Ciri Khas Burung Cipoh Kacat Dan Daerah Persebarannya

Burung cipoh adalah salah satu jenis burung kicauan yang memiliki ciri khas dengan suara yang cukup merdu. Berbagai macam jenis burung Cipoh dikatakan mempunyai kicauan yang lumayan merdu dan juga bisa terdengar dengan melengking.

Salah satu jenis burung Cipoh yang banyak tersebar di Indonesia yaitu burung Cipoh Kacat. Ciri khas burung Cipoh Kacat ini memiliki warna tubuh yang didominasi dengan warna kuning.

Daerah Persebaran Burung Cipoh Kacat

Burung Cipoh Kacat
burungocehan.link

Burung Cipoh Kacat (Aegithina tiphia) adalah jenis burung cipoh yang daerah persebarannya hampir ada di seluruh negara Asia. Untuk negara-negara yang dihuni burung Cipoh Kacat yaitu berada di Tiongkok, India, Sri Lanka, Myanmar, Thailand, Filipina, Malaysia, dan juga di Indonesia.

Untuk daerah penyebaran burung Cipoh Kacat yang ada di negara kita ini bisa ditemukan mulai dari Pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan juga di Kalimantan. Kehidupan burung ini di alam liar pada umumnya menghuni area dataran rendah hingga pegunungan. Yaitu dengan ketinggian sampai dengan 1000 meter di atas permukaan laut.

Tak hanya itu saja, burung Cipoh Kacat ini juga banyak ada di hutan sekunder, hutan terbuka, hutan mangrove. Serta ada di taman yang dekat dengan pemukiman masyarakat.

Ciri Khas Burung Cipoh Kacat

Ciri Khas Burung Cipoh Kacat
flickr.com

Ciri khas burung Cipoh Kacat yaitu memiliki postur tubuh sedang yang panjangnya bisa mencapai 14 cm. Sedangkan ciri khas burung Cipoh Kacat selanjutnya pada bagian atas tubuhnya mulai dari kepala, punggung, dan ekor terlihat berwarna hijau zaitun yang sedikit kekuningan.

Sedangkan untuk di bagian bawah tubuhnya yaitu mulai dari tenggorokan, dada, perut, hingga pada bagian tunggir yang tamppak ditutupi oleh warna kuning cerah.

Jika kita amati, pada bagian sayapnya terdapat garis lurus tebal yang terdiri dari warna hitam, putih cerah, dan juga ada warna kuning. Lalu ciri khas burung Cipoh Kacat pada bagian ekornya yaitu berukuran sedang. Sedangkan untuk bagian paruhnya yang berwarna hitam ukurannya cukup sedang.

Habitat Burung Cipoh Kacat

Habitat burung Cipoh kacat ini tak jauh dari pemukiman masyarakat. Yang mana, biasanya burung Cipoh Kacat terlihat sering menyantap buah-buahan kecil yang tumbuh di taman atau sekitar hutan yang ada di habitatnya.

Ketika burung ini mencari makanan, baik itu serangga maupun buah-buahan terkadang burung Cipoh Kacat akan bergerak dalam bentuk kelompok.

Perilakunya ketika mencari makanan yaitu akan dilakukan dengan melompat dari ranting ke ranting. Tak hanya itu saja, burung Cipoh Kacat ini akan membangun sarangnya yang berada di atas pohon yang tidak terlalu tinggi.

Kemudian, ketika burung ini memasuki masa berkembangbiak, pada umumnya burung yang betina akan mampu mengerami telur sebanyak 3 butir.

Suara Burung Cipoh Kacat

Burung Cipoh Kacat ternyata juga memiliki suara kicauan merdu dan juga melengking. Ciri khas burung Cipoh Kacat suaranya terdengar berirama dengan bisa menaikkan volume suaranya dan menurunkan kembali dengan pelan-pelan.

Tak hanya itu saja, tempo kicauannya juga bisa dikatakan cukup rapat. Atau hampir terdengar seperti suara crecetan yang sangat melengking. Akan tetapi, burung Cipoh Kacat ini juga jarang sekali bisa mengeluarkan suara kicauannya lebih dari dua jenis kicauan atau terdengar monoton.

Namun, jika dilatih dengan baik dan sudah rajin berkicau burung ini bisa berkicau mampu membawakan dua jenis suara yang dibunyikan secara berulang-ulang dalam waktu lumayan lama. Jadi, suara burung ini juga bisa menjadi bervariasi.

Tinggalkan Komentar