Cara Mengatasi Burung Kacer Batuk dan Sakit Tenggorokan

Pada saat memasuki musim penghujan, burung kicau akan merasa senang dengan musim ini, termasuk juga burung kacer. Akan tetapi tak hanya dari pada memberikan sebuah kesenangan pada burung kacer tersebut.

Sebab cuaca hujan tersebut bisa memberikan sebuah dampak yang sangat buruk pada kesehtan burung kacer dan seluruh jenis burung.

Karena ketika musim penghujan datang maka cenderung burung kacer bisa terserang penyakit seperti Batuk dan fluatau terserang sakit tenggorokan.

Penyebab Burung Kacer Batuk dan Sakit Tenggorokan

Penyebab Burung Kacer Batuk dan Sakit Tenggorokan
Penyebab Burung Kacer Batuk dan Sakit Tenggorokan

Penyakit yang sudah kerap diderita oleh berbagai macam burung ini diakibatkan oleh berbagai faktor. Beberapa faktor yang menyebabkan batuk dan sakit tenggorokan pada burung yaitu angin yang kencang, suhu udara yang terlalu dingin.

Selain itu juga hujan lebat yang terjadi sepanjang hari, dan debu. Adanya cuaca seperti ini mungkin sudah menjadi hal yang biasa untuk hewan lain, akan tetapi untuk burung Kacer tidak begitu.

Burung Kacer bahkan lebih menyukai suhu yang hangat namun juga tidak panas berlebihan. Maka dari itu, sebisa mungkin setiap pagi Anda harus melakukan penjemuran pada burung Kacer supaya tubuhnya menjadi hangat.

Penjemuran burung juga ada ketentuannya. Burung baik terkena  sinar matahari yang hanya sampai pukul 10 pagi saja. Jadi jangan sampai lebih, sebab sinar matahari akan terasa sangat panas serta bisa membahayakan kesehatan burung Anda.

Cara Mengatasi Burung Kacer Batuk

Cara Mengatasi Burung Kacer Batuk
Cara Mengatasi Burung Kacer Batuk

Jika burung kacer peliharaan anda terserang penyakit maka anda akan merasa kerepotan. Maka dari itu, sebelum musim penghujan datang sebaiknya terlebih dahulu anda untuk mempersiapkan sebuah tindakan pencegahannya.

Namun jika burung kacer tersebut sudah terserang batuk dan juga flu anda sebaiknya segera melakukan sebuah cara untuk mengobatinya.

Dan salah satu cara untuk mengobatinya sebaiknya melakukan proses karantina pada burung kacer yang terkena masalah tersebut. Berikut ini cara mengatasi burung kacer batuk dan sakit tenggorokan.

Penempatan Burung Kacer

Burung Kacer yang batuk sakit tenggorakan sebaiknya dipindahkan ke tempat yang lebih hangat.

Tujuannya supaya terhindar dari udara luar yang terlalu dingin. Anda dapat menggantangkan sangkar burung Kacer di salah satu ruangan di rumah Anda.

Keluarkan Lendir Di Tenggorokannya

Jika sakit tenggorakannya hingga menghambat jalur pernapasan dan menjadikan burung Kacer sesak napas, maka segera kelurkan lendir dari tenggorokan.

Gunakanlah cotton bud untuk mengambil lendirnya. Dalam mengeluarkan lendirnya sebaiknya anda berhati-hati supaya burung itu tidak tersedak. Tak hanya itu, pakailah cotton bud yang steril supaya tetap aman.

Pemberian Vitamin dan Makanan Yang Tepat

Untuk cara mengatasi burung kacer batuk dan sakit tenggorokan, Anda juga harus memberikan multivitamin dan suplemen untuk burung Kacer. Hal tersebut bisa mempercepat proses penyembuhan sakitnya.

Makanan kacer sebaiknya anda berikan dengan ukuran yang kecil, supaya burung mudah menelannya. Jika burung Anda menyukai jangkrik, maka berikan jangkrik yang ukuran masih kecil.

Kemudian bgian kaki jangkrik yang tajam dan bergerigi bisa dilepas supaya tidak membuat tenggorakan burung Kacer terluka.

Pemandian Yang Tepat

Burung Kacer yang sakit, sebaiknya jangan sering dimandikan. Anda bisa memandikan burung kacer dalam waktu satu atau dua minggu sekali.

Penyakit tenggorakan pada burung Kacer juga bisa diakibatkan oleh sangkar yang tidak bersih. Dengan demikian, Anda sebaiknya lebih sering membersihkan sangkar supaya burung Kacer Anda tidak mudah mengalami sakit.

Angin kencang yang berhembus juga dapat menjadikan burung Kacer sakit tenggorakan. Maka untuk mencegahnya anda bisa mengerodong sangkar burung dengan menggunakan kain.

Tinggalkan Komentar