacer peliharaan anda. Kegemukan ini harus segera diatasi.

tipsburung,com

Burung Kacer Kegemukan

Kegemukan pada burung kacer pada umumnya disebabkan oleh banyak hal. Diantaranya seperti kurang gerak, pemberian UH (ulat hongkong) maupun pemberian jangkrik dalam jumlah yang banyak, dan sebagainya. Burung kurang gerak juga dapat menjadi salah satu penyebab burung kacer mengalami kegemukan.

Kegemukan yag terjadi pada kacer dapat berpengaruh terhadap banyak hal. Diantaranya yaitu burung menjadi jarang berkicau, padahal awal mulanya burung anda tersebut gacor. Dan ini semua disebabka karena adanya lemak dalam tubuh burung yang bisa menghambat berbagai macam aktivitas burung, khususnya dalam masalah bunyi.

Cara Menguruskan Burung Kacer Kegemukan

Burung kacer yang mengalami kegemukan seperti ini harus diatasi dengan segera. Menguruskan burung kacer agar burung bisa terlihat langsing bisa menjadikan burung anda gacor kembali. Sedangkan untuk cara yang paling efektif dalam melangsingkannya yaitu dengan cara diumbar dan dijemur.

Umbar Setiap Hari

Menguruska burung kacer yang kegemukan bisa dilakukan dengan pengumbaran. Pengumbaran pada burung kacer ini diajurkan sekali. Sebab, dengan diumbar burung bisa menjadi lebih sehat. Pengumbaran pada kacer ini juga dapat menjadikan burung menjadi lebih rajin berbunyi dan juga memiliki durasi yang lebih lama.

Bahkan pengumbaran baik sekali dilakukan untuk burung-burung yang sedang mengalami kegemukan. Karena, pengumbaran memiliki fungsi yang sama dengan latihan fisik pada manusia. Burung yang diumbar setiap hari juga dapat menjadikan fisik lebih langsing, padat, serta bisa lebih berisi.

hewanpedia.com

Maka dari itu, apabila anda memiliki kacer yang mengalami kegemukan. Maka disarankan sekali untuk diumbar dengan rajin setiap hari. Terkadang pengumbaran juga harus panjang dan agak lebar. Tujuannya tak lain supaya olah fisik yang dilakukan oleh burung kacer dapat menjadi lebih maksimal.

Dan ketika burung kacer anda mengalami kegemukan, pengumbaran sebaiknya anda lakukan setiap hari. Dan paling tidak dengan durasi dua jam setiap harinya. Kemudian apabila burung kacer telah mengalami perkembangan, pengumbaran dapat dikurang sedikit demi sedikit. Dan apabila kondisi burung kacer sudah normal, pengumbaran dapat anda lakukan sesuai dengan keperluan saja, atau 2 x dalam seminggu.

Penambahan Durasi Penjemuran

Penjemuran pada burung berkicau ini penting sekali dilakukan karena sangat mempunyai manfaat yang sangat besar. Salah satunya yaitu untuk menyehatkan burung kacer dan menguruskan burung kacer yang kegemukan.

Sedangkan untuk menguruskan burung kacer yang mengalami kegemukan, maka durasi penjemuran sebaiknya ditambah atau ditingkatkan. Apabila pada umumnya anda biasa menjemur hanya satu atau dua jam, maka durasi penjemuran dapat anda tambah menjadi 3 jam lebih.

Penambahan durasi ini tujuanya tak lain agar proses pengurusan pada burung kacer bisa berjalan dengan maksimal. Sehingga burung kacer yang kegemukan bisa menjadi langsing dan bisa gacor kembali.

Apabila cuaca saat itu sedang tidak mendukung, maka anda bisa melakukan penjemuran sesuai dengan situasi dan juga kondisi pada lingkungan anda. Apabila tidak memungkinkan, misalnya hujan, anda bisa menjemurnya sesuai denga keadaan. Menguruskan burung kacer harus anda lakukan dengan konsisten.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.