Mengenal Ciri Khas dan Karakteristik Burung Brinji Kelabu

Burung brinji kelabu memiliki nama latin Hemixos flavala. Ini merupakan salah satu spesies burung kicau yang berasal dari keluarga cucak cucakan. Ciri khas burung ini memiliki bulu pada bagian tenggorokan dan babak atas kepalanya bisa ditegakkan. Jadi burung ini tampak berjambul dan memiliki jenggot seperti cucak jenggot.

cherewed.com

Jika anda belum terlalu familiar dengan burung brinji kelabu ini, maka anda tentu sudah sangat mengenal burung kapas air. Kapas air juga nama lain dari brinji kelabu. Ini merupakan salah satu burung kicau yang berasal dari keluarga Pycnonotidae. Bahkan karakter dan suaranya juga penampilan fisiknya mirip sekali dengan burung cucak jenggot atau kapas tembak.

Ciri Khas Burung Brinji Kelabu

Karakteristik dari burung ini adalah kebiasaan hidup yang berkelompok. Mereka hidup dalam kelompok kecil dengan habitat yang berada disekitar hutan yang terbuka, perkebunan atau kaki gunung. Jika hidup di alam liar, burung kapas air atau brinji kelabu ini mulai berkicau pada waktu pagi atau sore menjelang magrib.

Ukuran tubuh brinji kelabu bisa tumbuh hingga 20 cm. Mempunyai jambul pendek pada bagian kepalanya, warnanya cenderung gelap yaitu perpaduan antara hitam dan abu-abu. Tidak heran jika burung ini dinamakan brinji kelabu.

Burung ini memiliki suara yang khas seperti burung cucak cucakan. Suaranya monoton dan cenderung tajam tembakannya. Bila burung ini sudah gacor, umumnya akan memiliki tembakan yang rapat.

Brinji Kelabu Untuk Masteran

Karena brinji kelabu mempunyai karakter suara yang memiliki tembakan rapat, maka cocok sekali jika digunakan sebagai burung masteran. Sebab suara tembakan nya tajam dan rapat sehingga bisa mengisi tembakan burung kicau yang di master. Dan ini akan membuat burung kicau yang di master semakin gacor.

Berbagai macam jenis burung yang cocok di master oleh brinji kelabu diantaranya adalah burung kicau. Seperti cucak ijo, murai batu, lovebird, kacer, kenari, pleci ,dan juga burung kicau lain.

Perbedaan Brinji Kelabu Jantan dan Betina

Ada beberapa hal yang membedakan antara brinji kelabu jantan dan betina. Meski terlihat serupa tetapi bila diperhatikan secara seksama perbedaan ini akan tampak sangat jelas. Perbedaan tersebut diantaranya adalah:

hobi-burungku.blogspot.com

Brinji Kelabu Jantan

Pada brinji kelabu jantan suara lebih didominasi dengan suara isian yang bervariasi. Suara tersebut dinyanyikan dengan merdu dan tidak monoton. Bukan hanya sekedar tembakan kasar. Bentuk tubuh dari brinji kelabu jantan proporsional atau simetris. Posturnya sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan burung brinji kelabu betina.

Ketika di trek atau diadu dengan beberapa burung sejenis, brinji kelabu jantan lebih menonjolkan sifat fighter. Memiliki gaya bertarung yang jarang buka ekor, jika buka ekor maka brinji kelabu jantan tidak selebar brinji kelabu betina.

Brinji Kelabu Betina

Burung betina jenis brinji kelabu mempunyai suara yang monoton. Suara yang dikeluarkan hanya berupa tembakan kasar yang keras dan tajam. Bentuk badannya tidak simetris bahkan terkadang terlihat seperti kegemukan. Brinji kelabu betina memiliki postur tubuh yang sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan brinji kelabu jantan.

Ketika di trek atau diadu dengan berbagai burung yang sejenis, sayap brinji kelabu betina akan ngleper. Sedangkan brinji kelabu betina mempunyai gaya tarung buka ekor yang lebih besar lebar jika dibandingkan dengan brinji kelabu jantan.

Itulah berbagai macam karakteristik dan perbedaan antara burung Brinji kelabu jantan dan betina. Sekarang anda sudah tahu bukan, bagaimana ciri khas keduanya.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.