Ciri Khas Burung Bentet Loreng dan Kebiasaan Hidupnya

Jenis burung kicauan non lomba di alam ini sangatlah banyak. Salah satunya adalah burung Bentet Loreng. Ciri khas burung Bentet Loreng ini adalah jenis burung yang memiliki ukuran tubuh kecil atau mungil sangat jarang dikenal dan diperlombakan.

Namun, sebenarnya suara kicauan burung yang bertubuh mungil juga tidak kalah hebat. Burung Bentet Loreng ini adalah jenis burung yang ukurannya kecil dan memiliki suara yang merdu.

Mungkin anda belum melihat atau menyaksikan langsung burung Bentet Loreng di alam liar. Hal ini disebabkan burung Bentet Loreng termasuk salah satu jenis burung migrasi.

Pada mulanya burung ini berada di kawasan Asia Timur, antara lain yaitu negara Cina, Jepang, serta Korea yang melakukan perjalanan ketika musim dingin datang ke Asia Tenggara. Seperti halnya di Indonesia.

Burung Bentet Loreng ini melakukan migrasi dikarenakan suhu dari negara. Yang mana negara asalnya teramat dingin dan menjadikannya harus mencari negara yang suhunya hanya hangat.

Selain itu, pada waktu burung Bentet Loreng ini migrasi yang umumnya dilakukan dan berlangsung mulai bulan Oktober sampai dengan bulan November. Burung Bentet Loreng ini memang sulit dijumpai di alam liar.

Ciri Khas Burung Bentet Loreng

Ciri Khas Burung Bentet Loreng
burungocehan.link

Untuk ciri khas burung Bentet Loreng ini ukuran tubuhnya mungil dengan panjang maksimal 19 cm saja. Sedangkan untuk di bagian punggunya juga terlihat berwarna merah tua kecoklatan.

Ciri khas burung Bentet Loreng selanjutnya yaitu di bagian kepala dan tengkuknya berwarna abu-abu. Lalu untuk warna putihnya terlihat pada bagian bawah tubuhnya mulai dari dada hingga pada bagian perut.

Lalu untuk bagian ekornya berwarna cokelat kehitaman. Kemudian ukurannya tidak lebih dari 4 cm. Tak hanya itu saja, di dalam area matanya juga ada garis agak panjang berwarna kehitaman, yang mana ukuran matanya agak besar.

Perilaku Burung Bentet Loreng Di Alam Liar

Perilaku Bentet Loreng
plus.google.com

Begitu juga dengan perilaku kehidupan burung yang ukurannya kecil ini ketika berada di alam liar cukup aktraktif dan juga cukup agresif.

Burung Bentet Loreng yang memiliki karakter sangat aktraktif ini terlihat ketika musim kawin tiba dengan ditunjukkan oleh burung pejantan. Sikap aktraktif yang ditampakkan oleh burung Bentet Loreng ketika pada masa musim kawin.

Yang mana burung tersebut akan melakukan tarian dan memberikan persembahan makanan yang dipersiapkan kepada burung betinanya. Selain itu, dalam mempertahankan wilayah kekuasannya pada umumnya burung pengicau mungil ini akan memberikan kabar kepada kawanannya.

Yaitu ketika daerah teritorialnya dimasuki oleh berbagai macam jenis lain. Dan ketika berburu makanan yang berupa serangga, maka kebiasaan burung Bentet Loreng ini akan memangsanya dengan memerhatikan dari atas pohon.

Dan setelah mengawasi mangsanya maka burung Bentet Loreng akan segera turun untuk menyergap pada waktu serangga yang dicari tersebut sudah terlihat.

Kicauan Burung Bentet Loreng

Sedangkan ciri khas burung Bentet Loreng dari warna suara kicauannya yaitu memiliki nada yang agak keras. Yang mana terdengar parau dan juga dibunyikan secara berulang-ulang.

Kemudian kencang dan kerasnya suara yang dibunyikannya burung ini juga bisa terdengar hingga jarak lebih dari 10 meter. Selain itu, untuk bunyi suaranya terdengar cukup rapat atau disebut juga dengan istilah cerecet.

Ciri khas burung Bentet Loreng ini yaitu dengan bunyinya “ceh…. ceh… ceh” yang diulangi terus menerus. Burung ini juga bisa mengeluarkan suara dengan 2 jenis bunyi yang berbeda.

Tinggalkan Komentar