Ciri Khas Burung Cingcoang Biru dan Daerah Persebarannya

Burung cingcoang adalah jenis burung kicauan yang memiliki beberapa jenis. Salah satu jenis burung cingcoang yang bisa anda ketahui yaitu burung cingcoang biru.

Burung cingcoang biru termasuk salah satu dari puluhan jenis burung kicauan yang memiliki kicauan yang merdu juga gacor. Burung cingcoang biru (Brachypteryx montana) daerah penyebarannya terbatas hanya di sekitar asia timur hingga tenggara.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan mengenai daerah persebaran dan ciri khas burung cingcoang biru.

Daerah Persebaran Burung Cingcoang Biru

Burung Cingcoang Biru
omkicau.com

Burung cingcoang biru ini dapat dengan mudah dijumpai di luar negri, antara lain yaitu di negara India, Nepal, Cina, Malaysia, Thailand, sampai ke dataran Indonesia.

Kemudian, apabila di Indonesia daerah persebarannya yaitu bisa dijumpai di daerah Jawa, Kalimantan, Mindanao, Flores, dan juga di wilayah Sumatera.

Kemudian untuk habitatnya sendiri juga ada di beberapa tempat seperti gunung Leuser, Dempu, Kerinci, Gunung Kinabalu, dan juga di gunung Papandayan.

Dengan daerah penyebaran burung cingcoang biru yang terbilang cukup luas ini, maka dapat dijelaskan jika burung ini hanya senang hinggap di daerah pegunungan. Yang biasanya dengan ketinggian yang dapat mencapai 3000 meter di atas permukaan laut.

Ciri khas Burung Cingcoang Biru

Ciri khas burung cingcoang biru yang bisa anda ketahui yaitu terdapat perbedaan antara jantan dan juga ciri khas burung cingcoang biru yang betinanya.

Untuk ciri khas burung cingcoang biru yang jantannya yaitu ada warna biru tua kehitaman yang ada di bagian di hampir seluruh tubuhnya.

Selain itu juga ada warna putih yang cukup panjang pada bagian atas matanya. Pada bagian ekornya juga memiliki ukuran sedang, antara lain sekitar 5 cm.

Kemudian pada bagian matanya berwarna coklat kehitaman, serta paruhnya yang ukuran pendek dan berwarna hitam.

Kemudian untuk ciri khas burung cingcoang biru yang betinaya yaitu terdapat warna merah kecoklatan seperti karat. Yang mana ada pada bagian kepala, pipi, dagu, tenggorokan, dada, perut, sampai dengan bagian ekornya.

Ciri khas Burung Cingcoang Biru
kutilang.or.id

Dan di bagian sayapnya sendiri juga ada warna biru cerah kehitaman yang ada pada bagian pangkal sayap sampai dengan pada bagian atas tubuhnya.

Ciri khas burung cingcoang biru selanjutnya yaitu ukuran kaki burung cingcoang biru baik jantan atau yang betina terbilang agak panjang dari pada dengan burung kicauan pada umumnya.

Kebiasaan Hidup

Kebiasaan burung cingcoang biru ketika berada di alam liar biasanya berada di areal semak belukar yang dekat dengan air mengalir seperti sungai-sungai kecil di daerah perbukitan.

Terkadang burung cingcoang biru ini juga berada di antara lereng bebatuan pegunungan serta tampak bertengger di antara pepohonan yang rimbun.

Sedangkan untuk jenis pakan yang dimakan tiap harinya sendiri biasanya ia menyantap berbagai jenis serangga kecil. Antara lain seperti belalang, jangkrik, dan juga ulat-ulatan.

Perawatan Burung Cingcoang Biru

Jika anda semua memelihara burung cingcoang biru, maka perawatannya dapat diberikan makanan berupa pakan kroto, jangkrik, dan ulat hongkong. Atau secara perlahan anda bisa memberikan voer.

Supaya burung cingcoang biru yang anda pelihara bisa rajin berkicau, maka anda dapat merawatnya dengan cara meletakkannya pada lokasi yang tenang dan sejuk. Sebaiknya cukupkan makanannya supaya burung tersebut tidak kelaparan. Yang dapat mengganggu staminanya.

Jagalah selalu kebersihan sangkarnya, tujuannya supaya burung tersebut tidak sakit dan mudah dalam melatihnya berkicau. Anda bisa memelihara burung ini sepasang agar bisa memancing bunyi yang jantan.

Tinggalkan Komentar