Cara Merawat Burung Jalak Suren Mabung Agar Segera Tuntas

Setiap burung pasti akan mengalami pergantian bulu yang biasa disebut dengan mabung atau molting. Mabung juga akan dialami oleh burung jalak suren.

Burung jalak suren pada umumnya saat masa mabung pertamanya pada usia 4 sampai dengan 5 bulan. Pada waktu seperti ini, Anda sebaiknya paham mengenai cara merawat burung jalak suren mabung yang baik dan benar.

Sebab dengan pola perawatan hariannya akan mengalami sedikit perbedaan. Lain halnya juga dengan perawatan burung kicau yang lainnya.

Merawat Burung Jalak Suren Mabung
Merawat Burung Jalak Suren Mabung

Pada waktu berganti bulu atau mabung, burung Jalak Suren pada umumnya tidak berganti bulu dengan menyeluruh, namun hanya sebagian saja.

Proses ini tentu saja akan membutuhkan perhatian khusus dari sang pemiliknya. Entah itu dari perawatan, pemberian makanan serta pemberian vitamin yang dibutuhkan.

Pada waktu mabung, burung jalak suren bisa jadi kurang aktif serta tak begitu banyak berkicau. Pada saat itu, burung akan mengumpulkan energinya guna menyelesaikan masa mabungnya dengan sempurna.

Jika untuk proses mabungnya terganggu, burung bisa akan mengalami beraneka dampak negatif. Diantaranya yaitu gagal mabung atau menjadi macet bunyi.

Burung jalak suren pada saat memasuki fase mabungnya, tandanya akan banyak bulu halus yang rontok di dasar sangkar. Dan ketika seperti itu Anda sebaiknya segera melakukan perawatan khusus mabung. Tujuannya supaya proses ganti bulunya bisa berjalan dengan lancar serta sempurna.

Merawat Burung Jalak Suren Mabung

Cara merawat burung jalak suren mabung yaitu dengan rutin untuk memberikan multivitamin yang khusus membantu mempercepat mabung.

Selain itu bisa juga menjadikan jalak suren semakin fit. Pastikan di dalam jadwal pemberian multivitamin jangan sampai terlewatkan.

Taruhlah sangkar jalak suren yang sedang mabung pada tempat yang dingin atau lembab, jangan ditaruh pada tempat kering dan panas. Tak hanya sapat menurunkan mental serta menaikkan stress, tempat yang panas malah bisa memperlambat proses perontokan bulu.

Jika perlu, dapat dengan melakukan full krodong bila tempat sangkar tergantung sedikit panas. Tujuannya untuk membantu mendinginkan sekitarnya, selain itu full krodong juga dapat membantu jalak suren semakin konsentrasi dalam merontokkan bulu-bulunya.

Anad juga harus bisa menjaga jarak jalak suren mabung dengan burung lain, atau dengan burung jenisnya sendiri. Sama seperti dengan full krodong, cara ini bisa untuk membantu dalam meningkatkan konsentrasi jalak suren pada waktu mabung.

Tak hanya itu saja, suara ramai pada saat mabung dampaknya juga buruk bagi setiap unggas sebab dapat meningkatkan stress.

Penjemuran Jalak Suren

Merawat burung jalak suren mabung juga harus dijemur tapi jangan lama,sebab burung apapun itu tak disarankan untuk dijemur terlalu lama.

Bisa dengan waktu 10 sampai dengan 20 menit saja di tiap paginya. Anda dapat memulainya saat pukul 10.00 pagi hingga 10.20 pagi. Hal ini dilakukan supaya jalak suren tak mudah stress sebab berjemur terlalu lama serta membunuh kutu yang ada dalam bulunya.

Jalak Suren Mabung
Jalak Suren Mabung

Bersihkanlah kandang atau sangkar dengan rutin. Sangkar yang keadaannya kotor hingga berjamur dapat mengundang parasite atau tungau yang dapat mempercepat rontoknya bulu, namun rontok karena merusak. Anda bisa membersihkan setiap hari, bahkan 2 kali dalam sehari yaitu saat pagi serta sore.

Mandi bisa dilakukan apabila bulu dilihat sudah tumbuh. Mandi pada saat mabung sebenarnya bisa dilakukan, tapi tak sering. Jika kerap memandikan begitu sering dapat menjadikan perontokan justru jadi lebih lambat.

Anda bisa memberikan pakan 2 kali lebih banyak jika dibandingkan saat normalnya. Menjadi makanan tambahan, Anda dapat memberikannya cacing tanah supaya staminanya selalu terjaga.

Pemasteran juga dapat dilakukan saat sedang masa mabung. Terlebih lagi fase ini merupakan waktu yang begitu efesien dalam memaster jalak suren.

Tinggalkan Komentar