Menu Makanan Sehat untuk Beo

Ingin beo Anda tetap prima? Berikan menu makanan sehat untuknya. Namun ingat, ada pula menu makanan yang justru harus dihindari beo.

Sebagai burung yang gemar berbicara, beo harus senantiasa terjaga kesehatannya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga stamina beo agar tetap aktif berbunyi adalah melalui pemberian menu makanan yang tepat. Lalu, apa saja makanan yang bisa diberikan sebagai menu sehat beo?

Berikut ini beberapa makanan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan beo agar tetap prima.

1. Voer

Source - ajikukilo.
Source – ajikukilo.

Sebagai menu makanan utama, voer memiliki segudang nutrisi yang baik untuk beo. Voer yang terbuat dari bahan-bahan alami mengandung protein, lemak, karbohidrat, serat, dan vitamin yang dibutuhkan untuk mencukupi asupan energi beo. Meskipun demikian, Anda juga harus tetap cermat dalam memilih voer.

Voer yang bagus umumnya dilengkapi dengan informasi kandungan nilai gizi. Selain itu, Anda sebaiknya juga memilih voer yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya, pewarna buatan, dan pengawet agar aman dikonsumsi beo.

2. Buah

Salah satu jenis buah yang cukup populer dijadikan sebagai menu makanan beo adalah pepaya. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, pepaya bermanfaat untuk memperlancar saluran pencernaan beo. Selain itu, kandungan lemaknya yang rendah juga mampu memberikan rasa kenyang tanpa membuat beo kegemukan.

Agar beo tidak bosan dengan buah-buahan tersebut, Anda juga bisa menggantinya dengan menu buah lain, seperti: pepaya, apel, kelengkeng, tomat, atau pir. Penyediaan buah yang bervariasi juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin pada beo. Dengan begitu, daya tahan tubuh beo bisa lebih baik sehingga menjadikannya tidak mudah sakit.

3. Sayur

Source - pixabay
Source – pixabay

Sayur memiliki berbagai vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan beo. Aneka jenis sayuran yang bisa diberikan pada beo antara lain: mentimun, sawi, jagung muda, dan wortel. Agar lebih mudah saat beo memakannya, Anda bisa memotongnya kecil-kecil, kemudian meletakkannya ke dalam wadah makanan beo.

Untuk memastikan agar sayur yang dimakan beo sehat, Anda bisa mencucinya terlebih dahulu. Saat menyajikan, pastikan sayur masih dalam kondisi segar. Apabila sudah disajikan selama satu hari, segera buang sisa sayuran dan ganti dengan yang baru. Selain itu, bersihkan juga wadah makanan secara rutin agar tidak terkontaminasi bakteri sisa makanan yang dapat mengganggu kesehatan beo.

4. Kacang-kacangan

Berbeda dari habitat aslinya di alam, beo yang dipelihara di rumah biasanya cenderung kurang aktif sehingga tidak membutuhkan energi sebesar saat masih berada di alam. Jadi, menu kacang-kacangan seperti kedelai hitam, kacang polong, dan kacang hijau sebaiknya Anda berikan sekali-kali saja.

Kacang mengandung protein dan lemak yang cukup tinggi sehingga mampu mendongkrak energi beo. Namun jika diberikan secara berlebihan, beo bisa mengalami kegemukan sehingga malas untuk berbunyi.

Sebagai tambahan, pada saat proses penyimpanan, pastikan kacang berada di tempat yang cukup kering. Pasalnya, suasana lembap akan memicu tumbuhnya jamur pada kacang sehingga menghasilkan racun yang berbahaya bagi kesehatan beo.

5. Serangga dan Kroto

Source - distributorkroto
Source – distributorkroto

Beberapa jenis serangga seperti jangkrik dan belalang, memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga baik untuk menunjang metabolisme beo. Untuk itu, Anda bisa memberikan jenis makanan tersebut seminggu sekali secara bergantian.

Selain serangga, ada juga jenis makanan paling populer yang berfungsi sebagai nutrisi tambahan, yakni kroto. Jenis makanan ini mengandung nutrisi yang cukup tinggi sehingga mampu menjadikan beo tetap bugar meskipun sudah berbicara dalam waktu lama.

Selain menu-menu makanan yang menyehatkan, ada juga beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada beo. Sebab apabila dikonsumsi, berbagai makanan ini dapat menjadi racun dan membahayakan organ kesehatan beo. Makanan tersebut antara lain: alkohol, kafein, cokelat, dan alpukat.

Jika diberikan menu makanan yang sehat dengan porsi yang tepat, beo akan selalu aktif dengan suara-suara menggemaskan menyerupai manusia. Jadi, perhatikan selalu pola makannya ya, agar beo Anda bisa tampil prima setiap hari.

Tinggalkan Komentar